Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA DALAM DUNIA TI DAN SDM YANG HANDAL. Pendahuluan Etika komunitas TI merupakan satu kepercayaan, keharusan Karena TI ibarat pisau bermata dua, legal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA DALAM DUNIA TI DAN SDM YANG HANDAL. Pendahuluan Etika komunitas TI merupakan satu kepercayaan, keharusan Karena TI ibarat pisau bermata dua, legal."— Transcript presentasi:

1 ETIKA DALAM DUNIA TI DAN SDM YANG HANDAL

2 Pendahuluan Etika komunitas TI merupakan satu kepercayaan, keharusan Karena TI ibarat pisau bermata dua, legal dan ilegal, baik dan buruk. Etika (ethic) = prinsip-prinsip yang berhubungan dengan perbuatan benar dan salah, berhubungan dengan etik, etis = berarti baik

3 LANJUTAN Ex : mailing terdapat yang menghujat presiden !..etiskah ini.. Lalu kenapa saat ini permasalahan etika muncul dan perlu dibahas dalam sistem informasi ? TI mempunyai pengaruh yang mendalam dalam kehidupan manusia yang saat ini mau tak mau berhubungan dengan etika.

4 Permasalahan Etika (Isu utama) Privasi = rahasia pribadi yang tidak ingin diketahui orang lain. Dibeberapa negara hal ini dilindungi UU. Memonitor Memeriksa komputer orang lain Memonitor perilaku kerja (hidden kamera) Menjual informasi pribadi pelanggan pada pihak lain (spam mail, iklan mail, dll)

5 Permasalahan kepemilikan Intelektual Penggandaan / bajakan hak intelektual (music, film, software, dll) untuk dijual kembali. Mengetahui itu salah tapi tetap dinikmati Kurangnya kesadaran. Strategi Freeware, shareware, trial.

6 Permasalahan Keamanan Dunia Underground yang menggila. Sangat disukai kalangan intelektual dan mahasiswa (penuh tantangan). Hacker, cracker, carding, intruders. Apa bedanya hacker dan cracker jika telah masuk ke sistem komputer. Hukum yang berbeda di tiap negara (cyber law). Ada banyak cara mengelabui hukum. Pornography dan kekerasan.

7 Permasalahan PHK IT menggantikan tugas manusia. Ex ; pabrik mobil, central telpon, dll

8 PERKEMBANGAN IT DAN KEBUTUHAN SDM IT

9 Pendahuluan Sejak teknologi komputer dikembangkan sebagai penopang SI, telah lahirlah era perubahan yang membolak-balik kehidupan manusia. Berdampak sangat besar dalam kehidupan pribadi dan suatu organisasi perusahaa

10 Kehadiran TI dalam perusahaan memberikan pengaruh yang berkaitan dengan ; Birokrasi yang semakin flat Komunikasi dengan atasan-bawahan semakin cepat dan murah Distribusi informasi antar bagian berlangsung dengan cepat Setiap lini semakin produktif dan cerdas.

11 Lanjutan Kecepatan, kemampuan dan kapabilitas TI memungkinkan perusahaan menangani transaksi 24 jam nonstop tanpa henti. Setiap aliran informasi dan pekerjaan telah bergeser dari manusia ke komputer Akhirnya efisien, efektif, dan inovatif

12 Manajemen SDM Suatu proses yang berlangsung terus menerus di dalam perusahaan untuk mendapatkan orang yang tepat dengan skill yang tepat. Diperlukannya lebih kurang tenaga IT di indonesia s.d thn 2010 Ada beberapa tahapan dan syarat dalam penerimaan tenaga kerja baru

13 Karakteristik Staff Berpengalaman, pengalaman kerja Berwawasan luas, bidang keilmuan Trampil, skill dalam bidang TI Kreatif, melihat celah pekerjaan Daya adaptasi, beradaptasi dengan perkembangan yang cepat

14 Karir di bidang TI Ahli SI, Analisa dan programmer Ilmu Komputer, mengembangkan sistem komputer s/w dan h/w Hardware’kers, merakit, instalasi, perawatan komputer Networkers, Jaringan LAN & WAN Operator, mengawasi dan mengoperasikan siskom.

15 Metode Pelatihan Magang di tempat tertentu Workshop dan seminar Kursus Penataran dan presentasi

16 Trik peluang kerja Update ilmu, ulet, konsisten, English… Pahami, selami, kuasai satu atau lebih bahasa pemrograman Pahami, kuasai jarkom SERTIFIKAT PENDIDIKAN (D3,S1,S2,S3) SERTIFIKAT INTERNASIONAL (CCNA,MCSE, dll) IT PASPORT anda membuka pintu dunia

17 ARE’U Ready…..GO..!!!


Download ppt "ETIKA DALAM DUNIA TI DAN SDM YANG HANDAL. Pendahuluan Etika komunitas TI merupakan satu kepercayaan, keharusan Karena TI ibarat pisau bermata dua, legal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google