Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Black PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Black PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan."— Transcript presentasi:

1 Black PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Apr Mei Jun 2011 Pedoman Pendalaman Alkitab Apr Mei Jun 2011 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini dibuat untuk semua Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota Sekolah Sabat. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat di UKSS anda. Kami berharap untuk tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Staf Dept. Sekolah Sabat Dewasa G.C, Kontributor Utama

5 Alkitab dipenuhi dengan lambang. Tuhan sendiri berbicara menggunakan lambang. Di dalam Alkitab, lambang-lambang mewakili benda dan ide- ide yang lebih besar daripada lambang itu sendiri. Jubah Kasih Karunia: Kiasan Jubah di Dalam Alkitab Pendahuluan Umum

6 Sebagai anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, kita sudah terbiasa dengan lambang nubuatan dalam bukun Daniel... semua lambang ini memiliki makna yang lebih besar daripada realitas yang ada. Pelajaran triwulan ini berfokus pada lambang Alkitabiah dari satu bentuk tertentu: perumpamaan dalam bentuk jubah. Kita akan melihat pakaian atau jubah yang digunakan oleh masyarakat dalam cerita Alkitab dan makna pakaian bagi mereka, kebenaran apa yang dilambangkannya, ralitas apa yang ingin disampaikan, dan pelajaran apa yang bisa kita ambil dari perumpamaan itu. Jubah Kasih Karunia: Kiasan Jubah di Dalam Alkitab Pendahuluan Umum

7 Meskipun, keadaan kita tidak ditentukan dari apa yang kita pakai, namun apa yang kita pakai dapat berbicara banyak tentang siapa kita; dalam pengertian ini, demikian jugalah dengan lambang, jubah dapat menyatakan sesuatu yang lebih besar daripadanya. Jubah Kasih Karunia: Kiasan Jubah di Dalam Alkitab Pendahuluan Umum

8 Jubah Kasih Karunia: Kiasan Jubah di Dalam Alkitab Daftar Isi 1. Jubah Tenunan Surga 2. Dari Kemuliaan Kepada Kejatuhan 3. Jubah Kesucian 4. Jubah Berwarna-warni 5. Jubah Keimamatan Kasih Karunia 6. Jubah Elia dan Jubah Elisa 7. Dalam Naungan Sayap-Nya 8. Jubah Kehormatan 9. Satu Simbol yang Direbut dari Api 10. Jubah Baru Anak yang Hilang 11. Jubah Pernikahan 12. Jubah dan Kiasannya 13. Tersembunyi di Dalam Kristus

9 Pelajaran 2 Dari Kemuliaan kepada Kejatuhan

10 Kata-Kata Pembuka Kebebasan yang Allah berikan kepada kita untuk memilih Dia dan kehidupan yang Dia rencanakan bagi kita juga mengizinkan kita untuk memilih hal yang berlawanan. Allah tidak memaksakan kehendak-Nya kepada kita; dan kita harus dengan sadar memilih Dia setiap hari dalam kehidupan kita.

11 Kata-Kata Pembuka Sama seperti yang Tuhan Allah berikan kepada Lusifer, Allah juga masih memberikan kepada masing-masing kita “kebebasan memilih,” dan kita harus bertanggung jawab atasnya. Ketidakbahagiaan, kejahatan, dan penderitaan adalah merupakan hasil dari pilihan kita yang salah. Sama seperti yang Tuhan Allah berikan kepada Lusifer, Allah juga masih memberikan kepada masing-masing kita “kebebasan memilih,” dan kita harus bertanggung jawab atasnya. Ketidakbahagiaan, kejahatan, dan penderitaan adalah merupakan hasil dari pilihan kita yang salah.

12 Ayat Hafalan Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu. (Yehezkiel 28:15) Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu. (Yehezkiel 28:15)

13 Black Dari Kemulian kepada Kejatuhan Sekilas Pandang 1. Lucifer: Sebelum Berdosa (Yehezkiel 28:12-15) 2. Lucifer Menjadi Setan (Yehezkiel 28:16-19; Yesaya 14:12-14) 3. Setan: Pekerjaannya di Dunia (2 Korintus 11:14; 1 Petrus 5:8)

14 Black Dari Kemulian kepada Kejatuhan 1. Lucifer: Sebelum Berdosa (Yehezkiel 28:12-15)

15 Bagaimanakah Keadaan Lucifer Sebelum Berdosa Menurut Catatan Alkitab? Baca Yeh 28: Penuh hikmat 2.Maha Indah 3.Berada di Eden (Taman Allah) yang penuh dengan berbagai macam permata 4.Dekat Kerub 5.Tidak bercela (sempurna) 1.Penuh hikmat 2.Maha Indah 3.Berada di Eden (Taman Allah) yang penuh dengan berbagai macam permata 4.Dekat Kerub 5.Tidak bercela (sempurna)

16 Konsep “Sempurna” yang bagaimanakah yang dimaksud oleh Yehezkiel 28:15 ini? Konsep sempurna yang disebutkan dalam ayat ini mencakup: -Kebebasan -Kebebasan Moral - Kesanggupan untuk memilih yang benar dan yang salah Konsep sempurna yang disebutkan dalam ayat ini mencakup: -Kebebasan -Kebebasan Moral - Kesanggupan untuk memilih yang benar dan yang salah

17 Siapah yang Menciptakan Segala Sesuatu dan untuk Apa Semuanya itu Diciptakan? Baca Yohanes 1:1-3, Kolose 1:16,17 Pencipta : Allah Untuk: Dia Pencipta : Allah Untuk: Dia

18 Apakah Allah Menciptakan Setan? Jawab:

19 Diantara Ciptaan Allah, terdapat malaikat- malaikat surga, pemimpinnya di kenal dengan nama Lusifer yaknni “putra fajar” (Yesaya 14:12) yang dalam Alkitab digambarkan sebagai “gambaran kesempurnaan.”

20 Sebagai mahluk surga yang dihiasi begitu semaraknya dan dengan posisi tertinggi di antara para malaikat. Lusifer sudah pasti di hormati dan dikasihi oleh seluruh malaikat surga.

21 Catatan Penting 1.Seluruh ciptaan Allah adalah baik dan sempurna 2.Allah menciptakan Lucifer, yakni bintang Timur atau Putra Fajar 3.Allah tidak menciptakan setan. 4.Lusifer sendirilah yang menjadikan dirinya menjadi setan, yakni dengan kesalahannya menggunakan kebebasan memilih yang diberikan kepadanya. 1.Seluruh ciptaan Allah adalah baik dan sempurna 2.Allah menciptakan Lucifer, yakni bintang Timur atau Putra Fajar 3.Allah tidak menciptakan setan. 4.Lusifer sendirilah yang menjadikan dirinya menjadi setan, yakni dengan kesalahannya menggunakan kebebasan memilih yang diberikan kepadanya.

22 Penuntun Guru SSD, hlm 24 “Dalam keberadaannya yang terdahulu sebagai malaikat di surga, Lusifer mungkin saja menjadi “pembawa” terang Allah. Sampai suatu saat dia meyakini bahwa dialah sesungguhnya sumber terang itu. Dia berfikir bahwa dirinya sama dengan Allah, bahkan sama dalam hal kemuliaan-Nya.”

23 FAKTA: Sekali saja Lusifer menjauhkan dirinya dari pengaruh Allah, terangnya lenyap, dan dia menjadi mahluk yang kita kenal dengan setan.

24 Diskusikan! Minta tanggapan dari anggota kelas anda! Apakah yang akan terjadi jika tanpa sadar, kita mulai menganggap bahwa segala sesuatu yang ada pada kita, kpekerjan kita, ekuatan kita, talenta kita, harta kita berasal dari diri kita sendiri, bukan dari Allah?

25 Black Dari Kemulian kepada Kejatuhan 2. Lucifer Menjadi Setan (Yehezkiel 28:16-19; Yesaya 14:12-14)

26 Sumber Kecantikan Lusifer Kesempurnaan dan kecantikan Lusifer, keelokan jahnya, hikmatnya, semuanya berasal dari Allah. Tanpa Tuhan, Lusifer tidak berarti apa-apa Lusifer, mahluk yang begitu dekat dengan Allah, lupa akan semuanya ini! Kesempurnaan dan kecantikan Lusifer, keelokan jahnya, hikmatnya, semuanya berasal dari Allah. Tanpa Tuhan, Lusifer tidak berarti apa-apa Lusifer, mahluk yang begitu dekat dengan Allah, lupa akan semuanya ini!

27 Apakah yang Mendorong Kejatuhan Lusifer? Baca Yehezkiel 28:17 Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja- raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.

28 Apakah yang Mendorong Kejatuhan Lusifer? Baca Yehezkiel 28:17

29 Pelajaran Penting Apakah yang Dapat Kita Ambil dalam Hidup Kita Sehubungan Dengan Penyebab Kejatuhan Lusifer ini? Sebagai seorang manusia, tidak ada yang perlu kita sombongkan mengenai diri kita, kesombongan hanya akan membawa kita jauh dari Allah!

30 Diskusikan! Hal praktis apakah yang dapat kita lakukan setiap hari agar kita tidak terjatuh kepada perangkap yang menganggap bahwa “semua yang kita miliki” adalah hasil kerja kita, bukan berasal dari Allah.

31 Selain Sombong, Apakah Selanjutnya yang Diinginkan Lucifer? Baca Yesaya 14:14 dia ingin “menyamai Yang Mahatinggi” dia ingin “menyamai Yang Mahatinggi”

32 Pelajaran SSD, Rabu, 06 April 2011 “…Lusifer … mengizinkan pemikiran-pemikiran yang salah masuk dan membuusuk dalam pikirannya, pemikiran inilah yang lambat laun menuntun dia kepada tindakannya, pemberontakannya serta kejatuhannya.”

33 Perlu Diingat! “Pencobaan untuk mengambil peran Allah, dapat timbul dalam bentuk yang sangat halus lebih dari apa yang kita dapat bayangkan dan pikirkan. Saat kita mencoba menghakimi motif orang lain, pada saat kita mengambil hak yang bukan milik kita, pada saat kita mencoba mengendalikan orang lain dengan cara yang tidak wajar—bukankah dengan cara itu, kita mengambil alih peran, Allah?” (Pelajaran SSD, Rabu 06 April 2011)

34 Mengapakah Setan, sering kali Menyamar Sebagai Malaikat Terang Saat ini? Baca 2 Korintus 11:14 Kejahatan ditampilkan seperti kebaikan agar dapat menarik bagi banyak orang

35 Black Dari Kemulian kepada Kejatuhan 3. Setan: Pekerjaannya di Dunia (2 Korintus 11:14; 1 Petrus 5:8)

36 Pelajaran SSD, Kamis 07 April 2011 Kejatuhan setan tidak hanya mempengaruhi surga tetapi juga dunia ini, kejatuhan serta pemberontakannya di surga begitu jelas terlihat di dunia ini dalam wujud “pertentangan besar… itu melibatkan semua.”

37 Bagaimanakah Gambaran Alkitab Tentang Pekerjaan Setan di Dunia ini? Baca 1 Petrus 5:8; 2 Korintus 11:14 1.Setan bekerja keras (dengan berbagai macam cara) untuk membuat kita jauh dan tidak memiliki hubungan dengan Tuhan 2.Dia sering kali “menyamar” sebagai oknum yang baik demi untuk menjatuhkan kita 3.Dia juga adakalanya menggunakan orang kristen sebagai agennya. 1.Setan bekerja keras (dengan berbagai macam cara) untuk membuat kita jauh dan tidak memiliki hubungan dengan Tuhan 2.Dia sering kali “menyamar” sebagai oknum yang baik demi untuk menjatuhkan kita 3.Dia juga adakalanya menggunakan orang kristen sebagai agennya.

38 Pelajaran SSD, Kamis 07N April 2011 Setan bekerja dengan berbagai macam cara untuk menipu kita, mengalihkan kita dari hubungan intim dengan Yesus, dari satu hubungan yang memberikan keselamatan kepada kita, dan dia tidak menolak menggunakan orang lain yang mengaku pengikut Kristus untuk melaksakanakan maksudnya. Bahkan seringkali terbukti sebagai cara yang paling efektif baginya.

39 Apakah yang Membuat Kita Tidak Takut Menghadapi Serangan Setan? Wahyu 12:7-12, Kejadian 3:15 1.Kita sudah mendapat jaminan akan menang oleh karena kematian Kristus di Salib 2.Kita menghadapi musuh yang sudah dikalahkan 1.Kita sudah mendapat jaminan akan menang oleh karena kematian Kristus di Salib 2.Kita menghadapi musuh yang sudah dikalahkan

40 Meskipun jaminan kemenangan kita sudah pasti, oleh karena kematian Kristus, namun kita hanya dapat mengalahkan setan bila kita berada di dalam Kristus dan tetap memakai jubah pembenaran Kristus. Dengan kekuatan kita sendiri, kita tidak akan pernah mampu mengalahkan tipu muslihat dan serangan setan.

41 Ellen G. White, Membina Kehidupan Abadi, hlm 127 “Ketika setan berusaha menutupi umat Allah dengan kegelapan dan menghancurkan mereka. Kristus campur tangan. Walau mereka telah berdosa, Kristus telah memikul kesalahan dosa- dosanya di atas jiwa-Nya sendiri.”

42 RANGKUMAN Dalam membanggakan pemberian yang dia telah terima dan berusaha untuk mendapatkan lebih daripada apa yang Allah telah berikan kepadanya. Lusifer menanamkan kejahatan dalam hatinya dan menciptakan keraguan dalam hati malaikat di surga. Hal ini memicu terjadinya peperangan di surga dan tragedi di atas bumi.

43 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Kesalahan menggunakan kebebasan memilih, dan kesombongan mengakibatkan Lucifer (malaikat) terang itu berubah menjadi setan si pendusta. Manusia yang juga diberikan kebebasan untuk memilih harus dapat menggunakan kebebasan memilihnya untuk hal-hal yang baik dan mendorong dia untuk mengasihi Allah. Saya lemah dan sering sekali terlalu percaya diri. Minggu ini saya akan berusaha untuk menggunakan kebebasan memilih dengan benar untuk kemuliaan Tuhan. Dengan cara mengikuti firman- Nya, tetap bergantung kepada Tuhan agar saya dapat mengalahkan setan yang bekerja keras dengan berbagai cara untuk membuat manusia jauh dari Allah

44 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Black PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google