Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan apabila harga mengalami penurunan maka jumlah permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan apabila harga mengalami penurunan maka jumlah permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga."— Transcript presentasi:

1

2

3 Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan apabila harga mengalami penurunan maka jumlah permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga mengalami kenaikan maka jumlah permintaan akan turun/ berkurang. Sepertinya dalil hukum permintaan itu tidak berlaku pada saat bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri. Meskipun harga-harga melangit, masyarakat tetap bersemangat untuk mencukupi kebutuhannya, terutama kebutuhan pangan.Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan apabila harga mengalami penurunan maka jumlah permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga mengalami kenaikan maka jumlah permintaan akan turun/ berkurang. Sepertinya dalil hukum permintaan itu tidak berlaku pada saat bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri. Meskipun harga-harga melangit, masyarakat tetap bersemangat untuk mencukupi kebutuhannya, terutama kebutuhan pangan.

4 Lanjutan Gambar 4.1 Harga kebutuhan pokok semakin mahal Sumber: Dokumen Cakra Media Kondisi ini dianggap hal yang wajar bagi para pedagang bahan kebutuhan pokok. Contohnya, Ngatini pedagang sayur mayur di Pasar Inpres Kramat Jati, Jakarta Timur. Ia mengungkapkan sejak memasuki bulan puasa harga sayur mayur sudah mulai meningkat, terutama cabai rawit merah harganya saat ini sudah mencapai Rp16.000,00 per kilogram, sebelumnya hanya berkisar Rp8.000,00 per kilogramnya.

5 Namun, untuk harga bawang merah per kilogramnya masih termasuk normal, berkisar Rp6.000,00 per kilogram. Secara umum sayur mayur memang naik, mungkin karena musim kering tidak ada hujan, tapi kalau bawang justru malah murah, sebab kalau hujan hasilnya malah kurang baik, banyak yang busuk, ujar wanita yang sudah puluhan tahun menjadi tukang sayur itu.Namun, untuk harga bawang merah per kilogramnya masih termasuk normal, berkisar Rp6.000,00 per kilogram. Secara umum sayur mayur memang naik, mungkin karena musim kering tidak ada hujan, tapi kalau bawang justru malah murah, sebab kalau hujan hasilnya malah kurang baik, banyak yang busuk, ujar wanita yang sudah puluhan tahun menjadi tukang sayur itu. Lanjutan

6 Ngatini melanjutkan, bahwa kenaikan yang paling signifikan pada bulan Ramadan saat ini terjadi pada harga jeruk nipis dari Rp4.000,00 per kilogram menjadi Rp10.000,00, sedangkan untuk wortel dan timun, meski harganya naik, kenaikannya hanya sedikit. Ia mengaku, situasi pembeli yang tidak menentu saat ini, mengakibatkan dagangannya terkadang tidak habis terjual.Ngatini melanjutkan, bahwa kenaikan yang paling signifikan pada bulan Ramadan saat ini terjadi pada harga jeruk nipis dari Rp4.000,00 per kilogram menjadi Rp10.000,00, sedangkan untuk wortel dan timun, meski harganya naik, kenaikannya hanya sedikit. Ia mengaku, situasi pembeli yang tidak menentu saat ini, mengakibatkan dagangannya terkadang tidak habis terjual. lanjutan

7 Video

8 Tujuan Pembelajaran Materi Latihan Soal

9 Pengertian Faktor - faktor Kurva Hukum dan asumsi

10 PERMINTAAN PENGERTIAN PERMINTAAN HUKUM PERMINTAAN PENAWARAN PENGERTIAN PENAWARAN HUKUM PENAWARAN

11

12 Pengertian Permintaan Permintaan adalah jumlah produk (baik barang maupun jasa) yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu tertentu.Permintaan adalah jumlah produk (baik barang maupun jasa) yang diinginkan konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka waktu tertentu.

13 Permintaan absolut Permintaan efektif Permintaan potensial adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli, tetapi lebih merupakan angan-angan. Setiap orang dapat dipastikan mempunyai permintaan absolut. adalah permintaan yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimiliki. Artinya, permintaan yang didukung daya beli, tetapi belum dilaksanakan. adalah permintaan terhadap barang atau jasa yang dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimiliki.

14 Faktor- faktor Permintaan Harga barang itu sendiri Populasi penduduk Pendapatan masyarakat Perubahan harga barang Selera konsumen Adanya barang pengganti Tingkat kebutuhan terhadap suatu macam barang Mode (trend)

15 Hukum permintaan menyatakan bahwa antara harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Artinya, jika harga naik, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta turun, dan sebaliknya jika harga turun, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain dianggap konstan. Contoh konkret dari Hukum Permintaan adalah ketika harga telepon selular semakin lama semakin murah maka permintaan akan barang tersebut meningkat secara signifikan.Contoh konkret dari Hukum Permintaan adalah ketika harga telepon selular semakin lama semakin murah maka permintaan akan barang tersebut meningkat secara signifikan.

16 Kurva BergerakKurva Bergeser

17

18 Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per tahun).

19 Macam-macam penawaran adalah penawaran yang datang dari seorang produsen (penjual) terhadap barang yang akan dijualnya kepada konsumen. Penawaran perseorangan (individu), adalah penawaran yang berasal dari beberapa penjual (produsen) yang akan menjual barang kebutuhan untuk konsumen. Penawaran kolektif (bersama),

20 Hal-hal yang memengaruhi penawaran Harga Harapan masa depan tingkat persaingan laba Tingkat teknologi Biaya input

21

22 Contoh berlakunya hukum penawaran adalah ketika petani sedang panen raya, harga barang yang dipanen tersebut akan jatuh. Sama seperti pada permintaan, jika faktor harga memengaruhi penawaran, hal itu akan menyebabkan kurva penawaran bergerak. Namun, jika faktor lain yang memengaruhi penawaran, akan menyebabkan kurva penawaran bergeser.

23 Contoh Pergerakan kurva Penawaran

24

25 Latihan Soal 1. Jumlah barang atau jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu disebut.... a. penawaran b. permintaan c. hukum permintaan d. hukum penawaran e. harga pasar 2. Permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli, tetapi belum melakukan transaksi disebut permintaan.... a. selektif d. absolut b. pasar e. potensial c. efektif 3. Faktor utama yang memengaruhi bergeraknya kurva permintaan barang dan jasa adalah tingkat.... a. harga barang itu sendiri b. pendapatan c. selera konsumen d. biaya produksi e. kemajuan teknologi

26 4. Sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu disebut.... a. permintaan b. penawaran c. hukum permintaan d. hukum penawaran e. harga pasar 5. Berikut yang bukan merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah.... a. biaya produksi d. tujuan perusahaan b. harga barang itu sendiri e. tingkat teknologi c. tingkat persaingan 6. Hukum permintaan berbanding terbalik dengan harga, artinya.... a. jika harga naik, permintaan turun b. jika harga naik, permintaan naik c. jika harga naik, penawaran tetap d. jika harga turun, permintaan tetap e. jika harga turun, permintaan stabil

27 Selesaikanlah soal-soal berikut ini! 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan permintaan, penawaran, dan harga pasar? 2. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran! 3. Mengapa adanya barang pengganti berpengaruh terhadap besar kecilnya permintaan?

28 Selamat Mengerjakan

29 SEKIAN wassalam


Download ppt "Hukum permintaan dalam ekonomi menyebutkan apabila harga mengalami penurunan maka jumlah permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google