Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGATASI PELECEHAN Gloria Trotman, PhD Pdt.Jansen Trotman Divisi Inter Amerika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGATASI PELECEHAN Gloria Trotman, PhD Pdt.Jansen Trotman Divisi Inter Amerika."— Transcript presentasi:

1 MENGATASI PELECEHAN Gloria Trotman, PhD Pdt.Jansen Trotman Divisi Inter Amerika

2 Definisi  Kekerasan dan pelecehan domestik, (juga disebut sebagai kekerasan pasangan) terjadi apabila seseorang dengan sengaja menyebabkan bahaya fisik atau mental kepada pasangannya. Hal ini termasuk pelecehan fisik dan psikologi, kekerasan seksual, isolasi atau pengendalian terhadap uang dan rumah korban, dll.

3 Siapapun bisa jadi pelaku pelecehan jika...  Anda mengalami pelecehan waktu masa kecil.  Anda menyaksikan kekerasan/pelecehan ketika sedang bertumbuh dewasa  Anda menjadi substansi pelaku pelecehan

4 Siapapun bisa jadi pelaku pelecehan jika...  Anda dibesarkan di dalam sebuah rumah dimana para wanita dianggap lebih lemah dan para pria diajarkan bahwa mereka memiliki hak dan otoritas untuk mendominasi wanita.  Anda mengalami stress berat dan tidak memiliki keahlian mendidikn anak.  Anda menderita karena kekurangan empati

5 Siapapun bisa jadi korban pelecehan jika…  Anda berasal dari keluarga yang pernah merasakan pelecehan.  Anda mengalami pelecehan ketika masi kanak-kanak  Anda memiliki beberapa kepercayaan/sikap yang membuat anda mudah menjadi korban.  Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah.

6 Siapapun bisa jadi korban pelecehan jika…  Anda sangat membutuhkan penerimaan.  Anda telah menjadi korban sebelumnya.  Anda terisolasi dari keluarga/sahabat.  Anda dikendalikan, diancam, dipersalahkan, dikritik, oleh pelaku pelecehan.

7 Kategori-Kategori Utama dari Pelecehan  Pelecehan fisik melibatkan tindakan agresif terhadap tubuh korban seperti: mendorong, mencubit, meludah, menendang, dll.  Pelecehan psikologi (emosional) termasuk, kritikan kasar secara terus menerus, mengecilkan, merendahakan, dan meremehkan. Ini dapat juga termasuk ancaman secara verbal, kemarahan yang terus berlanjut.

8 Kategori-Kategori Utama dari Pelecehan  Pelecehan seksual mengacu kepada menyentuh secara tidak pantas, meraba-raba, serta kata-kata; hubungan seks antar sesame anggota keluarga, penganiayaan, pemerkosaan, menjilat bagian kemaluan, atau meraba-raba buah dada atau kemaluan; memaksa korban untuk menyentuh tubuh sang pelaku kejahatan.

9 Pelecehan Orang Tua Secara Fisik  Mengabaikan orang uta  Mengisolasi orang tua dari teman-temannya atau dari kegiatan-kegiatan  Meneror atau mengancam orang tua.  Pengabaian atau penelantaran dari perawat orang tau  Eksploitasi finansial

10 Membuntuti/Menguntit  “Segala jenis kontak yang tidak diinginkan antara pelaku pembuntutan dan korba, yang secara langsung maupun tidak langsung mengkomunikasikan ancaman, atau membuat korban menjadi takut.” National Center for Victims of Crime Stalking.  Lebih dari 3 juta wanita Amerika (usia tahun), dibuntuti setiap tahunnya.. Chicago Tribune.

11 Kekerasan dalam Kencan  Sekitar satu dari 11 remaja melaporkan bahwa mereka menjadi korban pelecehan fisik dalam kencan setiap tahunnya.  Sekitar satu dari empat remaja melaporkan pelecehan verbal, fisik, emosional setiap tahunnya.  Kemunculan keseluruhan dari kekerasan dalam kencan lebih tinggi pada orang kulit hitam (13,9%) dibandingkan orang latin (9,3%) atau kulit putih (7.0%).

12 Langkah-Langkah Pemulihan Korban  Minta pertolongan. Cari dokter  Pergi kepada counselor.  Menjauh dari para pelaku kejahatan.  Perhatikan pola makan, olahraga, tidur dan pelajari Alkitab.

13  Menjauh dari anak-anak dan orang-orang yang memungkinkan menjadi korban.  Diet, olahrga dan tidur yang cukup  Mencari teman – seseorang yang dapat dipercaya  Jujur dengan diri sendiri Langkah-Langkah Pemulihan Pelaku Kejahatan

14  Mendapatkan konseling.  Mempelajari Alkitab, menghadiri gereja secara regular dan berdoa “tanpa berkesudahan.”

15 Langkah-Langkah Pemulihan Pelaku Kejahatan  Hindari seluruh materi (musik, film, internet, dll) yang berhubungan dengan kekerasan/pelecehan.  Berhati-hati dalam memilih teman.  Bersandar pada kuasa Tuhan. Fil 4:13  Ingat bahwa Tuhan mampu untuk menjaga anda. Yudas 24.

16 Peran Apa Yang Harus Dimainkan Oleh Gereja?  Pendidikan dalam gereja, termasuk orang tua dan anak- anak  Menyeleksi para sukarelawan yang bekerja dengan anak- anak  Peraturan-peraturan penjagaan untuk anak-anak

17 Peran Apa Yang Harus Dimainkan Oleh Gereja?  Melaporkan segala jenis pelecehan  Berhubungan dengan pelaku kejahatan  Pembelaan bagi seluruh korban  Konseling  Faham dengan pernyataan resmi GMAHK mengenai kekerasan

18 Bagaimana Cara Gereja Menolong Korban?  Mengajar para korban bahwa TIDAK MASALAH untuk mengakui adanya masalah dan menghadapi kebenaran..  Mengajar para korban untuk mengidentifikasi dan mengendalikan emosi mereka.  Mengajar para korban untuk mengidentifikasi dan mengendalikan perasaan malu mereka.

19 Bagaimana Cara Gereja Menolong Korban?  Mengajari para korban untuk menempatkan kesalahan kepada pihak yang seharusnya yaitu pada pelaku kejahatan.  Mengajari mereka untuk menjauh dari para pelaku kejatahan dan mengenali sitausi-situasi berbahaya.

20 Bagaimana Cara Gereja Menolong Korban?  Mempersiapkan para korban untuk keluar dari hubungan yang berisikan pelecehan.  Mengajar para korban untuk membuat batasan-batasan.  Menyediakan konseling.  Mendorong para korban untuk menuntut janji Tuhan akan kekuatan di masa depan.

21 Bagaimana Gereja Dapat Menolong Pelaku Kejahatan?  Mengajar dia untuk mengakui tingkah lakunya, dan menerima hukuman yang pantas baginya.  Menjauhkan dia dari kegiatan-kegiatan yang melibatkan bekerja dengan orang-orang yang mungkin bisa menjadi korban.

22 Bagaimana Gereja Dapat Menolong Pelaku Kejahatan?  Menyediakan konseling. Ini merupakan salah satu kontribusi yang paling penting yang bisa diberikan oleh gereja kepada para korban dan para pelaku kejahatan.

23 Bagaimana Gereja Dapat Menolong Pelaku Kejahatan?  Mengajar pentingnya menutup diri dari segala jenis materi pornografi dan kekerasan.  Menyatakan Tuhan sebagai Tuhan yang maha pengampun, dan desak mereka untuk mengaku dosa kepada Tuhan.  Mendorong para pelaku untuk bergabung dengan kelompok pendukung.

24 Harapan Untuk Semua…  Mengajar para korban untuk menerima kuasa pemulihan Tuhan, dan membuat keputusan untuk menikmati kehidupan yang diperbaharui.

25 “Bukalah mulutmu untuk orang yang bisu, untuk hak semua orang yang merana.” Amsal 31:8

26 KESIMPULAN  Ketika kita senang bekerja bersama dan untuk koreban pelecehan dan terluka seperti Yesus, maka kita cocok untuk Surga, dan kita akan memiliki hati surgawi.  Ketika kita menolong anak-anak Tuhan yang paling hine, maka kita benar-benar menolong Tuhan, dan Tuhan akan selalu mengingatNya.

27 Gloria Trotman, PhD Pdt. Jansen Trotman Divisi Inter Amerika


Download ppt "MENGATASI PELECEHAN Gloria Trotman, PhD Pdt.Jansen Trotman Divisi Inter Amerika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google