Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM – Univ. Esa Unggul.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM – Univ. Esa Unggul."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM – Univ. Esa Unggul

2 Pengertian dasar Public Relations Humas = Public Relations ? Public / stakeholder adalah sekelompok orang yang mempunyai minat dan perhatian yang sama terhadap sesuatu hal. Relations: Kata Relasi dalam PR menunjukkan adanya hubungan yang setara atau timbal balik di antara pihak-pihak yang berkepentingan

3 Relasi Dalam Public Relations Menurut Lesly, relasi dalam PR ada dua macam yaitu:  Internal Relations Employee Relations Shareholder Relations  External Relations Community Relations Media / Press Relations Government Relations Special Group Relations Suppliers Relations

4 Definisi Public Relations The management function that establishes and maintains mutual beneficial relationship between an organization and the publics on whom it success or failure depend (Cutlip, Center dan Broom, 1994) The management of communication between an organization and its public (Gurnig & Hunt 1984)

5 Definisi PR menurut Asosiasi PR di dunia: The deliberate, planned and sustained effort to establish and maintain mutual understanding between an organization and its public (British Institute of Public Relation) The conscious and legitimate effort too achieve understanding and the establishment and maintanance of trust among the public on the basis of systematic research (Perhimpunan Public Relation Jerman)

6 Kata kunci memahami PR Deliberate (sengaja): Setiap kegiatan dilakukan dengan sengaja dan terarah. Planned (terencana): Kegiatan PR adalah kegiatan yg terorganisir secara rapi dan terencana, sistematis dan dilakukan berdasarkan analisis yang cermat berdasarkan riset. Performance (kinerja): PR yg efektif harus didasarkan pada kebijakan dan penampilan yang sesungguhnya.

7 …lanjutan Public Interest (kepentingan publik) : PR bukan semata-mata membantu organisasi mendapatkan keuntungan sebesar- besarnya Two-way communication (komunikasi 2 arah): adanya pertukaran informasi antara organisasi dengan publiknya. Management function (fungsi manajemen): PR juga ikut berperan dan membantu dalam mengarahkan ke mana organisasi bergerak.

8 Sejarah Public Relations Berkomunikasi untuk mempengaruhi cara pandang dan perilaku seseorang sudah dimulai sejak dahulu kala. Gejala tersebut timbul ditandai dengan adanya: hubungan seseorang dengan orang lain, pemberitahuan seseorang kepada orang lain, upaya mempengaruhi orang lain, dsb. Pada perkembangannya konsep Public Relations di Amerika dimulai sekitar tahun 1900 an yang dipelopori oleh Ivy Lee dengan " The Declaration of Principles". Ivy Lee dianggap sebagai " the father of Public Relations" karena deklarasi asasnya itu, meskipun demikian sebetulnya konsep Public Relations di Amerika sudah ada sejak tahun 1850

9 PR di Indonesia Public Relations di Indonesia sendiri dimulai sejak tahun1950. Perkembangan PR di Indonesia bergerak menyertai kondisi politik dan kenegaraan saat itu. Pada waktu itu pemerintah Indonesia menyadari perlunya rakyat Indonesia untuk mengetahui segala perkembangan yang terjadi sejak pengakuan kedaulatan Indonesia oleh kerajaan Belanda. Berawal dari pemikiran tersebut maka kegiatan kehumasan mulai dilembagakan dengan menyandang nama hubungan masyarakat karena kegiatan yang dilakukan lebih banyak untuk ke luar organisasi (Onong, 1991; 12)

10 Pengertian Manajemen Manajemen  managgiare (Italia) yang berarti mengangani atau to handle, atau dari kata manus (Latin) yang berarti tangan, atau menangani

11 Fungsi Dasar Manajemen ( menurut Dessler, 1996)

12 Fungsi Dasar Manajemen PLANNING Perencanaan meliputi penentuan tujuan, penentuan langkah tidakan, pengembangan aturan dan prosedur-prosedur, pengembangan rencana serta prediksi

13 Fungsi Dasar Manajemen ORGANIZING Meliputi pemberian tugas kepada bawahan, pembuatan struktur organisasi, membuat network command, pengkoordinasian pekerjaan bawahan, staffing, dll.

14 Fungsi Dasar Manajemen LEADING Mengarahkan orang lain/ bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Bisa dilakukan dengan memberi perintah, memotivasi, memberi apresiasi, memberi penghargaan atau bahkan hukuman.

15 Fungsi Dasar Manajemen CONTROLLING Menentukan standar kinerja atau penampilan, membandingkan penampilan dengan standar, melakukan perbaikan apabila diperlukan. Controlling hampir sama dengan evaluating

16 Jadi, apa yang dimaksud dengan Manajemen Public Relations

17 Berarti penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan public relations Mengelola kegiatan PR berarti melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi (McElearth, 1993)


Download ppt "MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM – Univ. Esa Unggul."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google