Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan • Feb • Mar 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan • Feb • Mar 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo Ann Davidson, Kontributor Utama

5 "...sangat penting bagi kita untuk mengenal Allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani--yang harus kita kasihi..." Lukas 10:27 "Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehidupan kita...Kita akan memulai dengan beberapa "dasar," seperti Trinitas Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 ...kita akan fokus pada Allah sebagai Pencipta...kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan- Nya. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik Allah kasih karunia, maupun Allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan- Nya, hukum-Nya, dan Sabat... Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 kita juga akan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan...kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa. Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Sekilas Tentang Allah Kita Daftar Isi 1. Allah Tri Tunggal 2. Pada Mulanya 3. Allah Sebagai Penebus 4. Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 5. Kekudusan Allah 6. Allah Pemberi Hukum 7. Tuhan Atas Hari Sabat 8. Pemeliharaan Ciptaan 9. Alkitab dan Sejarah 10. Janji Doa 11. Allah Sebagai Ahli Seni 12. Kisah Cinta 13. Janji Kedatangan-Nya Kembali

9 Pelajaran 9 Alkitab dan Sejarah ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

10 Pokok Pikiran Allah kita bekerja dalam sejarah dan melalui sejarah, di dalam dan melalui sejarah Dia telah memberikan kita bukti yang kuat untuk iman kita

11 Kata-kata Pembuka Sejarah manusia membuka jendela kepada pekerjaan Allah dalam maksud dan kehendak Ilahi-Nya. Jika kita melihat secara dekat, kita bisa menelusuri sidik jari Allah dalam pekerjaan manusia. Namun, menelusuri Allah dalam sejarah tidak akan pernah menghapus keperluan kita untuk melihat Dia dengan mata iman.

12 Ayat Hafalan “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa” (Wahyu 1:8)

13 Pengantar •Penulis Alkitab Perjanjian Lama dan Baru menegaskan bahwa Allah mengatur sejarah, dan menyatakan diri-Nya sendiri dalam sejarah itu. •Namun, tidak semua sejarah menyatakan kehendak Allah: Manusia bebas untuk membuat pilihan buruk, pilihan-pilihan yang mempengaruhi sejarah. •...Karena Allah bekerja melalui sejarah bukan berarti Dia yang menyebabkan itu semua terjadi.

14 Black Alkitab dan Sejarah Sekilas Pandang 1. Para Nabi dan Sejarah ( 2 Petrus 1:19-21 ) 2. Pertikaian Besar dan Sejarah (Wahyu 12:7-17) 3. Salib di dalam Sejarah (2 Korintus 5:17-19)

15 Black Alkitab dan Sejarah 1. Para Nabi dan Sejarah ( 2 Petrus 1:19-21 )

16 2 Petrus 1:19-21 “Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu. Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.” ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

17 Masa Lalu dan Masa Mendatang Sejarah manusia bukanlah berupa lingkaran yang tidak ada ujung pangkalnya. Sejarah manusia mempunyai permulaan tertentu, menuju suatu masa depan yang mulia. Sejarah manusia memiliki maksud, dan tujuan... bagaimanakah orang yang masih ada di kosmik ini, dapat mengetahui inti dari cerita kosmik?... kita mengetahui karena Allah telah menyatakannya kepada kita melalui nabi-nabi-Nya... Dia telah memberitahukan kepada kita bagaimana itu akan berakhir nanti, apa pun keputusan yang kita buat.

18 Para Nabi Sebagai Sejarawan •Ungkapan para nabi yang berkata, “Demikianlah firman Allah,” “Allah berfirman, dll menunjukkan bahwa mereka (para nabi itu) ingin mengatakan, “bukan aku yang mengatakan keberan ini kepada kamu; tetapi Allahlah yang mengatakannya melalui aku. Jadi kamu harus mendengar baik-baik.”

19 Para Nabi Sebagai Sejarawan •Raja-raja manusia, membayangkan bahwa keputusan pemerintahan mereka membentuk kehidupan rakyat. Akhirnya, mereka berpikir bahwa merekalah yang berkuasa. •Yeremia, Yesaya, dan Nahum menegaskan sebaliknya. Para penguasa Israel menemukan bahwa proses sejarah menuntun bangsa tersebut kepada kehancuran dan kemudian pembuangan.

20 Daniel 2 dan Pemeliharaan Allah •Kisah naik turunnya kerajaan dan raja-raja duniawi yang dinubuatkan dalam Daniel 2 adalah merupakan bukti bahwa Allah mengetahui masa depan, jauh sebelum hal itu terjadi.

21 Sejarah telah terungkap persis seperti yang Allah telah prediksi. Nubuatan ini seharusnya dapat lebih berarti bagi kita saat ini daripada bagi mereka yang hidup ribuan tahun lalu. ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire Kita dapat melihat secara tepat bagaimana kerajaan ini datang dan pergi, sebagaimana yang telah dinubuatkan. Jadi, nubuatan menahan suatu kuasa untuk kita yang tidak dapat dihargai oleh orang- orang yang hidup di zaman dulu.

22 DISKUSIKAN •Jelaskanlah mengapa masih saja ada orang-orang yang tidak mau percaya kepada Allah dan bergantung kepada Dia meskipun mereka sudah mempelajari dari Alkitab bahwa Allah bekerja dalam sejarah dan campur tangan dalam sejarah?

23 Black Alkitab dan Sejarah 2. Pertikaian Besar dan Sejarah (Wahyu 12:7-17)

24 Wahyu 12:7-17 “Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan...berperang melawan naga itu,... Dan naga besar itu... dilemparkan ke bumi..., marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain...”

25 Pelajaran SSD, Rabu 29 Februari 2012 “Betapa semrawut pun kelihatannya, walaupun nampaknya di luat kendali, sejarah umat manusia tidak terbentang dalam sebuah kehampaan. Selalu ada cerita di balik itu, sebuah drama, sebuah perjuangan antara dua prinsip yang berbeda secara radikal... kita sedang membicarakan mengenai pertentangan besar. Hanya dengan latar belakang itulah kita dapat mulai memahami sejarah umat manusia.”

26 Pertikaian Besar •Sebagaimana Setan itu adalah nyata, maka pertikaian besar yang di awali si Surga juga adalah merupakan hal yang nyata. •Pertikaian besar yang telah di mulai di Surga itu berlanjut terus sampai ke bumi •Tetapi pada akhirnya, di salib Setan itu pun di kalahkan dan kebinasaannyapun dipastikan.

27 DISKUSIKAN Jelaskanlah menurut pendapat anda mengapa Setan masih dibiarkan hidup dan tidak dibinasakan oleh Tuhan, segera setelah dia berdosa? ADAPT it! Teaching Approach 4th Quarter 2007, Refiner’s Fire

28 Jawab: “Malaikat-malaikat tidak mengerti pada saat itu segala perkara yang termasuk dalam pertentangan besar itu. Prinsip-prinsip yang dipertaruhkan harusnya dinyatakan lebih sempurna. Dan untuk kepentingan manusia, adanya Setan harus diteruskan. Baik manusia maupun malaikat-malaikat harus melihat perbedaan yang mencolok antara Putra terang dan putra kegelapan. Ia harus memilih siapa yang hendak dilayaninya.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, Jld.6, hlm.414.

29 Perlu Diingat •Baik Alkitab maupun tulisan-tulisan Roh Nubuat mengajarkan bahwa segala peristiwa di bumi ini selalu berhubungan dengan konflik yang lebih luas, yakni “Pertikaian besar antara Kristus dan Setan.”

30 Pelajaran SSD, Rabu 29 Februari 2012 “... pertentangan besar antara Kristus dan Setan...membentuk tema dasar dari semua yang terjadi di sini, baik dalam kehidupan pribadi kita maupun dalam serangkaian besar sejarah umat manusia... sesudah penyaliban, kekalahan Setan dipastikan, dan peperangan ini pun berakhir, dan berakhir juga semua penderitaan dan perasaan sakit dan kejahatan dan ketakutan dan ketidakpastian yang memenuhi sejarah umat manusia.”

31 Black Alkitab dan Sejarah 3. Salib di dalam Sejarah (2 Korintus 5:17-19)

32 2 Korintus 5:17-19 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru... Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya...

33 Kristus Sebagai Pusat •Sejarah dunia terbagi oleh satu peristiwa...bukan kebangkitan maupun kejatuhan dari beberapa kerajaan besar. Bukan pula penemuan sebuah benua baru. Malahan, sejarah dunia terbagi oleh kelahiran seorang Rabbi yang hidup berpindah pindah dibagian yang relatif tak dikenal dalam kerajaan raksasa Roma. •Yakni lahirnya Yesus Kristus

34 Kristus Sebagai Pusat •Dalam konteks Allah dan sejarah, kita dapat lebih menghargai arti keselamatan •Di sini, di kayu salib—terbentang latar belakang dan arti yang terdalam dari sejarah dunia. •Salib, menceritakan semuanya itu kepada kita, dengan mengampuni kita dan menjadikan kita sebagai anak-anak-Nya, Allah telah membuka sebuah masa depan baru bagi kita.

35 Kristus Sebagai Pusat •Seluruh doktrin keselamatan dapat dinyatakan dalam satu kalimat ini:Allah menghapuskan rangkaian sejarah kita yang tak berpengharapan dan menggantikannya dengan sejarahnya. •Melalui Dia sejarah perbudakan dosa berakhir dalam kehidupan kita •Melalui Dia, noda masa lampau tidak akan muncul lagi untuk menyalahkan, menyiksa, mencela kita.

36 Kristus Sebagai Pusat •Sejarah pribadi kita...digantikan dengan sejarah Yesus yang sempurna. •Dengan demikian, di dalam Dia kita tidak hanya menemukan pembebasan dari masa lalu kita tetapi janji tentang sebuah masa depan yang indah. •Di salib, Allah menjaminnya, apa pun sejarah kita atau apa pun yang terjadi dalam sejarah dunia, sebuah masa depan yang baru dan mulia menantikan kita.

37 DISKUSIKAN •Bagaimanakah anda mencatat tindakan Allah dalam sejarah pribadi anda? Apakah catatan pekerjaan Allah dalam hidup anda yang akan anda tinggalkan? •Apakah aspek kehidupan anda yang dapat anda bagikan kepada orang lain sebagai satu kesaksian bahwa Allah telah menuntun kehidupan anda?

38 CATATAN PENTING: Sementara Allah bekerja melalui sejarah. Setan bekerja untuk merevisi sejarah itu. Dia ingin membentuk bagaimana kita melihat Allah dan pekerjaan-Nya di bumi.

39 KUTIPAN ROH NUBUAT “Tujuan dari pemberontakan yang besar itu ialah untuk membenarkan dirinya dan membuktikan bahwa pemerintahan Ilahi bertanggung jawab atas terjadinya pemberontakan itu. Untuk tujuan ini ia telah mengerahkan seluruh kuasa pikirannya yang besar. Ia telah bekerja dengan hati-hati dan sistematis, dan dengan keberhasilan yang luar biasa menuntun banyak orang menerima versi Setan mengenai pertikaian yang besar itu yang telah lama berlangsung. Selama ribuan tahun kepada komplotan persekongkolan ini telah menggantikan kebenaran dengan kepalsuan. Tetapi waktunya sekarang sudah tiba bilamana pada akhirnya pemberontakan dikalahkan, serta sejarah dan tabiat Setan yang sebenarnya diungkapkan.” Alfa dan Omega, hlm

40 RANGKUMAN Betapa semrawut pun sejarah dunia kelihatan, di atas semua itu Allah bekerja sesuai dengan kehendak-Nya, dan sejarah umat manusia akan berakhir dengan kemuliaan kedatangan Yesus yang kedua kali

41 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Alkitab bukan hanya mencatat rentetan kejadian intervensi Allah dalam sejarah tetapi juga membuktikan kesanggupan Allah untuk meramalkan masa depan. Peristiwa bersejarah yang paling penting dari semuanya adalah salib, yang mengubah sejarah, menjembatani jurang pemisah antara Allah dan kemanusiaan yang diakibatkan oleh dosa. Sebagai umat Masehi Advent Hari Ketujuh saya harus percaya kepada pernyataan- pernyataan sejarah dan nubuatan yang diilhamkan oleh Roh Kudus dan memilih untuk menafsirkan perisiwa-peristiwa hari terakhir bumi ini menurut ajaran Alkitab. Saya lemah dan kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya akan lebih percaya kepada Allah dengan melihat peristiwa- peristiwa dan campur tangan Allah dalam sejarah dunia ini dan pengalaman hidup saya secara pribadi.

42 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google