Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP BERITA Jenis Berita dan Penulisan Berita Presented By Ambang Priyonggo, MA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP BERITA Jenis Berita dan Penulisan Berita Presented By Ambang Priyonggo, MA."— Transcript presentasi:

1 KONSEP BERITA Jenis Berita dan Penulisan Berita Presented By Ambang Priyonggo, MA

2 Objective 1. Mahasiswa mengetahui jenis berita 2. Mahasiswa mengetahui gaya penulisan berita

3 Jenis Berita Berita di koran, TV, Radio, atau online, jika diklasifikasikan dari segi temanya, dapat terbagi menjadi beberapa jenis. Berita di koran, TV, Radio, atau online, jika diklasifikasikan dari segi temanya, dapat terbagi menjadi beberapa jenis. Tema berita ini bisa merujuk pada bidang atau wilayah. Tema berita ini bisa merujuk pada bidang atau wilayah. Pembagian jenis berita ini sering pula mengarah pada ragam desk di redaksi (khususnya di segmen pendudukan. Pembagian jenis berita ini sering pula mengarah pada ragam desk di redaksi (khususnya di segmen pendudukan. Pengklasifikasian ini memudahkan navigasi pembaca Pengklasifikasian ini memudahkan navigasi pembaca

4 Jenis Berita Berdasarkan bidang: Berita Ekonomi, Berita Politik, Berita Hukum, Berita Olahraga, Berita Pendidikan dan Budaya, Berita Hiburan... Berdasarkan bidang: Berita Ekonomi, Berita Politik, Berita Hukum, Berita Olahraga, Berita Pendidikan dan Budaya, Berita Hiburan... Berdasarkan rujukan wilayah: Berita Kota, Berita Nusantara, Berita Nasional, Berita Internasional... Berdasarkan rujukan wilayah: Berita Kota, Berita Nusantara, Berita Nasional, Berita Internasional...

5 Desk Redaksi Desk atau disebut pula kompartmen merupakan divisi-divisi dalam redaksi (khususnya di media cetak). Desk atau disebut pula kompartmen merupakan divisi-divisi dalam redaksi (khususnya di media cetak). Desk dikepalai oleh redaktur dibantu oleh asisten redaktur. Desk dikepalai oleh redaktur dibantu oleh asisten redaktur. Di bawah mereka, terdapat reporter- reporter yang bertugas melakukan liputan dan melaporkan berita Di bawah mereka, terdapat reporter- reporter yang bertugas melakukan liputan dan melaporkan berita

6 Penulisan berita Ditinjau dari gaya penulisannya, berita dapat diklasifikasikan menjadi dua: - Berita hard news/straight news (berita lugas) - Berita soft news/feature (berita lunak)

7 Berita hard news/straight news Punya arti penting bagi banyak pembaca, pendengar, atau pemirsa karena biasanya berisi kejadian terkini yang baru saja terjadi atau akan terjadi di pemerintahan, politik, hub LN, pendidikan, ketenagakerjaan, agama, pengadilan, pasar finansial, dsb. Punya arti penting bagi banyak pembaca, pendengar, atau pemirsa karena biasanya berisi kejadian terkini yang baru saja terjadi atau akan terjadi di pemerintahan, politik, hub LN, pendidikan, ketenagakerjaan, agama, pengadilan, pasar finansial, dsb.

8 Berita lunak/soft news Biasanya berita ini ‘kurang penting’ karena isinya menghibur, walau kadang memberi informasi penting. Biasanya berita ini ‘kurang penting’ karena isinya menghibur, walau kadang memberi informasi penting. Berita ini seringkali bukan berita terbaru. Di dalamnya memuat berita human interest atau jenis rubrik feature. Berita ini seringkali bukan berita terbaru. Di dalamnya memuat berita human interest atau jenis rubrik feature. Berita jenis ini lebih menarik bagi emosi ketimbang akal pikiran. Berita jenis ini lebih menarik bagi emosi ketimbang akal pikiran.

9 Jenis-jenis feature Bright: tulisan kecil yang menyangkut kemanusiaan (human interest), biasanya dengan gaya anekdot dengan klimaks pada akhir cerita. Bright: tulisan kecil yang menyangkut kemanusiaan (human interest), biasanya dengan gaya anekdot dengan klimaks pada akhir cerita. Sidebar: cerita feature ini mendampingi atau melengkapi suatu berita utama. Sidebar: cerita feature ini mendampingi atau melengkapi suatu berita utama. Sketsa kepribadian atau profil: Sketsa pendek dan hanya mengenai satu aspek kepribadian. Sketsa kepribadian atau profil: Sketsa pendek dan hanya mengenai satu aspek kepribadian.

10 Jenis-jenis feature Profil organisasi atau proyek: sama seperti sketsa kepribadian; namun ini artikel mengenai organisasi. Subyeknya grup bukan individu. Profil organisasi atau proyek: sama seperti sketsa kepribadian; namun ini artikel mengenai organisasi. Subyeknya grup bukan individu. Berita feature (newsfeature): Berita yang ditulis dengan gaya feature. Berita feature (newsfeature): Berita yang ditulis dengan gaya feature. Feature komprehensif: menggambarkkan arah dan perkembangan suatu isu berita. Sifatnya analitik dan interpretatif. Feature komprehensif: menggambarkkan arah dan perkembangan suatu isu berita. Sifatnya analitik dan interpretatif.

11 Jenis-jenis feature Artikel pengalaman pribadi ditulis oleh wartawan atau penulis lepas yang mengalami peristiwa unik. Artikel pengalaman pribadi ditulis oleh wartawan atau penulis lepas yang mengalami peristiwa unik. Feature layanan: cerita tentang bagaimana caranya (how to). Feature layanan: cerita tentang bagaimana caranya (how to). Wawancara: melukiskan dialog antara wartawan/penulis dengan orang lain (biasanya tokoh) Wawancara: melukiskan dialog antara wartawan/penulis dengan orang lain (biasanya tokoh)

12 Jenis-jenis feature Untaian mutiara: ini adalah suatu feature kolektif, seperti pada seri anekdot mengenai topik umum. Feature Hari Valentine yang menggambarkan “sepuluh surat cinta terkenal sepanjang masa”. Untaian mutiara: ini adalah suatu feature kolektif, seperti pada seri anekdot mengenai topik umum. Feature Hari Valentine yang menggambarkan “sepuluh surat cinta terkenal sepanjang masa”. Narasi: Narasi: memaparkan adegan demi adegan dengan memanfaatkan deskripsi, karakterisasi, dan plot. Gaya ini dikenal sebagai “Jurnalisme Sastrawi”.

13 Hard news or soft news? JAKARTA – Sedikitnya 400 rumah roboh akibat terjangan angin topan yang melanda kawasan Kota Baru, Riau, kemarin.

14 Unsur 5W + 1H pada lead straight news Who: Siapa yang terlibat Who: Siapa yang terlibat What: Apa yang terjadi What: Apa yang terjadi When: Kapan terjadinya When: Kapan terjadinya Where: Di mana terjadinya Where: Di mana terjadinya Why: Mengapa terjadi Why: Mengapa terjadi How: Bagaimana terjadinya How: Bagaimana terjadinya

15 Konstruksi Berita Straight News LEAD LEAD BODY BODY

16 Belajar dari News University Register to be able to log in Register to be able to log in You can learn various things about journalism You can learn various things about journalism But, as a first step, you can take a course on the topic “building block of news” But, as a first step, you can take a course on the topic “building block of news” There, you’ll learn basic journalism, what’s news, news values in a fun way. There, you’ll learn basic journalism, what’s news, news values in a fun way.


Download ppt "KONSEP BERITA Jenis Berita dan Penulisan Berita Presented By Ambang Priyonggo, MA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google