Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tia Wulandari (0901077). Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada tingkat harga dan waktu tertentu Hukum permintaan berbunyi, “semakin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tia Wulandari (0901077). Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada tingkat harga dan waktu tertentu Hukum permintaan berbunyi, “semakin."— Transcript presentasi:

1 Tia Wulandari ( )

2 Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada tingkat harga dan waktu tertentu Hukum permintaan berbunyi, “semakin tinggi harga suatu barang/jasa akan semakin sedikit jumlah permintaan terhadap barang/jasa tersebut, dan sebaliknya semakin rendah harganya akan semakin banyak jumlah permintaan atas barang/jasa tersebut”

3 Tabel permintaan adalah daftar angka-angka yang menggambarkan hubungan jumlah permintaan suatu barang atau jasa dengan harganya KondisiHarga (Rp)Jumlah Permintaan (Kg) A7.500,0030 B7.000,0040 C6.500,0050 D6.000,0060 E5.000,0075

4 Macam-macam permintaan Permintaan Berdasarkan Daya Beli Berdasarkan daya beli konsumen, permintaan dibagi dalam tiga kelompok berikut 1. Permintaan absolut, yaitu permintaan yang tidak didukung oleh daya beli. Permintaan jenis ini lebih merupakan angan-angan. Contoh Mas Hadi seorang buruh bangunan pendapatannya tidak tentu. Ia akan memperoleh pendapatan apabila ada orang yang memberikan pekerjaan kepadanya. Ia memiliki keinginan untuk membeli sepeda motor. Permintaan mas hadi terhadap sepeda motor ini ternyata tidak didukung kemampuan keuangan yang dimilikinya. Karena itu, keinginan tersebut hanya berupa angan- angan.

5 2. Permintaan potensial, yaitu permintaan yang didukung daya beli tetapi belum dilaksanakan. Contoh: Pak Dadang seorang guru SMP, istrinya bekerja sebagai guru SD. Pendapatan berdua setiap bulan sebesar Rp ,00. Pak Dadang sudah memiliki uang untuk membeli seperangkat komputer tetapi belum mempunyai keinginan untuk membeli pada saat itu. 3. Permintaan efektif, yaitu permintaan terhadap barang atau jasa yang dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimiliki. Contoh Bu Nita seorang karyawati sebuah bank. Pendapatannya setiap bulan mencapai Rp ,00. Bu Nita mempunyai keinginan untuk membeli mobil seharga Rp ,00. Ia memiliki saldo tabungan di bank sebesar Rp ,00. Permintaan Bu Nita terhadap mobil menunjukkan permintaan yang didukung kemampuan untuk membeli (berdaya beli)

6 Permintaan Berdasarkan Jumlah konsumen Berdasarkan jumlah konsumen, permintaan dibagi dalam dua golongan 1. Permintaan individu, yaitu permintaan terhadap sejumlah barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang dilakukan oleh individu konsumen. Contoh : permintaan buku tulis 2. Permintan pasar, yaitu permintaan terhadap sejumlah barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang dilakukan oleh sekelompok konsumen. Permintaan pasar ditentukan dengan cara menjumlahkan barang yang dibeli oleh setiap individu.

7 Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan Harga barang itu sendiri Pendapatan masyarakat Selera masyarakat Kualitas barang yang bersangkutan Harga barang lain yang berkaitan Waktu Jumlah penduduk Ramalan masa depan

8 Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang akan dijual pada tingkay harga dan waktu tertentu. Hukum penawaran berbunyi “semakin rendah harga suatu barang/jasa akan semakin sedikit jumlah brang/jasa tersebut ditawarkan, dan sebaliknya semakin tinggi harga suatu barang /jasa akan semakin besar jumlah barang/jasa tersebut ”

9 Tabel penawaran adalah daftar angka-angka yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang/jasa yang ditawarkan dengan harganya. KondisiHarga (Rp)Jumlah penawaran (Kg) A5.000,0030 B6.000,0040 C6.500,0050 D7.000,0060 E7.500,0075

10 Biaya produksi Tingkat teknologi Harga barang lainTujuan perusahaan Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran

11 Harga pasar Pengertian harga pasar adalah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli yang tercipta melalui proses tawar menawar.

12 Macam-macam harga Harga pasar yaitu harga yang disepakati oleh penjual dengan pembeli pada saat terjadi transaksi jual beli Harga beli yaitu harga barang pada saat barang itu dibeli. Harga perolehan yaitu harga beli ditambah dengan biaya sampai dengan barang tersebut dapat digunakan. Harga pokok penjualan (HPP) yaitu harga barang atau jasa yang terjual berdasarkan harga perolehannya. HPP disebut juga harga dasar barang hasil produksi

13 Harga jual yaitu harga pokok penjualan setelah ditambah dengan laba yang diinginkan dengan penjualan lainnya Harga yang ditetapkan pemerintah. 1. Floor price adalah harga terendah bagi suatu komoditi yang dijual produsen di mana besarannya lebih tinggi dari harga pasar 2. Ceiling price adalah harga tertinggi bagi suatu komoditi yang dijual produsen di mana besarannya lebih rendah dari harga pasar.


Download ppt "Tia Wulandari (0901077). Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada tingkat harga dan waktu tertentu Hukum permintaan berbunyi, “semakin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google