Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gambar Teknik Gambar  salah satu informasi visual Teknik  cara untuk memberikan solusi menggunakan alat bantu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gambar Teknik Gambar  salah satu informasi visual Teknik  cara untuk memberikan solusi menggunakan alat bantu."— Transcript presentasi:

1 Gambar Teknik Gambar  salah satu informasi visual Teknik  cara untuk memberikan solusi menggunakan alat bantu.

2 Kertas gambar yang digunakan untuk penyajian gambar teknik telah mempunyai ukuran yang sudah distandartkan, ukuran yang banyak di gunakan adalah seri A. Ukuran ini mempunyai mempunyai ukuran standart yang dinyatakan dengan angka nol di belakang huruf A (A0). NoSeriUkuran 1A0841 mm x 1189 mm 2A1594 mm x 841 mm 3A2420 mm x 594 mm 4A3297 mm x 420 mm 5A4210 mm x 297 mm Berikut ukuran standar kertas Berikut ini adalah cara membagi kertas ukuran besar (seri A0) menjadi ukuran kecil (seri A1. A2, A3, A4, A5)

3 Menggambar garis dengan segitiga sangat dianjurkan. Dengan menggunakan mistar segitiga, waktu yang dibutuhkan untuk menggambar sebuah garis menjadi lebih ringkas. Berikut ini ditampilkan beberapa teknik untuk menggambar garis dengan mistar segitiga. A. Garis Tegak lurus 1. Letakkan sisi miring segitiga 45 o –45 o sedemikian hingga berimpit dengan garis 1 yang diketahui dan bagian bawah ditahan oleh segitiga yang lain. 2. Putarlah segitiga 45 o –45 o sebesar 90 o (lihat anak panah B) maka sisi miringnya akan tegak lurus garis l. Geser segitiganya (lihat anak panah b) bila perlu. 3. Tarik garis m.

4 B. Garis Miring Untuk menggambar garis miring, dapat dilihat dari ilustrasi berikut.

5 C. Menggambar Garis Sejajar Untuk membuat garis sejajar, pertama satu segitiga yang dipakai sebagai pedoman tidak boleh bergerak. Kemudian Letakkan segitiga kedua sesuai dengan arah garis yang dikehendaki dan tarik garis. Selanjutnya geser segitiga kedua sesuai dengan jarak yang dikehendaki kemudian tarik garis dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut ini.

6 Garis terpendek untuk membagi segitiga Buat garis terpendek yang membagi segitiga sama sisi berikut menjadi dua daerah dengan luas yang sama. Bermacam-macam bentuk garis bisa dibuat untuk membagi segitiga sama sisi tersebut menjadi dua daerah dengan luas yang sama. bisa berupa garis lurus, zigzag, maupun lengkung dan sebagainya. Lalu, bagaimanakan/berapakah garis terpendek yang bisa dibuat untuk membagi segitiga sama sisi tersebut menjadi dua daerah dengan luas yang sama? Mudahnya, kita membagi suatu segitiga menjadi dua dengan menarik garis lurus, seperti gambar berikut : Pertanyaannya, berapakah panjang garis pembagi tersebut? Dapat kita hitung dengan menggunakan rumus pythagoras. Misalnya panjang garis itu sama dengan t, yaitu Ternyata kita dapatkan panjang garis pembagi tersebut sama dengan 0,866…

7 Adakah yang lebih pendek? Sebelum ke garis yang selanjutnya, kita cari tahu dulu. Sebenarnya, berapa luas segitiga tersebut? Dan tentunya berapakah luas daerah setelah dibagi? Untuk mencari luas segitiga tersebut, kita gunakan saja luas segitiga dengan sinus, yaitu : Luas segitiga utuh adalah Tentu, luas separuhnya adalah : Sekarang ke garis selanjutnya. Coba perhatikan gambar berikut : Ide kali ini yaitu menarik garis yang sejajar dengan alasnya. Ini tentunya akan lebih pendek. Mari kita hitung! Karena segitiga tersebut merupakan segitiga sama sisi. Tentunya segitiga kecil bagian atas (setelah ditarik garis) juga merupakan segitiga sama sisi. Misalnya sisi segitiga itu sama dengan a (tentu ini nantinya juga merupakan panjang garis yang dimaksud).

8 Maka, untuk mencari luasnya, kita gunakan rumus sinus, seperti berikut : Karena luas dari setengah segitiga sama denganmaka Tentunya, ini jauh lebih pendek dari pada 0,866… Apakah ada yang lebih pendek lagi? Kira-kira ada tidak ya? Dari langkah pertama kita, kita hanya mencoba untuk garis yang lurus, bagaimana untuk garis yang lengkung. Mari kita coba. Andaikan kita buat lingkaran, dengan pusat di titik atas segitiga. Tentunya luasnya kita buat sama dengan setengah luas segitiga yang besar. Supaya diperoleh membagi dengan besar sama. Besar sudutnya sudah kita ketahui, yaitu 60 derajat. Karena merupakan segitiga sama sisi.

9 Coba perhatikan gambar : Bisa dibayangkan kan.. Sekarang yang kita ketahui hanyalah sudut dan juga luas juringnya, yaitu luas juring sama dengan setengah luas segitiga besar. Untuk mencari panjang busurnya (panjang garis yang dimaksud), bisa kita gunakan rumus cepat yang ada di postingan sebelumnya, yaitu rumus mencari panjang busur jika diketahui luas juring dan besar sudut yang terbentuk. Ternyata lebih pendek sedikit dari pada yang sebelumnya. Ini menurut kami sudah merupakan jarak yang terpendek. Coba-coba cari lagi cara tetapi masih lebih pendek 0,6733… pada kasus ketiga ini. Juga beralasan pada suatu lingkaran inilah yang akan menyebabkan luasnya seperti demikian. Jika pembaca menemukan garis yang lebih pendek lagi, silahkan dishare.

10 Membagi sudut menjadi 2 sama besar (menggunakan jangka) Pada pelajaran geometri, kita diajarkan untuk menggambar. Entah itu menggambar garis, bangun datar ataupun bangun ruang. Tentunya alat-alatnya pun lengkap. Dari penggaris, pensil, penghapus, jangka, busur derajat, dan sebagainya. Tentunya kertas gambar tidak ketinggalan. Hehe Menggambar tentunya hal yang mendasar di dalam pelajaran geometri. Lalu, bagaimana caranya? Bagaimana menggambar yang benar? Menggambar garis, tentunya bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan penggaris lurus. Membuat sudut juga bisa dengan mudah dilakukan dengan menggunakan penggaris busur derajat. Tetapi, sekarang kita akan menggunakan jangka untuk membuat besar sudut. Membuat sudut 45 derajat Akan kita pelajari di sini adalah membuat sudut yang besarnya 45 derajat dengan menggunakan jangka. Bagimana langkah-langkahnya? Seperti berikut : Perhatikan gambar! Langkah-langkah untuk membuat sudut 45 derajat, yaitu : *Tentunya buat garis tegak lurus (siku-siku di titik O) *Lalu, pasang jarum jangka pada titik O, dan buka jangka dengan ukuran terserah (jangan terlalu besar) *Putar jangka. Sehingga busur yang kita buat memotong garis yang saling tegak lurus tersebut. (pada gambar ditunjukkan pada busur yang warna merah). Memotong di titik A dan di titik B *Sekarang, besar jangka boleh diubah dan boleh juga tetap. *Letakkan jarum jangka di titik A, lalu putar jangka *Tanpa merubah besarnya jangka, letakkan jangka di titik B, lalu putar jangka sampai berpotongan dengan putaran jangka yang berpusat di A. *Pada gambar adalah busur yang berwarna hijau. *Tarik garis dari perpotongan itu ke titik O (titik siku-sikunya), sehingga terbentuklah sudut dengan besar 45 derajat

11 Membuat sudut 90 derajat (menggunakan jangka) Bagaimana membuat sudut 90 derajat menggunakan jangka? Perhatikan gambar di’ sebelah kanan ini Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : *Buat suatu garis lurus *Beri titik A dan titik B pada garis tersebut. Tentunya titiknya berlainan (titiknya berada pada garis) *Pasang jarum jangka di titik A, Lebarkan jangka (buat jari-jari jangka sedemikian sehingga tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit). *Putar jangka sampai hamper setengah lingkaran (seperti pada gambar) *Tanpa mengubah lebar jangka (besarnya jari-jari jangka), letakkan ujung jarum jangka di titik B. lalu putar. (pada gambar terlihat berwarna biru dan hijau) *Hubungkan dua perpotongan busur itu *Terbentuklah sudut 90 derajat Langkah ini tentunya sama dengan membagi sudut menjadi 2 sama besar (dengan menggunakan jangka). Sudut awalnya yaitu 180 derajat. Dibagi menjadi dua bagian sama besar, yaitu sama dengan 90 derajat

12 Membuat sudut 60 derajat (dengan menggunakan jangka) Bagaimana cara membuat sudut yang besarnya hanya dengan menggunakan penggaris lurus dan sebuah jangka? (tanpa menggunakan penggaris busur derajat). Perhatikan gambar tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai beikut : -buat sebarang garis lurus. (pada gambar adalah garis yang mendatar) -beri nama titik A di ujung garis yang telah dibuat. -kemudian buat busur dengan titik A sebagai pusatnya. -busur akan memotong garis yang kita buat di awal. Kita beri nama titik B. -jangan merubah besarnya sudut pada busur. -kemudian buat busur dengan titik B sebagai pusat. -kedua busur tersebut berpotongan. Beri nama titik C pada perpotongan dua busur tersebut. -tarik garis dari A ke C. Pada gambar yaitu garis m. -jadilah sudut yang besarnya 60 0 Cara menggambar sudut yang besarnya 60 0 dengan menggunakan jangka ini adalah cara yang sangat tepat untuk ukuran. Dibandingkan dengan menggunakan sebuah penggaris busur derajat. Untuk cara membagi dua sudut menjadi sama besar dengan menggunakan jangka, cara membagi garis menjadi dua sama panjang, cara membagi garis menjadi tiga, empat, lima, dst

13 Perharikan tebal tipisnya ya…’ dikumpulkan pertemuan Gambar Teknik minggu besok Kertas A4 saja. Selamat berlatih dan gunakanlah pula hati nurani dan kesabaran anda…..’


Download ppt "Gambar Teknik Gambar  salah satu informasi visual Teknik  cara untuk memberikan solusi menggunakan alat bantu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google