Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Biodata: Nama:Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn. Alamat:Karangnongko RT. 09 Pelemsewu Panggungharjo Bantul. Mobile Phone:08122969624

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Biodata: Nama:Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn. Alamat:Karangnongko RT. 09 Pelemsewu Panggungharjo Bantul. Mobile Phone:08122969624"— Transcript presentasi:

1 Biodata: Nama:Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn. Alamat:Karangnongko RT. 09 Pelemsewu Panggungharjo Bantul. Mobile Phone: / Pekerjaan :: 2000 – 2008:Fotografer SKH Jawa Pos Radar Jogja – sekarang:Dosen Fotografi FSMR ISI Jogjakarta 2008 – sekarang:Fotografer Freelance. 2011:Kontributor foto Unique Magazine Pendidikan : -S1 Institut Seni Indonesia Yogyakarta Fakultas Seni Media Rekam Jurusan Fotografi, lulus tahun S2 Penciptaan Fotografi, Program Pascasarjana ISI Yogyakarta, lulus tahun Organisasi : -Ketua PFI (Pewarta Foto Indonesia) Yogyakarta. Periode 2008-sekarang.

2 FOTOGRAFI JURNALISTIK Salah satu cara untuk menyampaikan informasi, tetapi tidak begitu saja sebagai foto berita dan tidak harus diberitakan di media massa.MENGAPA? Foto berita biasanya dibuat berdasarkan penugasan dari sebuah media massa. Foto berita biasanya dibuat berdasarkan penugasan dari sebuah media massa. Foto jurnalistik tidak harus ada penugasan. Foto jurnalistik tidak harus ada penugasan.

3 Tahun 1931 Foto candid pertama karya Erich Solomon, yang menggambarkan anggota parlemen sedang ngobrol di loby. Karya foto ini merupakan awal dari eksplorasi foto jurnalistik.

4 FOTOGRAFI JURNALISTIK Gabungan gambar dan kata  Kata untuk menyampaikan informasi yang belum terdapat didalam gambar.  Kata untuk menyampaikan ide yang tertuang dalam gambar yang diciptakan oleh pewarta foto.

5 FOTOGRAFI JURNALISTIK Gabungan gambar dan kata

6 JAKARTA, 11/4 - TEMUI KOMNAS HAM. Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila (kiri) menerima keluarga korban penyerangan LP Cebongan (dari kiri) Jorhans Kadja, Yohanes Lado dan Victor Mambait saat pertemuan kedua pihak di kantor Komnasham, Jakarta, Kamis (11/4). Perwakilan keluarga korban LP Cebongan mendatangi kantor Komnas HAM untuk melakukan pengaduan atas kasus penembakan di LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta dan Perwakilan keluarga ini datang bersama perwakilan dari Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras).FOTO ANTARA/Reno Esnir/Koz/pd/13.

7 Caption merupakan jembatan untuk menginformasikan ide fotografer kepada pembaca (penikmat foto),selain itu juga untuk mendapatkan keseimbangan antara tulisan dan gambar. Secara umum gunakanlah metode 5 W (Who, What, Where, When, Why). CAPTION

8 Untuk penulisan caption single foto, jawablah pertanyaan dasar yang kemungkinan muncul pada benak pembaca, masukkan kata menjelaskan peristiwa untuk kalimat pertama, dan background berita untuk kalimat kedua. CAPTION KUDUS, 11/4 - BANJIR KUDUS MELUAS. Seorang warga berada di dekat rumah yang terendam banjir di Kaliwungu, Kudus, Jateng, Kamis (11/4). Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kudus, menyebutkan saat ini banjir dengan ketinggian sekitar 50 cm hingga 70 cm di Kudus semakin meluas dan merendam ratusan rumah di 9 desa yang berada di 3 kecamatan. FOTO ANTARA/ Andreas Fitri Atmoko/ed/ama/13 Menjelaskan peristiwa Background berita/peristiwa

9 Tips penulisan Caption:  Amati foto secara seksama, apakah ada detail foto yang perlu dijelaskan untuk pembaca yang sambil lalu dan sekilas luput.  Jangan menjelaskan sesuatu yang sudah jelas terlihat di foto.  Jelaskan hal yang bagi pembaca, dimungkinkan salah menginterpretasikan, misalnya objek berpelukan atau sedang gulat. CAPTION

10  Jangan menggunakan kata-kata yang nggak perlu, misalnya: “tampak dalam gambar…sedang...”  Tuliskan dengan yakin apa yang ada di dalam foto, jangan ragu-ragu mengindentifikasikan objek foto. Misalnya, objek Ular sampaikan secara jelas itu ular, jangan disampaikan tampaknya seperti ular...  Buatlah caption untuk foto spot news berdasar pada fakta. Kecuali untuk foto feature,penambahan kata-kata sebagai bumbu kadang diperlukan untuk menggiring pembaca agar lebih tertarik.

11 5 W + 1 H 5 W + 1 H Foto jurnalistik yang sempurna mengandung unsur 5 W + 1 H What; Who; Where; When; Why; How

12 KELAYAKAN FOTO JURNALISTIK Foto jurnalistik akan berbobot bila memenuhi nilai berita. Proximity (Kedekatan): Kedekatan ini, tentang kedekatan fisik dan kedekatan emosional. Prominance (Ketenaran): Name make news. Timeliness (Aktualitas): Khususnya foto straight news. Impact (Dampak): Kejadian yang menyangkut kepentingan atau yang memiliki dampak luas bagi masyarakat. Magnitude (Keluarbiasaan): Menyangkut sesuatu yang besar yang bersifat luar biasa. Orang besar, prestasi, bencana, dll. Conflict (Konflik): Tentang adanya bentrokan baik fisik maupun nonfisik. Unique (Keunikan): Sesuatu yang tidak lazim. Action (Atraktif): Suatu peristiwa akan lebih menarik bila foto yang ditampilkan adalah atraktif atau action, tidak diam, datar, atau asal jadi.

13 Proximity (Kedekatan) YOGYAKARTA, 1/4 - POSTER HIMBAUAN. Sejumlah kendaraan melintas di dekat poster bertuliskan "Ke Jogja Belajarlah Yang Baik dan Jadilah Warga Yang Baik, Jogja Nyaman Tanpa Preman" di Jl. Cendana, Yogyakarta, Minggu (1/4). Poster tersebut merupakan respon masyarakat atas kasus penembakan di Lapas 2B Cebongan, Sleman beberapa waktu lalu yang melibatkan pendatang dari luar Yogyakarta. FOTO ANTARA/Noveradika/Koz/Spt/13.

14 Prominance (Ketenaran): YOGYAKARTA, 19/3 - KUNJUNGAN MENLU SURINAME. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X (kiri) saat memberikan buku tentang Keraton Yogyakarta kepada Menteri Luar Negeri Suriname, Winston G Lackin (kanan) di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (19/3). Kunjungan Menlu Suriname ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menjalin hubungan silahturahmi dan menawarkan sejumlah kerja sama khususnya di bidang seni dan budaya. FOTO ANTARA/Regina Safri/ss/pd/13.

15 Timeliness (Aktualitas): YOGYAKARTA, 11/4 - AKSI ANTI PREMANISME. Sejumlah masyarakat yang terdiri dari beberapa komunitas yang mengatasnamakan dirinya Masyarakat Yogya Anti Kekerasan menggelar aksi di Jl. Malioboro, Yogyakarta, Kamis (11/4). Dalam aksinya mereka menolak adanya aksi premanisme di Yogyakarta dan meminta aparat penegak hukum untuk membasmi keberadaan preman agar tercipta suasana yang kondusif di masyarakat. FOTO ANTARA/Noveradika/Koz/pd/13.

16 Impact (Dampak): BANDUNG, 3/4- KHAWATIRKAN KENAIKAN TDL. Pekerja disabilitas yang tergabung dalam Kelompok Kreativitas Difable (KKD) menyelesaikan pembuatan kaki palsu, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/4). Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dikhawatirkan KKD akan berdampak pada peningkatan biaya produksi dan penjualan kaki palsu bagi masyarakat disabilitas yang memerlukannya. FOTO ANTARA/Agus Bebeng/ed/ama/13

17 Magnitude (Keluarbiasaan): SIDOARJO, 11/4 - DERITA KORBAN LUMPUR. Warga korban semburan lumpur panas lapindo mendirikan taman makam dan membuat replika keranda sebagai pertanda derita warga korban lumpur yang tidak ada selesainya Desa Jatirejo Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (10/4). Warga korban semburan lumpur meminta kepada pemerintah pusat untuk mengambil alih kasus pembayaran ganti rugi karena pihak PT MLJ selaku juru bayar ganti rugi Lapindo Brantas Inc sudah tidak sanggup melunasi sisa ganti rugi korban lumpur dalam Peta Area Terdampak (PAT) sesuai Perpres 14 Tahun 2007 dan pengusaha yang pabrik dan gudangnya terendam lumpur. FOTO ANTARA/Rudi Mulya/Koz/pd/13.

18 Magnitude (Keluarbiasaan): LAMONGAN, 11/4 - SEKOLAH TERENDAM. Sejumlah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) melihat kondisi ruang salah satu ruang kelas yang kebanjiran di SMP Muhammadiyah 17 Desa Keduyung, Kecamatan Laren, Lamongan, Jawa Timur, Kamis (11/4). Akibat banjir luapan bengawan solo tersebut siswa-siswi terpaksa diliburkan karena air masuk hingga ke ruang kelas, selain merendam sekolah banjir juga merendam sedikitnya 613 rumah di 9 desa di Kecamatan Laren dengan ketinggian air mencapai 50 cm. FOTO ANTARA/Syaiful Arif/Koz/pd/13.

19 Conflict (Konflik): GORONTALO, 10/3 - RICUH USAI PERTANDINGAN. Puluhan pendukung Persigo Gorontalo masuk ke lapangan pertandingan saat terjadi keributan usai pertandingan lanjutan kompetisi Divisi utama grup IV Liga Indonesia di Stadion Merdeka Kota Gorontalo, Minggu (10/3). Akibat perkelahian beberapa pemain kedua tim terkena pukulan dan tendangan serta satu orang ofisial tim PSBS Biak mengalami luka sobek di bagian pipi kanan terkena lemparan batu pendukung tuan rumah. FOTO ANTARA/Adiwinata Solihin/ss/ama/13

20 Unique (Keunikan): KEDIRI, 7/4 - SEPEDA TERPANJANG. Seorang warga mengendarai sepeda dengan ukuran panjang 13,48 meter saat melintas di jalan Desa Blawe, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (6/4). Sepeda unik tersebut dibuat oleh klub sepeda kuno Hayamas, Purwoasri, Kediri dan merupakan sepeda terpanjang di Indonesia menginggat sepeda terpanjang yang tercatan di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) hanya mempunyai panjang dengan ukuran 11,20 meter. FOTO ANTARA/Rudi Mulya/ed/pd/13

21 Semarang, 1/3 - Pelantikan Pengurus. Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus DPD APPBI Jateng DIY kepengurusan Pelantikan ini merupakan acara penutup dalam kegiatan konggres DPD APPBI Jateng DIY yang berlangsung selama dua hari. FOTO UNIQUE MAGZ/Pamungkas Action (Atraktif):

22 METODE MENDAPATKAN FOTO JURNALISTIK Metode EDFAT E : Entire : Keseluruhan lingkungan termasuk manusianya. D : Details : Bergeraklah maju mendekati obyek untuk melihat lebih detail, ajak dia bicara,kamu perhatikan mata, rambut, apa yang dia pakai, ambil visual yang kuat dari subyek dan atur komposisi yang bagus. F : Frame : Lebih dalam mengatur komposisi. A : Angle : Atur sudut pengambilan, bisa dari atas, bawah, dekat atau jauh. T : Time : Ambil kesempatan secepatnya jangan menunda waktu, karena bisa saja peristiwa tersebut tidak terulang lagi. Metode EDFAT ini telah teruji sebagi metode untuk memilih aspek spesial dari cerita yang akan kamu sampaikan untuk memperoleh gambar yang kuat Secara gampang mulailah dengan memilh 3 cara untuk medapatkan gambar agar tidak kehilangan cerita: General shot: Foto yang mengajak orang untuk melihat secara menyeluruh dari sebuah peristiwa (pilih foto yang eye catching). Medium Shot: untuk mengajak penikmat foto agar melihat lebih dekat. Close up: menggiring penikmat agar memperhatikan detail.

23 Entire Keseluruhan/ Suasana lingkungan termasuk manusianya

24 Detail Mendekati objek lihat lebih detail

25 Frame Lebih dalam mengatur komposisi.

26 Angle Atur sudut pengambilan, bisa dari atas, bawah, dekat atau jauh

27 Time Ambil kesempatan secepatnya jangan menunda waktu, bisa saja peristiwa tersebut tidak terulang lagi.

28 EDFAT Entire Frame Detail Angle Time

29 Contoh Sebagai Foto Berita/ Foto Tunggal Velg Andong. Jono (47) seorang pekerja di bengkel andong mbah Musiran menyelesaikan velg andong pesanan pelanggan. Bengkel andong di kawasan Jotawang, Salakan Bantul Yogyakarta ini tidak sekadar melayani service andong lokal saja tetapi juga menerima pesanan dari manca negara.

30 Cerita Tentang Bengkel Andong Foto/ naskah: pamungkas Taktoktaktoktaktok.... selalu terdengar di bengkel andong mBah Musiran yang terletak di Desa Salakan, Jotawang, Yogyakarta. Suara benturan gagang tatah dan palu diselingi bunyi desingan mesin bubut ini menjadi musik ritmis mengiringi para pekerja yang mereparasi atau memproduksi andong. Khusus. Suasana bengkel mBah Musiran di Desa Salakan, Jotawang, Yogyakarta khusus mengerjakan perbaikan dan produksi andong. Sebagai foto cerita Lacquer. Menyetel lacquer roda andong.

31 Membuat Velg. Velg dari kayu dibentuk dengan menggunakan tatah dan palu.

32 Stel roda

33 Foto Story/ Cerita foto Unsur dalam foto cerita : Unsur dalam foto cerita : Establishing Shot : Establishing Shot : Biasanya dipakai sebagai pembuka cerita, sehingga perlu gambar yang eye catching (menghentak), bisa Landscape, atau moment lain. Pembaca biasanya akan penasaran ketika melihat foto tersebut sehingga tergiring untuk melihat foto yang lain. Relationships : Relationships : Dua subyek dalam satu bingkai yang saling berhubungan, berhubungan bisa negatif atau positif. Relationship bisa juga antara manuasia dengan alam, maupun budaya sekelilingnya. Man at work : Man at work : terlihat di dalam foto usaha yang keras untuk tujuan sesuatu, dengan kesulitan dan resiko dalam pekerjaannya Portrait : Portrait : Foto Subyek dengan frame medium, yang nantinya diharapkan menggambarkan ekspresi subyek, marah, bahagia, sedih dan sebgainya Close up and Detail : Close up and Detail : Foto close up dari subyek, bisa mata, tangan, atau sisi lain dari pekerjaannya. Foto ini bisa menjadi symbol pekerjaannya


Download ppt "Biodata: Nama:Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn. Alamat:Karangnongko RT. 09 Pelemsewu Panggungharjo Bantul. Mobile Phone:08122969624"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google