Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi dan terapannya. Terapan2 Komunikasi Public relations Public relations Journalism Journalism Advertising Advertising Broadcasting Broadcasting.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi dan terapannya. Terapan2 Komunikasi Public relations Public relations Journalism Journalism Advertising Advertising Broadcasting Broadcasting."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi dan terapannya

2 Terapan2 Komunikasi Public relations Public relations Journalism Journalism Advertising Advertising Broadcasting Broadcasting Marketing Communications Marketing Communications

3 Pengertian PR Public Relations dalam Istilah Indonesia sering disebut sebagai humas (Hubungan Masyarakat). Namun pengertiannya secara epistimologi antara PR dan Humas jauh berbeda. Public Relations dalam Istilah Indonesia sering disebut sebagai humas (Hubungan Masyarakat). Namun pengertiannya secara epistimologi antara PR dan Humas jauh berbeda. Perbedaan yang jelas terlihat pada unsur publik (PR) dan masyarakat (humas). Perbedaan yang jelas terlihat pada unsur publik (PR) dan masyarakat (humas). Masyarakat adalah society (umum) sedangkan Public (specifik). Masyarakat adalah society (umum) sedangkan Public (specifik).

4 Pengertian PR Beberapa pengertian PR : Beberapa pengertian PR : Public Relations has three meaning : First, Information given to the public. Second, Persuasion direzled to the public to modify attitude an actions of an institution. Third, Efforts to integrate attitudes and action of institution. Public Relations has three meaning : First, Information given to the public. Second, Persuasion direzled to the public to modify attitude an actions of an institution. Third, Efforts to integrate attitudes and action of institution. Public relations practice is the deliberate, planed and sustained effort to establish and maintain mutual undersatnding beween an organizations and its public. Public relations practice is the deliberate, planed and sustained effort to establish and maintain mutual undersatnding beween an organizations and its public.

5 Pengertian PR Public Relations adalah fungsi Manajemen dan sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan yang oleh lembaga-lembaga umum dan pribadi dipergunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada sangkut pautnya dan yang diduga akan ada kaitannya dengan cara menilai opini publik mereka dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai kerjasama yang lebih produktif dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisiensi dengan kegiatan penerangan yang berencana dan tersebar luas. Public Relations adalah fungsi Manajemen dan sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan yang oleh lembaga-lembaga umum dan pribadi dipergunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada sangkut pautnya dan yang diduga akan ada kaitannya dengan cara menilai opini publik mereka dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai kerjasama yang lebih produktif dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisiensi dengan kegiatan penerangan yang berencana dan tersebar luas.

6 Fungsi PR Dari definisi dan pengertian tentang PR : Suatu fungsi manajemen yang menggunakan penelitian dan upaya yang terencana dengan mengikuti standar-standar etis. Suatu fungsi manajemen yang menggunakan penelitian dan upaya yang terencana dengan mengikuti standar-standar etis. Suatu proses yang mencakup hubungan antara organisasi dengan publiknya. Suatu proses yang mencakup hubungan antara organisasi dengan publiknya. Analisis dan evaluasi melalui penelitian terhadap sikap opini dan kecenderungan sociental dan mengkomunikasikannya kepada manajemen. Analisis dan evaluasi melalui penelitian terhadap sikap opini dan kecenderungan sociental dan mengkomunikasikannya kepada manajemen. Konseling manajemen agar dapat dipastikan bahwa kebijaksanaan, tata cara dan kegiatan2 dapat dipertanggungjawabkan secara sosial dalam kepentingan bersama antara organisasi dan publik Konseling manajemen agar dapat dipastikan bahwa kebijaksanaan, tata cara dan kegiatan2 dapat dipertanggungjawabkan secara sosial dalam kepentingan bersama antara organisasi dan publik Pelaksanaan dan penindakan program kegiatan yang berencana komunikasi dan evaluasi melalui penelitian. Pelaksanaan dan penindakan program kegiatan yang berencana komunikasi dan evaluasi melalui penelitian. Pencapaian itikad baik, pengertian dan penerimaan sebagai hasil akhir utama dari kegiatan Public Relation. Pencapaian itikad baik, pengertian dan penerimaan sebagai hasil akhir utama dari kegiatan Public Relation.

7 Peran PR Sacara umum PR berfungsi: - Menjalin hubungan yang harmonis antar stake holder - Image building Dalam menjalankan fungsinya PR dapat berperan sebagai : - State of Being - Fungsi manajemen komunikasi

8 Publik PR Who exactly is public of PR ? - Seluruh Masyarakat kah ? - Publik umum kah ? Publik adalah individu, kelompok, lembaga, organisasi maupun perseorangan yang secara langsung terkait dengan kegiatan2 PR sebuah institusi (Stake Holder)

9 Publik PR Siapakah Publik nya Toyota ? Siapakah Publiknya Exxon mobil ? Publik PR terbagi atas : 1. Publik internal Publik internal adalah publik yang berada didalam perusahaan, misalnya karyawan, manajemen dll. 2. Publik eksternal Publik internal adalah publik yang berada di luar perusahaan namun terkait langsung dengan kegiatan 2 perusahaan

10 Kegiatan Internal PR Kegiatan internal perusrahaan merupakan kegiatan yang diarahkan pada kepentingan perusahaan terhadap publik internal atau orang atau orang2 yang terlibat secara langsung dan memiliki tugas fungsional. Kegiatan internal perusrahaan merupakan kegiatan yang diarahkan pada kepentingan perusahaan terhadap publik internal atau orang atau orang2 yang terlibat secara langsung dan memiliki tugas fungsional. Kegiatan2 manajemen Organisasi/perusahaan yang berhubungan dengan pembinaan dan pemberian motivasi kepada para pegawai selaku publik internal. Kegiatan2 manajemen Organisasi/perusahaan yang berhubungan dengan pembinaan dan pemberian motivasi kepada para pegawai selaku publik internal.

11 Beberapa bentuk kegiatan internal PR Employee relations Employee relations Human Relations Human Relations Manajemen Issue, Krisis dan solusi atas konflik Manajemen Issue, Krisis dan solusi atas konflik Dan lain-lain Dan lain-lain

12 Kegiatan Eksternal PR Kegiatan eksternal PR merupakan kegiatan yang diarahkan pada kepentingan perusahaan terhadap publik eksternal atau orang2 yang terlibat secara langsung atau tidak langsung dengan kegiatan2 perusahaan. (external satke holder) Kegiatan eksternal PR merupakan kegiatan yang diarahkan pada kepentingan perusahaan terhadap publik eksternal atau orang2 yang terlibat secara langsung atau tidak langsung dengan kegiatan2 perusahaan. (external satke holder) Kegiatan2 manajemen PR dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan Stake Holder (publik) eksternal atau dengan pembentukan image perusahaan di mata publik. Kegiatan2 manajemen PR dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan Stake Holder (publik) eksternal atau dengan pembentukan image perusahaan di mata publik.

13 Beberapa bentuk kegiatan eksternal PR Press and Media relations Press and Media relations Government Relations Government Relations Society relations Society relations Communiti development Communiti development Dan lain-lain Dan lain-lain

14 Terima kasih Atas perhatian anda


Download ppt "Komunikasi dan terapannya. Terapan2 Komunikasi Public relations Public relations Journalism Journalism Advertising Advertising Broadcasting Broadcasting."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google