Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
UCD USER CENTERED DESIGN
2
Sasaran UCD Sasaran UCD “The practice of designing a product so that users can perform required operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of result” UCD
3
PERKEMBANGAN PENGOLAHAN DATA : UCD, USER CENTERED DESIGN
PENCARIAN INFORMASI : RCD, READER CENTERED DESIGN UCD
4
INTERAKSI THP SISTEM INFORMASI
INTERFACE LAYAR INTERFACE SISTEM STRATEGI INTERAKSI (CONTOH : SISTEM MENU) SISTEM DUKUNGAN HELP UCD
5
MODEL INTERAKSI USER FRIENDLY (PENGOLAHAN DATA)
READERS FRIENDLY (PENCARIAN INFORMASI) LEARNERS FRIENDLY (E-LEARNING) UCD
6
BEDA UCD DAN RCD UCD
7
DESAIN INTERFACE BUKAN HANYA SATU LAYAR TERMASUK KESELURUHAN SISTEM
UCD
8
FAKTOR YG MEMPENGARUHI INTERAKSI
STRATEGI INTERAKSI PROSES ORIENTED (LEBIH BAIK UTK PENGOLAHAN DATA) OBJECT ORIENTED (LEBIH BAIK UNTUK PENCARIAN INFORMASI) KEDUANYA BISA DIPAKAI SEBAIKNYA PILIH SEBUAH STRATEGI KOGNITIF DESAIN “SENI” NAVIGASI UCD
9
FAKTOR DESAIN DESAIN PENGOLAHAN DATA DESAIN PENCARIAN INFORMASI
TUGAS ORIENTED KOGNITIF : VARIATIF SENI : VARIATIF DESAIN PENCARIAN INFORMASI INFORMASI/CONTENT ORIENTED UCD
10
Pendahuluan Perancangan berbasis pengguna (User Centered Design = UCD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan yang telah beberapa dekade ini menggunakan beberapa nama berbeda, seperti human factors engineering, ergonomics engineering, usability engineering, user engineering. UCD adalah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Perkembangan filosofi : sebelum pd 2, manusia menyesuaikan diri dengan mesin, setelah pd 2, mesin menyesuaikan diri dng manusia UCD
11
WUJUD INTERFACE PENUNTUN LANGKAH : STRATEGI
MENU TOP DOWN (COCOK UTK PD,PI) KEYWORD BOTTOM UP (COCOK UTK PI,PD) ORIENTASI PROSES/TUGAS ORIENTED (COCOK UTK PD,PI) OBJECT/INFORMASI ORIENTED (COCOK UTK PI,PD) BANTUAN PEMAHAMAN AKTIF CONTOH SIMULASI PASIF DOKUMEN OFFLINE DOKUMEN ON-LINE SIMULASI UCD
12
PENUNTUN LANGKAH PENGOLAHAN DATA PENCARIAN INFORMASI
TOP DOWN/TREE STUCTURE RUANG LINGKUP PENCARIAN TERBATAS KEDALAMAN PENCARIAN JANGAN TERLALU DALAM PENCARIAN INFORMASI BOOTOM UP/SISTEM KEYWORD RUANG LINGKUP PENCARIAN LUAS KEDALAMAN PENCARIAN BISA AMAT DALAM UCD
13
STRATEGI INTERAKSI PENGOLAHAN DATA
PRIORITAS KEANDALAN/KEAMANAN KENYAMANAN/KEMUDAHAN INTERAKSI MELALUI “PROSES” TOP DOWN SISTEM MENU PADA SIM KONVENSIONAL TERTUTUP USER TAK DIBERI KESEMPATAN MEMASUKKAN DATA OPEN. HIERARKHI MENU BISA TERLALU DALAM, BILA KEMBALI “JAUH” UCD
14
MENU YANG BERORIENTASI TUGAS
UCD
15
MENU YANG BERORIENTASI TUGAS
UCD
16
WINDOWS PADA DASARNYA “TUGAS ORIENTED” (KRN UTK PENGOLAHAN DATA ORGANISASI/PRIBADI) ADA TAMBAHAN “OBJECT” ORIENTED ADA TAMBAHAN “SHORTCUT” UCD
17
MENU WINDOWS UCD
18
SISTEM TREE DI APLIKASI MS OFFICE
TASK POKOK FILE EDIT VIEW ENHANCEMENT INSERT FORMAT FASILITAS ALAT TAMBAHAN FASILITAS KHUSUS UTK SOFTWARE YBS WINDOWING HELP DIBANTU IKON UNTUK MEMPERCEPAT KERJA/SHORTCUT UCD
19
FASILITAS SHORTCUT MEMPERCEPAT PROSES MEMPERMUDAH
MEMBUAT NYAMAN (DNG ADANYA IKON DLL) FASILITAS UTAMA ADA DI “START” UCD
20
INTERFACE WINDOWS XP SHORTCUT BOX “START”, KIRI BAWAH
INFO SETTING,JAM (KANAN BAWAH) UCD
21
SISTEM TREE WINDOWS XP KOTAK “SHORTCUT” KOTAK UTAMA SHUTDOWN
BUKA DOCUMENT BARU BUKA DOCUMENT LAMA SET PROGRAM ACCESS WINDOWS CATALOG WINDOWS UPDATE KOTAK UTAMA PILIH PROGRAM PILIH DOCUMEN SETTING SEARCH HELP DAN SUPPORT RUN SHUTDOWN UCD
22
STRATEGI INTERAKSI PENCARIAN INFORMASI
PRIORITAS KENYAMANAN/KEMUDAHAN KEANDALAN/KEAMANAN INTERAKSI MELALUI “DATA” BOTTOM UP/ OBJECT ORIENTED DENGAN CARA “KEYWORD” OPEN READER BOLEH MEMASUKKAN KEYWORD “APA SAJA” SISTEM MENU : KURANG DISUKAI KRN TERLALU DALAM (KASUS YAHOO) UCD
23
STRATEGI YAHOO VS GOOGLE
TREE MODEL AKHIRNYA : KOMPROMI GOOGLE FULL OBJECT/INFORMATION ORIENTED UCD
24
MENU FULL OBJECT /INFORMATION ORIENTED
UCD
25
MENU KOMPROMI/GABUNGAN
UCD
26
MENU KOMPROMI/GABUNGAN
UCD
27
Konsep UCD In user-centered design, the users are the center focus
Tujuan/sifat-sifat, konteks, dan lingkungan produk semua diturunkan dari pengalaman pengguna. Selanjutnya ditetapkan model pekerjaan pengguna yang akan didukung sistem. UCD
28
Principles of user-centered design lifecycle [J. Gould, 1995 ]
Pertama-tama fokus pada pengguna (User requirements) Perancangan terintegrasi (Prototyping) Dari awal berlanjut pada pengujian pengguna (Usability Measurement) Perancangan iterative (Spiral Model) UCD
29
Fokus awal pada pengguna
Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna – melalui interviews, surveys, dan partisipasi dalam workshop perancangan. Tujuan utama adalah untuk memahami kognisi, kelakuan, dan atitud pengguna serta karakteristik anthropometric Aktifitas utama mencakup pengambilan data, analisis dan integrasinya kedalam informasi perancangan dari pengguna tentang karakteristik tugas, lingkungan teknis dan organisasi. UCD
30
Integrative and iterative design
Iteratif? Sistem yang sedang dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dan ditest berulangkali berdasarkan hasil test kelakuan dari fungsi, antarmuka, sistem bantuan, dokumentasi pengguna, dan pendekatan pelatihannya. Integrative? Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan, rencana pelatihan, dokumentasi pengguna, dukungan teknis serta prosedur instalasi dan konfigurasi. UCD
31
Testing: pengukuran penggunaan produk secara empiris
Satu-satunya pendekatan yang sukses dalam perancangan produk yang berpusat pada pengguna adalah secara empiris. Dibutuhkan observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi umpan-balik yang cermat, wawasan pemecahan terhadap masalah yang ada, dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan. Umpan-balik yang berasal dari pengguna dikumpulkan secara langsung atau tidak langsung dari pengguna, dinyatakan dalam bentuk rekomendasi dan keputusan perancangan. UCD
32
UCD UCD adalah tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perancangan Pengguna – adalah orang yang akan menggunakan sistem. Dapat pengguna langsung yang biasa disebut pengguna akhir (end user) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan pekerjaannya, atau Pengguna tidak langsung yang mengguakannya untuk penggunaan yang lain, seperti system administrators, installers dan demonstrators. UCD
33
UCD Stakeholders – orang yang terpengaruh oleh sistem atau dapat mempengaruhi proses pengembangan, seperti staf pemasaran dan pembeli. Masukannya digunakan sebagai kekangan atau permintaan tambahan. Misalnya, staf pemasaran ingin agar sistem ditambah fungsi khusus yang oleh perusahaan lain ingin diimplementasikan. UCD
34
UCD Usability engineers, HCI – adalah orang yang mempunyai latar-belakang dalam psikologi dan dapat membantu dalam menetapkan panduan perancangan, menentukan konteks penggunaan dan melaksanakan wawancara kebutuhan penggunaan dan sesi pengujian. Technical Staff and software developers – adalah orang yang merinci spesifikasi fungsionalitas sistem dan mengembangkan use case model dan prototipe antarmukanya. UCD
35
Aturan dalam UCD Perspective: pengguna selalu benar. Jika terdapat masalah dalam penggunaan sistem, maka masalahnya ada pada sistem dan bukan pengguna. Installasi: Pengguna mempunyai hak untuk menginstall atau meng-uninstall perangkat lunak dan perangkat keras sistem secara mudah tanpa ada konsekuensi negatif. pemenuhan: pengguna mempunyai hak untuk sistem dapat bekerja persis seperti yang dijanjikan. UCD
36
Aturan dalam UCD Instruksi: pengguna mempunyai hak untuk menggunakan instruksi secara mudah (buku petunjuk, bantuan secara on-line atau kontekstual, pesan kesalahan) untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan terhindar dari masalah. Control: pengguna mempunyai hak untuk dapat mengontrol sistem dan mampu membuat sistem menanggapi terhadap permintaan yang diberikan. UCD
37
Aturan dalam UCD Umpanbalik: pengguna mempunyai hak terhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas, dapat dimengerti, dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai. Keterkaitan: pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua prasyarat yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik. UCD
38
Aturan dalam UCD Skope: pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem. Assistance: pengguna mempunyai hak untuk berkomunikasi dengan penyedia teknologi dan menerima pemikiran dan tanggapan yang membantu jika diperlukan. Usability: pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras dan bukan sebaliknya. Produk harus dapat digunakan secara alami dan intuitif. UCD
39
ISO 13407 – Standard proses UCD untuk sistem interaktif
Plan for human-centered design Understand and specify the context of use Produce design solutions Specify the user and organizational requirements Evaluate design against requirements System meets specified organizational, user and functional requirements? UCD
40
Rencana Proses Berpusat pada Pengguna
Langkah awal ini membutuhkan komitmen dari seluruh pihak yang terlibat dalam proses pengembangan terhadap filosofi UCD, dan untuk membuat rencana perancangan dengan cukup waktu dan kesempatan untuk digunakan dalam mendapatkan user requirements dan pengujiannya serta aspek teknis lain dalam pengembangan. Rencana perancangan adalah dokumen kerja yang pada awalnya dibuat dalam bentuk outline yang selanjutnya di tinjau kembali, dipelihara, dikembangkan dan diperbaharui selama proses perancangan dan pengembangan. UCD
41
Memahami dan menentukan konteks penggunaan
Karakteristik pengguna yang diharapkan. Pekerjaan yang akan dilakukan pengguna. Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global. Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori pengguna. Demikian pula karakteristik tugas yang mungkin mengganggu penggunaan dalam skenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja. UCD
42
Memahami dan menentukan konteks penggunaan
Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah operasional antara manusia dan sumberdaya teknologi. Tugas tidak boleh digambarkan hanya dalam bentuk fungsi atau sifat yang disediakan sistem. Lingkungan tempat pengguna akan menggunakan sistem. Sangat penting pada awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan user-test dalam lingkungan tersebut sebelum dilepaskan. Perlu juga diperhatikan karaktersitik yang relevan dengan lingkungan fisik dan sosial. UCD
43
Menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi
Pada hampir semua model pengembangan perangkat lunak, terdapat aktivitas utama dimana kebutuhan fungsional produk atau sistem ditentukan. Dalam UCD, penting untuk memperluas sktivitas ini untuk membuat pernyataan eksplisit dari kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal: UCD
44
Menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi
Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation; Kualitas dan isi tugas pengguna (termasuk alokasi tugasdiantara kategori pengguna yang berbeda) , sebagai contoh : apakah pelajar bertanggung jawab melakukan konfigurasi sistem seperti kenyamanan, keselamatan, kesehatan dan khususnya motivasi. UCD
45
Menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi
Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal transparansi aplikasi ke pengguna. Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara diantara kategori pengguna dan pihak ketiga yang relevan. Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan tujuan finansial. UCD
46
Solusi perancangan yg dihasilkan:
Dengan menggunakan pengetahuan yang ada (standards, contoh petunjuk sistem lain, dll) untuk mengembangkan suatu proposal solusi perancangan. Membuat solusi perancangan lebih kongkret(dengan mnggunakan simulasi, prototipe, dll. ). UCD
47
Solusi perancagan yg dihasilkan
Memperlihatkan prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas yang spesifik, dengan atau tanpa bantuan evaluator. Menggunakan umpan balik untuk perbaikan rancangan, Melakukan iterasi untuk mengulang proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi. UCD
48
Evaluasi perancangan terhadap kebutuhan pengguna
Formative: menyediakan umpanbalik yang dapat digunkan untuk memperbaiki rancangan Summative: melakukan penilaian apakah tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai. Apapun jenis evaluasi yang digunakan, penting untuk dipahami bahwa hasil evaluasi hanya bermakna dalam konteks dimana sistem diuji. Memantau penggunaan produk atau sistem dalam jangka panjang. Melaporkan hasil evaluasi UCD
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.