Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KD: 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif Tujuan: Siswa dapat menulis gagasan berupa penyampaian pendapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KD: 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif Tujuan: Siswa dapat menulis gagasan berupa penyampaian pendapat."— Transcript presentasi:

1 KD: 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif Tujuan: Siswa dapat menulis gagasan berupa penyampaian pendapat dalam bentuk paragraf argumentasi secara sistematis dan meyakinkan

2 Paragraf argumentasi Paragraf yang menjelaskan pendapat dengan berbagai keterangan dan alasan. Paragraf argumentasi bertujuan meyakinkan pembaca dengan menyodorkan beberapa argumen yang mendukung pernyataan/ pendapat yang disampaikan. Paragraf argumentasi dapat dikembangkan dengan pola pengembangan sebab akibat. Hubungan sebab akibat berawal dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui, kemudian bergerak maju menuju suatu kesimpulan sebagai efek atau akibat.

3 Karakteristik paragraf argumentatif Menjelaskan pendapat; Bertujuan mempengaruhi pembaca sehingga menyetujui pendapat atau keyakinan penulis; Pembuka karangan argumentasi merupakan uraian yang menarik perhatian pembaca pada persoalan yang dihadapi; Isi karangan argumentasi berupaya membuktikan bahwa pandangan atau ide yang dikemukakan adalah sesuatu yang benar dan tak terbantahkan; Fakta dan angka dalam argumentasi digunakan sebagai bahan untuk memperkuat pembuktian; Penutup karangan argumentasi penutupnya berisi kesimpulan atau berupa rangkuman dari apa yang telah disampaikan

4 Tujuan paragraf argumentatif Topik paragraf argumentasi relatif luas. Berikut ini beberapa hal yang dapat dipakai sebagai topik paragraf argumentasi: 1)Keunggulan seseorang/ pihak tertentu yang melebihi kemampuan orang / pihak lain 2)Hal yang seharusnya dilakukan agar memperoleh hasil terbaik 3)Pilihan yang terbaik

5 Kerangka karangan argumentatif Pembuka karangan Berisi uraian yang menarik perhatian pembaca pada persoalan yang dihadapi Isi karangan Berisi pembuktian bahwa pandangan atau ide yang dikemukakan adalah sesuatu yang benar dan tak terbantahkan. Penutup karangan Berisi kesimpulan atau berupa rangkuman dari apa yang telah disampaikan.

6 Ciri-ciri paragraf argumentatif 1)Mengandung pernyataan, ide, atau pendapat yang di- kemukakan penulisnya. 2)Mengandung alasan, data atau fakta-fakta yang men- dukung. 3)Mengandung pembenaran berdasarkan data dan fakta yang disampaikan. 4)Data dan fakta yang digunakan untuk menyusun wacana atau paragraf argumentasi dapat diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, penelitian lapangan, dan penelitian kepustakaan. Pada akhir paragraf atau karangan argumentasi disajikan kesimpulan. Kesimpulan ini yang membedakan paragraf argumentasi dengan paragraf eksposisi.

7 Contoh paragraf argumentatif Menyetop bola dengan dada dan kaki dapat ia lakukan secara sempurna. Tembakan kaki kanan dan kiri tepat arahnya dan keras. Sundulan kepalanya sering memperdayakan kiper lawan. Bola seolah-olah menurut kehendaknya. Larinya cepat bagaikan kijang. Lawan sukar mengambil bola dari kakinya. Operan bolanya tepat dan terarah. Faisalo benar-benar pemain bola jempolan.

8 Latihan 1.Berikan penjelasan tentang paragraf argumentatif! 2.Diskusikan dengan teman kelompokmu dan tentukan topik-topik mana yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif! a.Disiplin kunci sukses berwirausaha. b.Teknologi komunikasi harus segera dikuasai c.Sekolah Menengah Kejuruan sebagai aset bangsa yang potensial d.Katakan tidak pada Narkoba e.Keindahan Bukit Kintamani f.Suasana pelaksanaan Promosi Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional g.Peranan majalah dinding di sekolah 3. Tulislah kerangka paragraf argumentatif berdasarkan salah satu topik yang dipilih! 4. Kembangkanlah kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif dengan menggunakan kata penghubung antarklausa (dan, untuk, dengan, tetapi) dalam paragraf argumentatif. 5. Komentari paragraf argumentatif yang ditulis kelompok lain!

9 Ciri-ciri kalimat efektif : Keutuhan artinya antara subjek (pelaku aktivitas) sesuai dengan predikat (jenis aktivitas) (1) Felicia saling berkirim surat. Predikat saling berkirim merupakan predikat yang menyatakan pekerjaan saling berbalasan tidak cocok digunakan subjek tunggal Felicia karena pekerjaan saling berbalasan hanya dapat dilakukan oleh subjek yang lebih dari satu (jamak). Kesejajaran artinya diksi yang digunakan tidak berbeda/ bertentangan. (2) Desi Oktin tidak mengerti dan memahami masalah tersebut. Kalimat (2) tidak efektif karena predikat tidak mengerti dan memahami merupakan predikat yang memiliki makna bertentangan.

10 Ciri-ciri kalimat efektif : Kefokusan artinya poin yang dipentingkan disimpan paling depan dan tidak perlu mendapat penjelasan yang berlebihan. (3) Indonesia merupakan negeri bahari menjadi juara umum dalam SEA Games. Subjek Indonesia pada kalimat (3) sudah memiliki makna yang jelas sehingga tidak perlu mendapat tambahan penjelasan “merupakan negeri bahari”. Kehematan maksudnya tidak menggunakan kata yang tdk perlu apalagi bermakna sama. (4) Demi agar supaya kebaikanmu, Elsa Harahap rela berkorban. Kalimat (4) tidak efektif karena penggunaan konjungsi demi agar supaya yang berlebihan.

11 Latihan Perbaiki paragraf berikut hingga efektif dan tandai konjungsi antarkalimat yang digunakannya! Paragraf ke-1: Pendidikan adalah merupakan salah satu faktor penentu maju-mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah fakta yang tak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di indonesia yang nenek moyang pelaut adalah pendidikan yang sangat amat mahal dan tidak terjangkau bagi masyarakat tak mampu dan sanggup membiayai keperluan hidup keluarganya secara layak. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut.

12 Latihan Paragraf ke-2: Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah- masalah paling terbesar yang dihadapi umat manusia di era modern sekarang ini. Hampir setiap hari kita-kita selalu disuguhi dengan berita-berita tentang berbagai macam- macam bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan berbagai macam bencana alam lain yang telah memakan sangat banyak sekali korban, baik harta maupun nyawa. Bencana-bencana alam "buatan" yang sering terjadi saat ini adalah merupakan akibat dari pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah dan cinta pada lingkungan.

13 Latihan Perbaiki paragraf berikut hingga efektif dan tandai konjungsi antarkalimat yang digunakannya! Paragraf ke-1: Pendidikan adalah merupakan salah satu faktor penentu maju-mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah fakta yang tak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di indonesia yang nenek moyang pelaut adalah pendidikan yang sangat amat mahal dan tidak terjangkau bagi masyarakat tak mampu dan sanggup membiayai keperluan hidup keluarganya secara layak. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut.

14 Latihan Paragraf ke-2: Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah- masalah paling terbesar yang dihadapi umat manusia di era modern sekarang ini. Hampir setiap hari kita-kita selalu disuguhi dengan berita-berita tentang berbagai macam- macam bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan berbagai macam bencana alam lain yang telah memakan sangat banyak sekali korban, baik harta maupun nyawa. Bencana-bencana alam "buatan" yang sering terjadi saat ini adalah merupakan akibat dari pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah dan cinta pada lingkungan.


Download ppt "KD: 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif Tujuan: Siswa dapat menulis gagasan berupa penyampaian pendapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google