Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dwi Hurriyati, S.Psi., M.Si..  Tata Ruang Kantor, adalah Penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara rinci dari ruang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dwi Hurriyati, S.Psi., M.Si..  Tata Ruang Kantor, adalah Penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara rinci dari ruang."— Transcript presentasi:

1 Dwi Hurriyati, S.Psi., M.Si.

2  Tata Ruang Kantor, adalah Penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara rinci dari ruang tersebut untuk menyiapkan suatu susunan praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak. (George R. Terry, 2006)

3 1. Mencegah penghamburan tenaga kerja dan waktu pegawai. 2. Menjamin kelancaran proses pekerjaan. 3. Memungkinkan pemakaian ruang kerja agar lebih efisien. 4. Mencegah pegawai dibagian lain terganggu oleh publik. 5. Menciptakan kenyaman kerja pegawai. 6. Memberi kesan yg baik terhadap pengunjung kantor. 7. Mengusahakan adanya keleluasaan.

4 1. Mengetahui hubungan satuan kerja yg melaksanakan tata usaha dengan satuan kerja lainnya. 2. Mengetahui sifat pekerjaan dan mempelajari segenap pekerjaan, menentukan urutan pekerjaan, serta mengetahui jumlah pegawai yg terlibat. 3. Membuat gambar/denah ruangan dg memakai skala. 4. Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. 5. Menyusun denah konsep tata ruang kantor, dengan memperhitungkan kemungkinan perubahan.

5 1. Tata ruang kantor berkamar (cubicle type offices) Yaitu, ruangan untuk bekerja yang dipisah atau dibagi dalam kamar atau ruang kerja.

6  Keuntungan tata ruang kantor berkamar :  Menjamin konsentrasi kerja  Menjamin pekerjaan yg bersifat rahasia  Menambah atau menjaga, status pimpinan sehingga selalu terpelihara adanya kewibawaan  Menjamin keberhasilan kerja dan merasa ikut bertanggung jawab serta merasa merasa ikut memiliki

7  Kerugian tata ruang kantor berkamar :  Komunikasi langsung antar pegawai tidak dapat lancar, sehingga kesempatan untuk mengadakan komunikasi menjadi berkurang.  Diperlukan biaya yang besar  Pemakaian ruangan kurang luwes apabila ada perubahan dan perkembangan organisasi.  Mempersulit pengawasan.  Memerlukan banyak luas lantai

8 2. Tata Ruang Kantor Terbuka (open plan offices) Yaitu, ruang kerja yang cukup luas,ditempati oleh beberapa pegawai untuk bekerja sama di ruang termaksud tanpa dipisah oleh penyekat/pembatas yang permanen.

9  Keuntungan tata ruang kantor terbuka  Mudah dalam pengawasan, pengaturan cahaya,udara,warna dan dekorasi.  Luwes/fleksibel apabila diperlukan perubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi.  Mudah untuk mengadakan hubungan langsung, pengawasanm penyeragaman kerja dan pembagian peralatan kerja.  Biaya lebih hemat untuk pemeliharaan ruang kerja, penggunaankelengkapan ruangan dan peralatan, penggunaan telepon dan lain-lain.

10  Kerugian tata ruang kantor terbuka :  Kegaduhan/kebisingan  Sulit untuk berkonsetrasi  Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak jelas.  Pekerjaan yang bersifat rahasia sulit dilakukan.  Kemungkinan nampak adanya tumpukan berkas/kertas dan peralatan kerja yang berserakan.

11 3. Tata Ruang Kantor Berhias/Bertaman/ Berpanorama (Landscape offices) Yaitu, ruang kerja yang dihiasi oleh taman, dekorasi dan lainnya.

12  Kerugian tata ruang kantor berhias/ bertaman/ berpanorama :  Biaya cukup tinggi  Biaya pemeliharaan tinggi  Memerlukan tenaga ahli yang tidak mudah dan tidak murah.

13 4. Tata Ruang Kantor Gabungan Yaitu, ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuk ruang kantor berkamar kerja, terbuka dan bertaman hias.


Download ppt "Dwi Hurriyati, S.Psi., M.Si..  Tata Ruang Kantor, adalah Penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara rinci dari ruang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google