Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PARAGRAF PENGERTIAN Kalimat/ rangkaian kalimat yang mengungkapkan satu ide pokok (boleh dilengkapi dengan ide penjelas)  Ide pokok dituangkan dalam kalimat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PARAGRAF PENGERTIAN Kalimat/ rangkaian kalimat yang mengungkapkan satu ide pokok (boleh dilengkapi dengan ide penjelas)  Ide pokok dituangkan dalam kalimat."— Transcript presentasi:

1 PARAGRAF PENGERTIAN Kalimat/ rangkaian kalimat yang mengungkapkan satu ide pokok (boleh dilengkapi dengan ide penjelas)  Ide pokok dituangkan dalam kalimat topik  Ide penjelas dituangkan dalam kalimat penjelas

2 Dilihat dari letak kalimat topik nya o Deduktif (terletak di awal) o Induktif (terletak di akhir) o Deduktif – Induktif (terletak di awal & akhir) o Deskriptif/ Naratif (semua kalimat topik)

3 Macam/ Pola Paragraf 1. Dilihat dari letak kalimat topiknya 2. Dilihat dari isi atau tujuan paragraf

4 Pola Deduktif (terletak di awal) o Buku merupakan harta yang sangat berharga. o Dari buku yang kita miliki, kita dapat memperoleh pengetahuan yang sangat berharga bagi kehidupan. o Berbagai solusi tentang persoalan hidup, dapat ditemukan di dalam buku. o Semakin banyak buku yang kita koleksi, semakin kaya kita akan sumber pengetahuan yang tak ternilai harganya.

5 Pola Induktif (terletak di akhir) o Dari buku yang kita miliki, kita dapat memperoleh pengetahuan yang sangat berharga bagi kehidupan. o Berbagai solusi tentang persoalan hidup, dapat ditemukan di dalam buku. o Semakin banyak buku yang kita koleksi, semakin kaya kita akan sumber pengetahuan yang tak ternilai harganya. o Jadi, buku merupakan harta yang sangat berharga.

6 Deduktif – Induktif (terletak di awal & akhir) o Buku merupakan harta yang sangat berharga. o Dari buku yang kita miliki, kita dapat memperoleh pengetahuan yang sangat berarti bagi kehidupan. o Berbagai solusi tentang persoalan hidup yang dikemukakan para pakar dapat ditemukan di dalam buku. o Semakin banyak buku yang kita koleksi, semakin kaya kita akan sumber pengetahuan yang tak ternilai harganya bagi kehidupan. o Jadi, buku merupakan harta yang sangat berharga.

7 Deskriptif/ Naratif (semua kalimat topik)  Rambutnya hitam panjang. Alis matanya tebal melintang. Warna kulitnya gelap mengkilap. Tutur katanya hemat sebanyak yang diperlukan. Dia sering tampil dengan busana seadanya tetapi selalu menarik perhatian orang di sekitarnya.  Diminumnya secangkir kopi pada saat di kedai lalu dia pergi setelah meletakkan lembar 5 ribuan. Dia terus berjalan menuju suatu tempat sambil sesekali memandang ke udara. Perjalanannya terhenti di persimpangan jalan.

8 Dilihat dari isi atau tujuan paragraf  NARATIF/ NARASI  DESKRIPTIF/ DESKRIPSI  EKSPOSITIF/ EKSPOSISI  ARGUMENTATIF/ ARGUMENTASI  PERSUASIF/ PERSUASI

9 NARATIF/ NARASI  Narasi artinya cerita  Paragraf naratif adalah paragraf yang berisi cerita tentang suatu peristiwa yang dialami tokoh.  Cirinya ada: tokoh, peristiwa dan alurnya  Contoh: Diminumnya secangkir kopi pada saat di kedai lalu dia pergi setelah meletakkan lembar 5 ribuan. Dia terus berjalan menuju suatu tempat sambil sesekali memandang ke udara. Perjalanannya terhenti di persimpangan jalan.

10 DESKRIPTIF/ DESKRIPSI  Deskripsi artinya lukisan/ gambaran/ potret.  Paragraf deskripsi adalah paragraf yang berisi gambaran tentang suatu objek yang disampaikan dengan kata-kata.  Tujuannya agar pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan tentang objek yang dilukiskan.  Cirinya ada objek yang digambarkan Contoh: Rambutnya hitam panjang. Alis matanya tebal melintang. Warna kulitnya gelap mengkilap. Tutur katanya hemat sebanyak yang diperlukan. Dia sering tampil dengan busana seadanya tetapi selalu menarik perhatian orang di sekitarnya.

11 ARGUMENTATIF/ ARGUMENTASI  Argumentasi artinya alasan  Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi alasan-alasan yang logis untuk mendukung opini yang disamapaikan sehingga bisa diterima pembaca.  Cirinya ada opini dan alasan yang mendukungnya. Contoh Korupsi dalam bentuk apapun di negeri ini harus diberantas. Jika tidak, negara akan terus dirugikan dan keuangan negara akan mengalami defisit. Pembangunan di segala bidang akan terhambat sehingga kesejahteraan rakyat sulit diwujudkan.

12 EKSPOSITIF/ EKSPOSISI  Eksposisi artinya penjelasan  Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi penjelasan mengenai informasi tertentu.  Cirinya ada informasi yang dijelaskan. Contoh Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung pulusi gas ozon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap hutan dalam waktu 8 jam..

13 PERSUASIF/ PERSUASI  Persuasi artinya ajakan/ imbauan/ bujukan  Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan, imbauan atau bujukan kepada pembaca untuk mengikuti pesan penulis.  Cirinya ada ajakan yang menarik minat pembaca (biasanya didahului dengan argumentasi). Contoh Korupsi dalam bentuk apapun di negeri ini harus diberantas. Jika tidak, negara akan terus dirugikan dan keuangan negara akan mengalami defisit. Pembangunan di segala bidang akan terhambat sehingga kesejahteraan rakyat sulit diwujudkan. Oleh karena itu, marilah kita bersama mendukung upaya pemerintah untuk membersihkan diri dari korupsi melalui KPK.


Download ppt "PARAGRAF PENGERTIAN Kalimat/ rangkaian kalimat yang mengungkapkan satu ide pokok (boleh dilengkapi dengan ide penjelas)  Ide pokok dituangkan dalam kalimat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google