Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fahmi Yunus. Sejarah Public Relations 1. Dari situs – situs yang ditemukan oleh para arkeologis di Irak pada abad 18, tampak bahwa usaha melakukan PR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fahmi Yunus. Sejarah Public Relations 1. Dari situs – situs yang ditemukan oleh para arkeologis di Irak pada abad 18, tampak bahwa usaha melakukan PR."— Transcript presentasi:

1 Fahmi Yunus

2 Sejarah Public Relations 1. Dari situs – situs yang ditemukan oleh para arkeologis di Irak pada abad 18, tampak bahwa usaha melakukan PR sudah dilakukan. 2. Pada masa Yunani dan di abad pertengahan masa kejayaan Romawi, ide mengenai "opini publik sudah muncul. Hal ini tampak pada slogan Vox Populi, Vox dei (the voice of the people is the voice of God). 3. Public Relations sudah mulai digunakan berabad – abad lalu di Inggris. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya konsep memerlukan pihak ketiga sebagai fasilitator komunikasi dan penyelaras antara pemerintah dan rakyatnya.

3 Diskusi Kelas: Bagaimana dengan Sejarah Islam? Siapakah yang berperan sebagai PR?

4 Definitions of PR  ‘the management of communication between an organization and its publics’ (Grunig & Hunt, Managing public relations,1984)  ‘using communication to adapt relationships between organizations and their publics’ (Carl H. Botan “International public relations: Critique and reformulation” in Public Relations Review, Vol. 18, No. 2, 1992: )  Public Relations sebagai fungsi manajemen yaitu mengidentifikasi, memantapkan serta membina hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan publiknya baik dalam keadaan sukses maupun gagal. (Cutlip dan Center)

5 Asymmetrical/functional approach  Publics and communications understood as means to achieve organizational ends  Purpose of PR:  to generate support, trust, enhance reputation; ultimately to maximise material or other benefits through generating a more conducive social environment

6 Kata kunci dari PR adalah: Kesengajaan: Aktifitas PR adalah aktifitas yang disengaja. Dibentuk untuk mempengaruhi, meraih pemahaman bersama, menyediakan informasi, dan mendapatkan umpan balik Terencana: Aktifitas Public Relation adalah terogranisir, pada kurun waktu tertentu, sistematis, menggunakan riset dan analisa. Mengutamakan performance: Public Relations yang efektif didasarkan pada kebijakan aktual dan kinerja. Mengutamakan kehendak masyarakat (public interest): Aktifitas atau kegiatan Public Relations hendaknya didasarkan pada tujuan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya. Komunikasi dua arah: Selain menginformasikan sesuatu, Public Relations membutuhkan umpan balik dari khalayaknya sehingga model komunikasi yang digunakannya adalah dua arah. Fungsi Manajemen: Public Relations menjadi efektif apabila menjadi bagian dari keseluruhan manajemen dan didukung oleh top manajemen. Public Relations berfungsi sebagai konseling dan pemecah masalah di tingkat top manajemen bukan sekedar hanya mendesiminasikan informasi setelah keputusan dibuat (Wilcox, 1998:4-8)

7 Quotes  ‘We always tell our clients that honesty is the best policy. […] All our work is done in the open. We aim to supply news.... Our plan is, frankly and openly, on behalf of business concerns and public institutions, to supply the press and the public of the United States prompt and accurate information concerning subjects which it is of value and interest to the public to know about.’ (Ivy Lee, Statement of Principles, 1906)

8 Applications of PR  Crisis management  Reputation management  Issue management  Investor relations and labour relations  Grassroots PR


Download ppt "Fahmi Yunus. Sejarah Public Relations 1. Dari situs – situs yang ditemukan oleh para arkeologis di Irak pada abad 18, tampak bahwa usaha melakukan PR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google