Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo Ann Davidson, Kontributor Utama

5 "...sangat penting bagi kita untuk mengenal Allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani--yang harus kita kasihi..." Lukas 10:27 "Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehidupan kita...Kita akan memulai dengan beberapa "dasar," seperti Trinitas Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 ...kita akan fokus pada Allah sebagai Pencipta...kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan- Nya. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik Allah kasih karunia, maupun Allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan- Nya, hukum-Nya, dan Sabat... Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 kita juga akan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan...kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa. Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Sekilas Tentang Allah Kita Daftar Isi 1. Allah Tri Tunggal 2. Pada Mulanya 3. Allah Sebagai Penebus 4. Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 5. Kekudusan Allah 6. Allah Pemberi Hukum 7. Tuhan Atas Hari Sabat 8. Pemeliharaan Ciptaan 9. Alkitab dan Sejarah 10. Janji Doa 11. Allah Sebagai Ahli Seni 12. Kisah Cinta 13. Janji Kedatangan-Nya Kembali

9 Pelajaran 2 Pada Mulanya

10 Kata-kata Pembuka: Peran Allah sebagai pencipta terkait erat dengan apa yang kita ketahui tentang tabiat- Nya, dan paling penting lagi, tentang peran-Nya sebagai penebus kita

11 Pokok Pikiran Doktrin Penciptaan, enam hari penciptaan secara harafiah, adalah dasar bagi semua yang kita percayai.

12 Pengantar Saat ini kita akan mempelajari doktrin Alkitabiah tentang penciptaan dan akan melihat bagaimana hal itu membentuk dasar semua kebenaran Alkitab yang berikutnya... salah mengerti tentang penciptaan, kita salah dalam semuanya.

13 2 Faham Tentang Penciptaan 1.Model Alkitabiah 2.Model Evolusi

14 Penciptaan Alkitabiah vs Evolusi ALKITABIAHEVOLUSI 1.Penciptaan itu direncanakan, telah dipikirkan dengan matang terlebih dahulu, telah diperhitungkan, tidak bersifat untung- untungan atau tidak terjadi dengan cara kebetulan 1. semuanya terjadi secara kebetulan

15 Penciptaan Alkitabiah vs Evolusi ALKITABIAHEVOLUSI 2. Segala sesuatu telah diciptakan untuk suatu tujuan; Allah mempunyai tujuan akhir, orang Yunani menyebutnya telos, suatu tujuan untuk yang Dia ciptakan. 2. Tidak ada tujuan akhir, tidak ada tujuan yang memotivasi untuk apa itu diciptakan. Ada seleksi alami yang terjadi secara kebetulan, bekerja bersama- sama secara tersembunyi, mempertahankan yang berfungsi dan membuang yang tidak berguna.

16 Penciptaan Alkitabiah vs Evolusi ALKITABIAHEVOLUSI 3. Manusia diciptakan dalam rupa Allah. 3. Manusia diciptakan dalam rupa primate atau binatang menyusui sebelum terjadinya homo sapiens.

17 Ayat Hafalan “Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia” (Kolose 1:16).

18 Black Pada Mulanya Sekilas Pandang 1. Pekan Penciptaan (Kejadian 1:1) 2. Hati Sang Pencipta (Kejadian 1:2) 3. Salib dan Pencipta (Yohanes 1:10,11 )

19 Black Pada Mulanya 1. Pekan Penciptaan (Kejadian 1:1)

20 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi... Kejadian 1:1

21 Pekan Penciptaan 1.Kalimat pembuka dalam kitab Kejadian menyatakan bahwa Allah adalah Pencipta. 2.Para sarjana Alkitab telah mencatat suatu keindahan seni yang mengagumkan mengenai penciptaan. 3.Kitab Kejadian 1:2 menyebut bahwa “Bumi belum terbentuk dan kosong.” 4.Catatan Alkitab mengenai pekan penciptaan menyebutkan bahwa Allah dalam Tiga hari pertama “membentuk” yang “tidak terbentuk.” dan pada Tiga hari berikutnya Dia mengisi yang “hampa” atau kosong. 5.Akhirnya, dinyatakan bahwa semuanya “sungguh amat baik,” dan kemudian dirayakan dengan megah pada hari ketujuh oleh Allah sendiri (Kejadia 2:1-3.

22 Pekan Penciptaan Tidak ada dalam ayat-ayat di atas yang meninggalkan kesan bahwa ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan. Sebaliknya ayat- ayat itu mengajarkan bahwa segala sesuatu telah dikerjakan dengan teliti dan terencana dengan baik

23 Beberapa Tokoh Alkitab yang “percaya” Model Penciptaan Alkitabiah 1.Yesus (Matius 19:4) 2.Musa/Bangsa Israel (Keluaran 20:8-11) 3.Rasul Paulus () 1 Timoteus 2:13 4.Yesaya (Yesaya 40:26)

24 FAKTA Segala sesuatu dalam Alkitab menunjukkan fakta bahwa Allah menciptakan dunia, prosesnya digambarkan dalam Kejadian 1 dan 2.

25 DISKUSIKAN 1.Apakah yang saudara/i rasakan setelah meyakini ajaran Alkitab yang menyatakan bahwa Allahlah pencita segala sesuatu. Apakah anda merasa kagum, bersuka cita, penuh dengan pujian atau bagaimana? 2.Sebagai seorang anggota gereja MAHK apa artinya bagi kita menyebut Allah sebagai pencipta?

26 Black Pada Mulanya 2. Hati Sang Pencipta (Kejadian 1:2)

27 Kejadian 1:2 “... dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

28 Gambaran Mengenai Keadaan Hati Allah Pada Pekan Penciptaan Gambaran kegembiraan dalam hati Pencipta pada pekan pertama itu dapat ditemukan pada ayat kedua Kejadian pasal satu: “dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.” Dengan berhati-hati Musa memilih sebuah kata yang dia hanya gunakan satu kali lagi—dalam Ulangan 32. Pasal tersebut merupakan bagian dari Khotbah perpisahannya dengna orang Israel.

29 1.Bagaikan seekor induk burung yang dengan penuh cinta menyiapkan sangkar untuk anak-anaknya. Kemudian dia melayang-layang di atas anak-anaknya, sambil membawa makanan, dan mengajar anak-anaknya bagaimana caranya terbang. 2.Demikianlah Musa, yang sudah pernah menggembalakan domba selama 40 tahun, yang sudah pasti terbiasa melihat fenomena alam tersebut terjadi setiap musim semi. Dalam ilham yang diterimanya, dia menggambarkan suasana yang sama dengan hati Roh Kudus sebagai “sarang” yang telah dibangun bagi kita umat manusia. Gambaran Mengenai Keadaan Hati Allah Pada Pekan Penciptaan

30 Pelajaran SSD, Senin 09 Januari 2012 “... segala sesuatu dalam catatan penciptaan menyatakan satu Allah yang mencintai ciptaan-Nya, memeliharanya, dan yang merancang semuanya dengan teliti dan dengan sengaja. ” Tidak ada yang tidak bersifat pribadi dalam penciptaan, tidak ada tanpa perasaan, dan tidak ada tanpa tujuan.

31 MOTIVASI PENCIPTAAN Kasih ada di sana, pada permulaan pekan penciptaan. Kasihlah yang memotivasi penciptaan, dan kasih akan tetap ada ketika ciptaan yang sudah rusak ini diciptakan kembali.

32 DISKUSIKAN Cobalah renungkan mengenai keindahan dan keajaiban alam ciptaan Tuhan ini, masih dapatkah saudara melihat kasih Allah yang mengagumkan itu di dalamnya meskipun saat ini dunia ini sudah dicemari oleh dosa?

33 Black Pada Mulanya 3. Salib dan Pencipta (Yohanes 1:10,11 )

34 Yohanes 1:10,11 “Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal- Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

35 Pelajaran SSD, Rabu 11 Januari 2012 “...Satu-satunya cara untuk memahami salib, tentang perlunya Juruselamat untuk menebus umat manusia yang telah “jatuh” dari sesuatu, dan “kejatuhan” itu menimbulkan suatu kemerosotan, suatu proses kemunduran; itu artinya kita telah beranjak dari apa yang baik menuju sesuatu yang tidak baik.”

36 Janji indah apakah yang disebutkan Alkitab sehubungan dengan kejatuhan dan penciptaan kembali? Baca: Yesaya 63:17; Yesaya 66:2; 2 Petrus 3:13’ Wahyu 21:4

37 Umat Gereja MAHK melihat dunia ada dalam keadaan kesempurnaan atas kehendak Allah sang Pencipta yang penuh kasih dan baik hati—Tetapi kini dunia itu sudah dicemari oleh dosa. Kita menunggu Seorang penebus yang akan mengembalikannya kepada kesempurnaan aslinya.

38 Yang diperlukan Umat Kristen Seluruh umat Kristen menaruh pengharapan pada janji akan langit yang baru dan bumi yang baru, langit dan bumi tanpa pengrusakan yang telah dibawa dosa kepada satu dunia yang kita diami sekarang. Tanpa pengharapan itu, tanpa janji itu, kita tidak punya harapan sama sekali.

39 Apakah langit yang baru dan bumi yang baru akan diciptakan oleh kuasa perintah Ilahi? Bagaimanapun juga, jika Allah memilih menggunakan evolusi untuk pertama kalinya menciptakan dunia ini, mengapa Dia melakukan hal yang berbeda pada kedua kalinya? Jika ini pilihan-Nya pada penciptan semula, apakah itu tidak cukup baik untuk yang kedua? Kemustahilan dari ide bahwa Allah akan menggunakan evolusi untuk menciptakn kembali langit yang baru dan bumi yang bumi yang baru semakin membuktikan kemustahilan dari pendapat bahwa pada mulanya Dia telah menciptakan dunia dengan cara evolusi.

40 Tema yang tidak terpisahkan Tidak diragukan, Salib, Penebusan, dan janji tentang langit yang baru dan bumi yang baru merupakan tema yang tidak dapat dipisahkan dalam kitab Kejadian.

41 DISKUSIKAN Mengapa peran Kristus sebagai pencipta dan Penebus tidak terpisahkan? Dengan cara apakah rencana penebusan bergantung pada kebenaran literal dari kisah penciptaan yang dicatat dalam Kitab kejadian?

42 Komentar Ellen White tentang Evolusi “Itu adalah jenis ketidaksetiaan yang terburuk; karena meskipun banyak yang mengaku mempercayai catatan tentang penciptaan, itu adalah ketidaksetiaan dengan sembunyi-sembunyi.” The Sign of the Times, 20 Maret 1879.

43 KUTIPAN ROH NUBUAT “Jika kita mau mendengar, segala ciptaan Tuhan akan mengajarkan kepada kita pelajaran-pelajaran penurutan dan pengharapan yang berharga...Dan Allah memelihara serta menjaga segala sesuatu yang dijadikan-Nya/” Ellen G. White, Kebahagiaan Sejati, hlm, 96

44 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Kepercayaan terhadap kisah penciptaan Alkitabiah tidak hanya mempengaruhi penerimaan kita akan Allah Pencipta yang Maha Kuasa tetapi juga berdampak pada pemahaman kita tentang Sabat, salib, kebangkitan, dan banyak lagi doktrin lainnya Sudah seharusnya ebagai orang Kristen saya tidak terpengaruh kepada ajaran Evolusi yang merupakan ajaran yang sifatnya bertentangan dengan kebenaran Alkitab dan menghina Allah Saya lemah dan kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya berusaha untuk lebih mengasihi Tuhan yang adalah pencipta dan penebus saya yang penuh kasih. Saya akan lebih setia dan mencintai Dia dalam segala aspek hidup saya

45 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google