Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menulis sebagai Proses. Pengertian menulis Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menulis sebagai Proses. Pengertian menulis Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa."— Transcript presentasi:

1 Menulis sebagai Proses

2 Pengertian menulis Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya.

3 Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Tulisan merupakan sebuah simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakainya. Tulisan merupakan sebuah simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakainya.

4 Empat unsur yang terlibat dalam komunikasi tulis Penulis sebagai penyampai pesan, Penulis sebagai penyampai pesan, pesan atau isi tulisan, pesan atau isi tulisan, saluran atau media berupa tulisan, saluran atau media berupa tulisan, dan pembaca sebagai penerima pesan. dan pembaca sebagai penerima pesan.

5 Manfaat menulis Manfaat menulis: Manfaat menulis: peningkatan kecerdasan; peningkatan kecerdasan; pengembangan daya inisiatif dan kreativitas; pengembangan daya inisiatif dan kreativitas; penumbuhan keberanian; dan penumbuhan keberanian; dan pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi. pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi. peningkatan kecerdasan; peningkatan kecerdasan; pengembangan daya inisiatif dan kreativitas; pengembangan daya inisiatif dan kreativitas; penumbuhan keberanian; dan penumbuhan keberanian; dan pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi. pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

6 Hubungan Menulis dengan Keterampilan Berbahasa yang lain Lihat tabel 1 Lihat tabel 1

7 Menulis sebagai Proses Sebagai proses, menulis merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase. Sebagai proses, menulis merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase.

8 Fase Penulisan prapenulisan (persiapan), penulisan (pengembangan isi karangan), dan pascapenulisan (telaah dan revisi atau penyempurnaan tulisan).

9 Fase Prapenulisan Pada fase prapenulisan ini terdapat aktivitas memilih topik, Pada fase prapenulisan ini terdapat aktivitas memilih topik, menetapkan tujuan dan sasaran, menetapkan tujuan dan sasaran, mengumpulkan bahan atau informasi yang diperlukan, serta mengumpulkan bahan atau informasi yang diperlukan, serta mengorganisasikan ide atau gagasan dalam bentuk kerangka karangan. mengorganisasikan ide atau gagasan dalam bentuk kerangka karangan.

10 Penulisan Penyusunan paragraf; Penyusunan paragraf; Penyusunan kalimat; Penyusunan kalimat; Pemilihan kata; dan Pemilihan kata; dan Teknik penulisan Teknik penulisan

11 Struktur karangan terdiri atas bagian awal, isi, dan akhir. Awal karangan berfungsi untuk memperkenalkan dan sekaligus menggiring pembaca terhadap pokok tulisan kita. Awal karangan berfungsi untuk memperkenalkan dan sekaligus menggiring pembaca terhadap pokok tulisan kita. Isi karangan menyajikan bahasan ide atau topik utama karangan. Hal yang memperjelas atau mendukung ide tersebut seperti contoh, ilustrasi, informasi, bukti, alasan. Isi karangan menyajikan bahasan ide atau topik utama karangan. Hal yang memperjelas atau mendukung ide tersebut seperti contoh, ilustrasi, informasi, bukti, alasan.

12 lanjutan Akhir karangan berfungsi untuk mengembalikan pembaca pada ide-ide inti karangan melalui perangkuman atau penekanan ide-ide penting. Bagian ini berisi simpulan, dan dapat ditambah rekomendasi atau saran bila diperlukan. Akhir karangan berfungsi untuk mengembalikan pembaca pada ide-ide inti karangan melalui perangkuman atau penekanan ide-ide penting. Bagian ini berisi simpulan, dan dapat ditambah rekomendasi atau saran bila diperlukan.

13 Fase Revisi Fase ini merupakan tahap penghalusan dan penyempurnaan buram yang kita hasilkan. Kegiatannya terdiri atas penyuntingan dan perbaikan (revisi). Fase ini merupakan tahap penghalusan dan penyempurnaan buram yang kita hasilkan. Kegiatannya terdiri atas penyuntingan dan perbaikan (revisi).

14 Penalaran Penalaran (reasoning) adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden, ataupun sesuatu yang di anggap bahan bukti, menuju pada suatu kesimpulan (Keraf, 1982; Moeliono, 1989 dalam Suparno, 2002). Penalaran (reasoning) adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden, ataupun sesuatu yang di anggap bahan bukti, menuju pada suatu kesimpulan (Keraf, 1982; Moeliono, 1989 dalam Suparno, 2002).

15 Dengan kata lain, penalaran adalah proses berpikir yang sistematik dan logis untuk memperoleh sebuah kesimpulan (pengetahuan atau keyakinan). penalaran adalah proses berpikir yang sistematik dan logis untuk memperoleh sebuah kesimpulan (pengetahuan atau keyakinan).

16 Secara umum, penalaran atau pengambilan kesimpulan itu dapat dilakukan secara induktif dan deduktif. Secara umum, penalaran atau pengambilan kesimpulan itu dapat dilakukan secara induktif dan deduktif.

17 Penalaran Induktif Penalaran induktif adalah suatu proses berfikir yang bertolak dari hal-hal khusus menuju sesuatu yang umum. Penalaran induktif adalah suatu proses berfikir yang bertolak dari hal-hal khusus menuju sesuatu yang umum.

18 Penalaran Deduktif penalaran deduktif adalah suatu proses berfikir yang bertolak dari suatu yang umum menuju hal-hal yang khusus; atau penerapan sesuatu yang umum pada peristiwa yang khusus untuk mencapai sebuah kesimpulan. penalaran deduktif adalah suatu proses berfikir yang bertolak dari suatu yang umum menuju hal-hal yang khusus; atau penerapan sesuatu yang umum pada peristiwa yang khusus untuk mencapai sebuah kesimpulan.

19 Sebagai pengembang karangan kedua corak penalaran itu dapat kita gunakan, baik secara bergantian ataupun bersamaan. Sebagai pengembang karangan kedua corak penalaran itu dapat kita gunakan, baik secara bergantian ataupun bersamaan.

20 Latihan


Download ppt "Menulis sebagai Proses. Pengertian menulis Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google