Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UCD 1 UCD USER CENTERED DESIGN. UCD 2 Sasaran UCD Sasaran UCD “The practice of designing a product so that users can perform required operation, service,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UCD 1 UCD USER CENTERED DESIGN. UCD 2 Sasaran UCD Sasaran UCD “The practice of designing a product so that users can perform required operation, service,"— Transcript presentasi:

1 UCD 1 UCD USER CENTERED DESIGN

2 UCD 2 Sasaran UCD Sasaran UCD “The practice of designing a product so that users can perform required operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of result”

3 UCD 3 PERKEMBANGAN PENGOLAHAN DATA : UCD, USER CENTERED DESIGN PENCARIAN INFORMASI : RCD, READER CENTERED DESIGN

4 UCD 4 INTERAKSI THP SISTEM INFORMASI INTERAKSI – INTERFACE LAYAR – INTERFACE SISTEM STRATEGI INTERAKSI (CONTOH : SISTEM MENU) SISTEM DUKUNGAN HELP

5 UCD 5 MODEL INTERAKSI USER FRIENDLY (PENGOLAHAN DATA) READERS FRIENDLY (PENCARIAN INFORMASI) LEARNERS FRIENDLY (E-LEARNING)

6 UCD 6 BEDA UCD DAN RCD

7 UCD 7 DESAIN INTERFACE BUKAN HANYA SATU LAYAR TERMASUK KESELURUHAN SISTEM

8 UCD 8 FAKTOR YG MEMPENGARUHI INTERAKSI STRATEGI INTERAKSI – PROSES ORIENTED (LEBIH BAIK UTK PENGOLAHAN DATA) – OBJECT ORIENTED (LEBIH BAIK UNTUK PENCARIAN INFORMASI) – KEDUANYA BISA DIPAKAI – SEBAIKNYA PILIH SEBUAH STRATEGI KOGNITIF DESAIN “SENI” NAVIGASI

9 UCD 9 FAKTOR DESAIN DESAIN PENGOLAHAN DATA – TUGAS ORIENTED – KOGNITIF : VARIATIF – SENI : VARIATIF DESAIN PENCARIAN INFORMASI – INFORMASI/CONTENT ORIENTED – KOGNITIF : VARIATIF – SENI : VARIATIF

10 UCD 10 Pendahuluan Perancangan berbasis pengguna (User Centered Design = UCD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan yang telah beberapa dekade ini menggunakan beberapa nama berbeda, seperti human factors engineering, ergonomics engineering, usability engineering, user engineering. UCD adalah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Perkembangan filosofi : sebelum pd 2, manusia menyesuaikan diri dengan mesin, setelah pd 2, mesin menyesuaikan diri dng manusia

11 UCD 11 WUJUD INTERFACE PENUNTUN LANGKAH : – STRATEGI MENU TOP DOWN (COCOK UTK PD,PI) KEYWORD BOTTOM UP (COCOK UTK PI,PD) – ORIENTASI PROSES/TUGAS ORIENTED (COCOK UTK PD,PI) OBJECT/INFORMASI ORIENTED (COCOK UTK PI,PD) BANTUAN PEMAHAMAN – AKTIF CONTOH SIMULASI – PASIF DOKUMEN OFFLINE DOKUMEN ON-LINE SIMULASI

12 UCD 12 PENUNTUN LANGKAH PENGOLAHAN DATA – TOP DOWN/TREE STUCTURE RUANG LINGKUP PENCARIAN TERBATAS KEDALAMAN PENCARIAN JANGAN TERLALU DALAM PENCARIAN INFORMASI – BOOTOM UP/SISTEM KEYWORD RUANG LINGKUP PENCARIAN LUAS KEDALAMAN PENCARIAN BISA AMAT DALAM

13 UCD 13 STRATEGI INTERAKSI PENGOLAHAN DATA PRIORITAS – KEANDALAN/KEAMANAN – KENYAMANAN/KEMUDAHAN INTERAKSI MELALUI “PROSES” TOP DOWN – SISTEM MENU PADA SIM KONVENSIONAL TERTUTUP – USER TAK DIBERI KESEMPATAN MEMASUKKAN DATA OPEN. HIERARKHI MENU BISA TERLALU DALAM, BILA KEMBALI “JAUH”

14 UCD 14 MENU YANG BERORIENTASI TUGAS

15 UCD 15 MENU YANG BERORIENTASI TUGAS

16 UCD 16 WINDOWS PADA DASARNYA “TUGAS ORIENTED” (KRN UTK PENGOLAHAN DATA ORGANISASI/PRIBADI) ADA TAMBAHAN “OBJECT” ORIENTED ADA TAMBAHAN “SHORTCUT”

17 UCD 17 MENU WINDOWS

18 UCD 18 SISTEM TREE DI APLIKASI MS OFFICE TASK POKOK – FILE – EDIT – VIEW ENHANCEMENT – INSERT – FORMAT FASILITAS ALAT TAMBAHAN FASILITAS KHUSUS UTK SOFTWARE YBS WINDOWING HELP DIBANTU IKON UNTUK MEMPERCEPAT KERJA/SHORTCUT

19 UCD 19 FASILITAS SHORTCUT MEMPERCEPAT PROSES MEMPERMUDAH MEMBUAT NYAMAN (DNG ADANYA IKON DLL) FASILITAS UTAMA ADA DI “START”

20 UCD 20 INTERFACE WINDOWS XP SHORTCUT BOX “START”, KIRI BAWAH INFO SETTING,JAM (KANAN BAWAH)

21 UCD 21 SISTEM TREE WINDOWS XP KOTAK “SHORTCUT” – BUKA DOCUMENT BARU – BUKA DOCUMENT LAMA – SET PROGRAM ACCESS – WINDOWS CATALOG – WINDOWS UPDATE KOTAK UTAMA – PILIH PROGRAM – PILIH DOCUMEN – SETTING – SEARCH – HELP DAN SUPPORT – RUN SHUTDOWN

22 UCD 22 STRATEGI INTERAKSI PENCARIAN INFORMASI PRIORITAS – KENYAMANAN/KEMUDAHAN – KEANDALAN/KEAMANAN INTERAKSI MELALUI “DATA” BOTTOM UP/ OBJECT ORIENTED – DENGAN CARA “KEYWORD” OPEN – READER BOLEH MEMASUKKAN KEYWORD “APA SAJA” SISTEM MENU : KURANG DISUKAI KRN TERLALU DALAM (KASUS YAHOO)

23 UCD 23 STRATEGI YAHOO VS GOOGLE YAHOO – TREE MODEL AKHIRNYA : KOMPROMI GOOGLE – FULL OBJECT/INFORMATION ORIENTED

24 UCD 24 MENU FULL OBJECT /INFORMATION ORIENTED

25 UCD 25 MENU KOMPROMI/GABUNGAN

26 UCD 26 MENU KOMPROMI/GABUNGAN

27 UCD 27 Konsep UCD In user-centered design, the users are the center focus Tujuan/sifat-sifat, konteks, dan lingkungan produk semua diturunkan dari pengalaman pengguna. Selanjutnya ditetapkan model pekerjaan pengguna yang akan didukung sistem.

28 UCD 28 Principles of user-centered design lifecycle [J. Gould, 1995 ] Pertama-tama fokus pada pengguna (User requirements) Perancangan terintegrasi (Prototyping) Dari awal berlanjut pada pengujian pengguna (Usability Measurement) Perancangan iterative (Spiral Model)

29 UCD 29 Fokus awal pada pengguna Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna – melalui interviews, surveys, dan partisipasi dalam workshop perancangan. Tujuan utama adalah untuk memahami kognisi, kelakuan, dan atitud pengguna serta karakteristik anthropometric Aktifitas utama mencakup pengambilan data, analisis dan integrasinya kedalam informasi perancangan dari pengguna tentang karakteristik tugas, lingkungan teknis dan organisasi.

30 UCD 30 Integrative and iterative design Iteratif? Sistem yang sedang dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dan ditest berulangkali berdasarkan hasil test kelakuan dari fungsi, antarmuka, sistem bantuan, dokumentasi pengguna, dan pendekatan pelatihannya. Integrative? Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan, rencana pelatihan, dokumentasi pengguna, dukungan teknis serta prosedur instalasi dan konfigurasi.

31 UCD 31 Testing: pengukuran penggunaan produk secara empiris - Satu-satunya pendekatan yang sukses dalam perancangan produk yang berpusat pada pengguna adalah secara empiris. - Dibutuhkan observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi umpan-balik yang cermat, wawasan pemecahan terhadap masalah yang ada, dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan. Umpan-balik yang berasal dari pengguna dikumpulkan secara langsung atau tidak langsung dari pengguna, dinyatakan dalam bentuk rekomendasi dan keputusan perancangan.

32 UCD 32 UCD UCD adalah tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perancangan Pengguna – adalah orang yang akan menggunakan sistem. Dapat pengguna langsung yang biasa disebut pengguna akhir (end user) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan pekerjaannya, atau Pengguna tidak langsung yang mengguakannya untuk penggunaan yang lain, seperti system administrators, installers dan demonstrators.

33 UCD 33 UCD Stakeholders – orang yang terpengaruh oleh sistem atau dapat mempengaruhi proses pengembangan, seperti staf pemasaran dan pembeli. Masukannya digunakan sebagai kekangan atau permintaan tambahan. Misalnya, staf pemasaran ingin agar sistem ditambah fungsi khusus yang oleh perusahaan lain ingin diimplementasikan.

34 UCD 34 UCD Usability engineers, HCI – adalah orang yang mempunyai latar-belakang dalam psikologi dan dapat membantu dalam menetapkan panduan perancangan, menentukan konteks penggunaan dan melaksanakan wawancara kebutuhan penggunaan dan sesi pengujian. Technical Staff and software developers – adalah orang yang merinci spesifikasi fungsionalitas sistem dan mengembangkan use case model dan prototipe antarmukanya.

35 UCD 35 Aturan dalam UCD 1. Perspective: pengguna selalu benar. Jika terdapat masalah dalam penggunaan sistem, maka masalahnya ada pada sistem dan bukan pengguna. 2. Installasi: Pengguna mempunyai hak untuk menginstall atau meng-uninstall perangkat lunak dan perangkat keras sistem secara mudah tanpa ada konsekuensi negatif. 3. pemenuhan: pengguna mempunyai hak untuk sistem dapat bekerja persis seperti yang dijanjikan.

36 UCD 36 Aturan dalam UCD 4. Instruksi: pengguna mempunyai hak untuk menggunakan instruksi secara mudah (buku petunjuk, bantuan secara on-line atau kontekstual, pesan kesalahan) untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan terhindar dari masalah. 5. Control: pengguna mempunyai hak untuk dapat mengontrol sistem dan mampu membuat sistem menanggapi terhadap permintaan yang diberikan.

37 UCD 37 Aturan dalam UCD 6. Umpanbalik: pengguna mempunyai hak terhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas, dapat dimengerti, dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai. 7. Keterkaitan: pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua prasyarat yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik.

38 UCD 38 Aturan dalam UCD 8. Skope: pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem. 9. Assistance: pengguna mempunyai hak untuk berkomunikasi dengan penyedia teknologi dan menerima pemikiran dan tanggapan yang membantu jika diperlukan. 10. Usability: pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras dan bukan sebaliknya. Produk harus dapat digunakan secara alami dan intuitif.

39 UCD 39 Plan for human- centered design Understand and specify the context of use Produce design solutions Specify the user and organizational requirements Evaluate design against requirements System meets specified organizational, user and functional requirements? ISO – Standard proses UCD untuk sistem interaktif

40 UCD 40 Rencana Proses Berpusat pada Pengguna Langkah awal ini membutuhkan komitmen dari seluruh pihak yang terlibat dalam proses pengembangan terhadap filosofi UCD, dan untuk membuat rencana perancangan dengan cukup waktu dan kesempatan untuk digunakan dalam mendapatkan user requirements dan pengujiannya serta aspek teknis lain dalam pengembangan. Rencana perancangan adalah dokumen kerja yang pada awalnya dibuat dalam bentuk outline yang selanjutnya di tinjau kembali, dipelihara, dikembangkan dan diperbaharui selama proses perancangan dan pengembangan.

41 UCD 41 Memahami dan menentukan konteks penggunaan Karakteristik pengguna yang diharapkan. Pekerjaan yang akan dilakukan pengguna. Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global. Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori pengguna. Demikian pula karakteristik tugas yang mungkin mengganggu penggunaan dalam skenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.

42 UCD 42 Memahami dan menentukan konteks penggunaan Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah operasional antara manusia dan sumberdaya teknologi. Tugas tidak boleh digambarkan hanya dalam bentuk fungsi atau sifat yang disediakan sistem. Lingkungan tempat pengguna akan menggunakan sistem. Sangat penting pada awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan user-test dalam lingkungan tersebut sebelum dilepaskan. Perlu juga diperhatikan karaktersitik yang relevan dengan lingkungan fisik dan sosial.

43 UCD 43 Menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi Pada hampir semua model pengembangan perangkat lunak, terdapat aktivitas utama dimana kebutuhan fungsional produk atau sistem ditentukan. Dalam UCD, penting untuk memperluas sktivitas ini untuk membuat pernyataan eksplisit dari kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal:

44 UCD 44 Menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi 1. Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation; 2. Kualitas dan isi tugas pengguna (termasuk alokasi tugasdiantara kategori pengguna yang berbeda), sebagai contoh : apakah pelajar bertanggung jawab melakukan konfigurasi sistem seperti kenyamanan, keselamatan, kesehatan dan khususnya motivasi.

45 UCD 45 Menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi 3. Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal transparansi aplikasi ke pengguna. 4. Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara diantara kategori pengguna dan pihak ketiga yang relevan. 5. Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan tujuan finansial.

46 UCD 46 Solusi perancangan yg dihasilkan: Dengan menggunakan pengetahuan yang ada (standards, contoh petunjuk sistem lain, dll) untuk mengembangkan suatu proposal solusi perancangan. Membuat solusi perancangan lebih kongkret(dengan mnggunakan simulasi, prototipe, dll. ).

47 UCD 47 Solusi perancagan yg dihasilkan o Memperlihatkan prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas yang spesifik, dengan atau tanpa bantuan evaluator. o Menggunakan umpan balik untuk perbaikan rancangan, o Melakukan iterasi untuk mengulang proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi.

48 UCD 48 Evaluasi perancangan terhadap kebutuhan pengguna Formative: menyediakan umpanbalik yang dapat digunkan untuk memperbaiki rancangan Summative: melakukan penilaian apakah tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai. Apapun jenis evaluasi yang digunakan, penting untuk dipahami bahwa hasil evaluasi hanya bermakna dalam konteks dimana sistem diuji. Memantau penggunaan produk atau sistem dalam jangka panjang. Melaporkan hasil evaluasi


Download ppt "UCD 1 UCD USER CENTERED DESIGN. UCD 2 Sasaran UCD Sasaran UCD “The practice of designing a product so that users can perform required operation, service,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google