Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen : Ine Anggraini, S.Sos. Konsep yang melatarbelakangi lahirnya PR : 1. Konsep tradisional dari suatu bisnis Sifatnya : - tertutup - terbatas - eksternal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen : Ine Anggraini, S.Sos. Konsep yang melatarbelakangi lahirnya PR : 1. Konsep tradisional dari suatu bisnis Sifatnya : - tertutup - terbatas - eksternal."— Transcript presentasi:

1 Dosen : Ine Anggraini, S.Sos

2 Konsep yang melatarbelakangi lahirnya PR : 1. Konsep tradisional dari suatu bisnis Sifatnya : - tertutup - terbatas - eksternal 2. Konsep Modern dari suatu bisnis Sifatnya : - terbuka - tidak terbatas - eksternal dan internal

3 Menurut F. Rachmadi : 1. PR merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh goodwill, kepercayaan, saling pengertian dan citra yang baik dari publik/masyarakat. 2. Sasaran PR adalah menciptakan opini publik yang favorable, menguntungkan semua pihak. 3. PR merupakan unsur yang penting dalam manajemen guna mencapai tujuan dari perusahaan/organisasi. 4. PR adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi dan masyarakat melalui proses komunikasi timbal balik.

4 Menurut Onong UE : 1. Harus ada kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua arah secara timbal balik. 2. Humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi. 3. Publik menjadi sasaran kegiatan Humas adalah Publik eksternal dan Publik internal. 4. Operasional Humas adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik.

5 1. Publik Internal : - Employee - dsb - Labour - stockholder 2. Publik eksternal - Press- community - Goverment- costumer - Supplier- consumer, dsb

6 Menurut Steinberg : Menciptakan Opini Publik yang favorable tentang kegiatan yang dilakukan oleh badan yang bersangkutan. Menurut F. Jeffkins : Meningkatkan favorable image/citra yang baik dan mengurangi/mengikis habis sama sekali unfavorable image/citra yang buruk terhadap organisasi.

7 Image is the picture in our head. Menurut F. Jefkins : 1. The mirror image : citra yang diyakini oleh perusahaan, terutama pimpinan. 2. The current image : kesan baik yang diperoleh dari orang lain tentang perusahaan/produknya 3. Wish image : seperti apa yang ingin dan dicapai oleh pihak manajemen 4. The corporate image : berkaitan dengan sosok perusahaan sbg tujuan utamanya. 5. The multiple image : Pelengkap dari citra perusahaan di atas 6. Performance image : ditujukan kepada subyeknya – kinerja/penampilan diri para profesional pada perusahaan.

8 Cara memperoleh image/citra : 1. Public understanding 2. Public confidence 3. Public support 4. Public cooperation.

9 Opini Publik berkaitan dengan sikap, tingkah laku, persepsi dan kepercayaan tentang sesuatu. Faktor penilaian sikap : (Formula ABCs of attitude) - Affect - Behaviour - Cognition Pada akhirnya citra inilah yang dibentuk oleh Opini publik

10 Bertrand R. Canfield : 1. It should serve the public’s interest 2. Maintain good communication : hubungan komunikasi yang komunikatif antara pehumas dengan publik 3. Stress good morals and manners :Jika para kahumas berperilaku terpuji dan moral yang bernilai tinggi, maka organisasi yang diwakilinya memperoleh pandangan yang positif dari publik.

11

12 Kedudukan PR adalah menilai sikap masyarakat/publik agar tercipta keserasian dengan sikap dan kebijaksanaan organisasi. Kedudukan PR seharusnya berada di bawah pimpinan atau mempunyai hubungan langsung dengan pimpinan tertinggi/pengambil keputusan.

13 1. Clarifying goals 2. Memperlancar pelaksanaan public policy- nya, jangan membingungkan. 3. Kemampuan memprediksi sesuatu berdasarkan pengetahuan data/sumber informasi yang aktual dan faktual.

14 1. Hubugan masyarakat pemerintah a. Hubungan masyarakat pemerintah pusat Tugasnya : - Menyebarkan informasi tentang kebijakan, perencanaan dan hasil yang telah dicapai - Menerangkan dan mendidik publik mengenai perundang-undangan, peraturan-peraturan, dan hal-hal yang bersangkutan dengan kehidupan rakyat sehari-hari. b. Hubungan masyarakat pemerintahan daerah

15 2. Hubungan masyarakat perusahaan : business, company, agency dan lain-lain organisasi dengan manajemennya berusaha memperoleh profit. 3. Hubungan masyarakat internasional

16 Negative situationPositive situation

17 Public Relations merupakan aktivitas/kegiatan. Proses kegiatannya meliputi empat tahap : 1. Penelitian/research 2. Perencanaan/planning 3. Penggiatan/action 4. Evaluasi/evaluation


Download ppt "Dosen : Ine Anggraini, S.Sos. Konsep yang melatarbelakangi lahirnya PR : 1. Konsep tradisional dari suatu bisnis Sifatnya : - tertutup - terbatas - eksternal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google