Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KESEHATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS dr.Sudadi Hirawan MS, SpOk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KESEHATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS dr.Sudadi Hirawan MS, SpOk."— Transcript presentasi:

1 KESEHATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS dr.Sudadi Hirawan MS, SpOk

2 ISTILAH PRODUKTIF Menghasilkan keluaran, produk berupa barang atau jasa. PRODUKTIVITAS Perbandingan (rasio) antara hasil (keluaran) dengan masukan(pengorbanan). Produktivitas dikatakan meningkat apabila angka rasio itu makin besar.

3 FALSAFAH EKAPRAYA (STAKEHOLDERS PHYLOSOPHY) Falsafah yang menghendaki semua pihak yang terkait, sekepentingan akan mendapatkan perhatian dan pertimbangan yang sama agar mereka “meluhandarbeni”, bersedia digerakkan dengan serentak.

4 GBHN PRIORITAS PEMBANGUNAN SEKTOR INDUSTRI SDM

5 PRODUKTIVITAS

6 Produktivitas meningkat apabila : 1. Volume/kuantitas keluaran bertambah besar, tanpa menambah jumlah masukan 2. Volume/kuantitas keluaran tidak bertambah, akan tetapi masukannya berkurang. 3. Volume/kuantitas keluaran bertambah besar sedang masukannya juga berkurang 4. Jumlah masukan bertambah, asalkan volume/kuantitas keluaran bertambah berlipat ganda.

7 Kesehatan Kerja. Spesialisasi dalam ilmu kedokteran yang bertujuan agar pekerja / masyarakat pekerja mempunyai derajat kesehatan setinggi- tingginya, baik fisik atau mental maupun social dengan usaha-usaha preventif dan kuratif, terhadap penyakit/gangguan kesehatan yang diakibatkan faktor-faktor pekerjaan dan lingkungan kerja, serta terhadap penyakit-penyakit umum.

8 Produktivitas Sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan hari ini adalah lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.

9 Produktivitas diukur: Perbandingan antara hasil yang dicapai dan peran serta tenaga kerja per satuan waktu.

10 Keturunan Lingkungan Pelayanan Kesehatan Pendidikan Derajat kesehatan

11 Beban kerja Kapasitas kerja Produktivitas Hubungan Manusia Dan Alat Lingkungan Kerja

12 TUJUAN KESEHATAN KERJA Pencegahan dan pemberantasanpenyakit dan kecelakaan akibat kerja Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan dan gizi tenaga kerja Mempertinggi effisiensi dan daya produktivitas tenaga kerja Melindungi masyarakatdari pencemaran.

13 LINGKUNGAN KERJA Tekanan panas Penerangan di tempat kerja Debu di ruang kerja Sikap badan Penserasian manusia dan mesin

14 BIAYA KURATIF AKIBAT KECELAKAAN KERJA JAUH LEBIH MAHAL DIBANDINGKAN DENGAN BIAYA PENCEGAHAN.

15 KONDISI KONDISI KESEHATAN YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA PRODUKTIVITAS KERJA. 1. Penyakit umum Penyakit infeksi, misalnya ISPA 2. Penyakit akibat kerja Pneumokoniosis Dermatosis akibat kerja Keracunan 3. Keadaan Gizi 4. Lingkungan kerja yang buruk

16 5. Ergonomi yang kurang baik 6. Psikologis tenaga kerja 7. Fasilitas kesehatan 8. Implementasi UU Hygiene & Sanitasi

17 USAHA USAHA UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN KERJA Pembinaan ahli Hygiene perusahaan dan Kesehatan kerja dengan lembaga Nasional Hygiene perusahaan dan kesehatan kerja. Pembinaan ahli tenaga kesehatan ditingkat Perusahaan.

18 Pendidikan & training kepada pengusaha dan tenaga kerja tentang pentingnya kesehatan tenaga kerja dalam meningkatkan Produktivitas.

19 WAHANA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS 1. Studi kerja atau Penelitian Kerja atau Telaah Kerja (work study) yang intinya terbagi atas: a. Telaah metode, berupaya untuk meneliti metode yang sedang berjalan, kemudian menemukan metode baru yang lebih efektif untuk mencapai dan memperbesar keluaran.

20 b. Pengukuran kerja (work measurement), berupaya untuk mengetahui kecepatan kerja, kemudian menentukan prosedur untuk menerampilkan tenaga kerja agar mampu bekerja lebih cepat, jadi lebih efisien.

21 c. Sampel kegiatan atau percontohan kegiatan ( work sampling,activity sampling), berupaya untuk mengetahui persentase sewaktu yang produktif/aktif, dari tenaga kerja/mesin/perkakas, kemudian melakukan pembaharuan dalam pembagian tenaga kerja,dislokasi perkakas, penjadualan ulang mesin dan lain-lain agar waktu kerja mereka semakin efektif.

22 2. Keselamatan Kerja (Occupational safety). Berupaya meneliti situasi kerja, kemudian menemukan cara untuk menghindari, menghilangkan hal-hal yang dapat mengakibatkan kecelakaan. 3. Kesehatan Kerja (Occupational Health) Berupaya meneliti tentang kondisi kerja, kemudian menemukan cara untuk menghilangkan hal-hal yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan atau sakit pada tenaga kerja.

23 4. Keamanan lingkungan kerja.(Security) Berupaya meneliti dan memperbaiki segenap saran untuk menjaga jangan sampai terjadi musibah yang berupa kebakaran, kebanjiran, sambar petir, kebocoran listrik dan lain sebagainya. 5. Ergonomi Melakukan studi ilmiah mengenai perkaitan antara orang dengan lingkungan kerjanya (the scientific study of the relationship between man and his working environment)

24 Terima kasih


Download ppt "KESEHATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS dr.Sudadi Hirawan MS, SpOk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google