Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI GRAFIS Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI GRAFIS Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI GRAFIS Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5

2 Contents Pendahuluan 1 Pengelompokan Aplikasi Grafis 2 Area Kerja Photoshop 3 Tool-tool dalam Photoshop 4

3 Pendahuluan  Dunia komputer grafis sangat luas dan kompleks karena terdapat beberapa aplikasi pengolah gambar dan tata letak halaman publikasi.  Munculnya berbagai aplikasi pengolah gambar dan tata letak disebabkan kebutuhan yang berbeda-beda mulai dari: printing, adversiting, broadcasting maupun keperluan lain.

4 Aplikasi Grafis  Aplikasi grafis dikelompokkan menjadi beberapa bagian:  Aplikasi pengolah Tata Letak (Layout)  Aplikasi pengolah Vektor / Garis  Aplikasi pengolah Pixel / Gambar

5 Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)  Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis.  Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop).  Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:  Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker  Corel Ventura, Quark Xpres  Microsoft Publisher

6 Aplikasi Pengolah Vektor / Garis  Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program.  Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.  Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:  Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer

7 Aplikasi Pengolah Pixel / Gambar  Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching).  Semua objek yang diolah dalam progam- program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto.  Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu

8 Aplikasi Pengolah Pixel / Gambar  Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel.  Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.

9 Aplikasi Pengolah Pixel / Gambar  Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:  Adobe Photoshop  Corel Photo Paint  Macromedia Xres  Metacreations Painter  Metacreations Live Picture  Micrografx Picture Publisher  Microsoft Photo Editor  QFX  Wright Image

10 Pixel VS Vektor  Pixel  Jika diperbesar, warna terurai dengan kerapatan tertentu  Resolution Dependent (tergantung oleh resolusi)  Ukuran file relatif besar  Vektor  Jika diperbesar, warna tetap solid  Resolution Independent (tidak tergantung oleh resolusi)  Ukuran file relatif kecil

11 Aplikasi Grafis - Photoshop  Sebuah image (gambar/foto) dapat berfungsi sebagai media yang dapat memberikan informasi yang disampaikan kepada masyarkakat.  Orang lebih mudah memahami sebuah pesan hanya dengan melihat gambar dibanding harus membaca teks.  Ketika menemukan sebuh pamflet, brosur, maupun booklet yang pertama dilihat adalah gambarnya kemudian informasi yang disampaikan.

12 Aplikasi Grafis - Photoshop  Untuk membuat perpaduan gambar dan teks diperlukan keterampilan khusus dalam mendesain sebuah image. Selain dituntut mampu mengembangkan ide juga sedikitnya harus tahu tentang mengkombinasikan warna maupun mode warna yang ada.  Graphic designer berperan utama dalam menciptakan image yang berkualitas yang dapat membuat tampilan beberapa publikasi seperti sampul buku, majalah, brosur, booklet, leaflet, banner, catalog dan publikasi lain yang sejenis menjadi impresif.

13 Area Kerja Photoshop  Adobe Photoshop CS memiliki area kerja yang terbagi menjadi beberapa bagian menu yaitu: Menu Bar, Option Bar, Toolbox, Pallet Well, dan Pallete.  Menu bar: berisi menu-menu yang dapat membantu memudahkan dalam bekerja dan terorganisir sesuai dengan topik yang saat itu digunakan. Sebagai contoh, menu Layers berisi menu-menu yang berhubungan dengan Pallete Layers.  Option bar: berisi informasi tentang tool yang saat itu digunakan.  Toolbox: perangkat utama yang digunakan untuk membuat, mengedit gambar dan teks.  Pallete well: membantu dalam menata beberapa palet yang digunakan.  Pallete: membantu memonitor dan mengedit gambar (image).

14 Area Kerja Menu barPallet Toolbox Status bar Option bar

15 Toolbox (1)  Move Tool: Untuk memindahkan objek (teks maupun grafik).  Caranya: Aktifkan Move tool, lalu pilih objek yang ingin dipindahkan. Seret ke daerah lain.

16 Toolbox (2)  Rectangle Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk persegi.  Elliptical Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk lingkaran.  Single Row Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk garis horisontal.  Single Column Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk garis vertikal.  Caranya: pilih salah satu tool yang disediakan kemudian letakkan pada image yang dimaksud. Klik mouse sambil menyeret ke area lain kemudian lepaskan

17 Hasil Seleksi

18 Toolbox (3)  Lasso Tool: untuk membuat seleksi secara bebas (handsfree)  Polygon Lasso Tool: untuk membuat seleksi berbentuk polygon  Magnetic Lasso Tool: untuk membuat seleksi bebas berdasarkan tingkat kesamaan warna.  Caranya: aktifkan salah satu tool (missal: Magic Lasso tool) dan tempatkan pada daerah yang ingin dibuat seleksi. Klik ujung Magnetic Lasso tool dan seret mouse mengelilingi daerah yang dimaksud. untuk membuat seleksi berbentuk persegi.

19 Toolbox (4)  Magic Wand Tool: Untuk membuat seleksi berdasarkan kesamaan warna.  Caranya: aktifkan tool tersebut kemudian aturlah beberapa spesifikasi pada menu option di bagian atas seperti tolerans (Tolerance), Antialis, Contigous, dan Sample All Layers. Semakin besar nilai pada Tolerance maka akan membuat seleksi sesuai kesamaan warna yang berdekatan.

20 Toolbox (5)  Crop Tool: Untuk membuang bagian dari image canvas yang tidak digunakan.  Caranya: aktifkan Crop tool kemudian letakkan mouse pada daerah tertentu lalu seret ke daerah lain. Klik tanda centang di bagian atas jika sudah memilih atau tekan tombol Enter. Untuk memperkecil atau memperbesar area yang dipilih, klik titik Nude di bagian kiri/kanan/atas/bawah dan seret ke tempat lain untuk membuat perubahan ukuran.

21 Tugas  Cobalah tool-tool yang lain, kemudian tuliskan fungsi atau kegunaan tool-tool tersebut: 1. Slice Tool: 2. Slice Select Tool : 3. Healing Brush Tool : 4. Patch Tool : 5. Spot Healing Brush Tool : 6. Red Eye Tool : 7. Brush Tool : 8. Pencil Tool : 9. Clone Stamp Tool :

22 10. Pattern Stamp Tool : 11. History Brush Tool : 12. Art History Brush Tool : 13. Eraser Tool : 14. Background Eraser Tool : 15. Magic Eraser Tool : 16. Gradient Tool : 17. Paint Bucket Tool : 18. Blur Tool : 19. Sharpen Tool : 20. Smudge Tool : 21. Dodge Tool :

23 22. Burn Tool : 23. Sponge Tool : 24. Path Selection Tool : 25. Type Tool : 26. Type Mask Tool : 27. Pen Tool : 28. Custom Shape Tool : 29. Eyedropper Tool : 30. Hand Tool : 31. Zoom Tool : 32. Foreground and Background Tool :

24 Ketentuan Tugas  Tugas dikerjakan di Microsoft Word  Tuliskan Nama masing-masing Tool tersebut beserta fungsinya  Berikan contoh hasil penggunaan tool-tool tersebut dengan gambar yang kalian sukai  Tugas dikumpulkan ke ketua kelas  Ketua kelas mengumpulkannya ke dalam satu folder kemudian dikompress dengan ekstensi.zip atau.rar  kan ke alamat :

25


Download ppt "APLIKASI GRAFIS Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google