Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI MASSA DISUSUN OLEH : 1. BELLY CASIO 2. DEWI PURNAMA SARI 3. FITRIA MAYA SARI 4.INTAN RIAWATI 5.SYLVIA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI MASSA DISUSUN OLEH : 1. BELLY CASIO 2. DEWI PURNAMA SARI 3. FITRIA MAYA SARI 4.INTAN RIAWATI 5.SYLVIA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS."— Transcript presentasi:

1

2 KOMUNIKASI MASSA DISUSUN OLEH : 1. BELLY CASIO 2. DEWI PURNAMA SARI 3. FITRIA MAYA SARI 4.INTAN RIAWATI 5.SYLVIA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG TAHUN AJARAN 2009

3 JUDUL MAKALAH PUBLIC RELATION

4 1. DEFINISI PR Definisi PR menurut beberapa ahli antara lain: CUTLIP Public relations is the management functions that establishes and maintains mutually beneficial relationship between an organization and the publics on whom its success of failure depends (Public relations adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan public yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut).

5 Bertrand R. Canfield Public relations is the management function which evaluates public attitudes, identifies the policies and procedures of an individual or an organization with the public interest, and executes a program of action to earn public understanding and acceptance. (PR adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan atiurans eseorang atua organisasi demi kepentingan publik dan melaksnakan sesautu program kegiatan untuk memperoleh pengertian dan penerimaan publik).

6 Jadi PR adalah seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin Organisasi dan mengimplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan Organisasi dan atau kepentingan khalayaknya.

7 2. PERKEMBANGAN PR Pelopor : Ivy Ledbetter Lee Pada tahun 1906, diawali dengan berhasilnya menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di Amerika Serikat dengan sukes. Akhirnya menjadi The Father of Public Relation.

8 Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini PR mengalami perkembangan yang sangat cepat. Di masa mendatang PR diperkiraan akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Contoh: Pemerintah AS mempekerjakan 9000 karyawan di bidang komunikasi yang ditempatkan di United States Information Agency.

9 Gambaran Perkembangan PR di Dunia Abad ke-19 : PR di Amerika dan Eropa merupakan program studi yang mandiri didasarkan pada perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi : Publik masih dianggap bodoh : Publik diberi informasi dan dilayani : Publik diberi pendidikan dan dihargai 1925 : Di New York, PR sebagai pendidikan tinggi resmi 1928 : Di Belanda memasuki pendidikan tinggi dan minimal di fakultas sebagai mata kuliah wajib. Disamping itu banyak diadakan kursus-kursus yang bermutu : Publik mulai terbuka dan banyak mengetahui : Di Belanda mengalami perkembangan pesat. Ke arah ilmiah karena penelitian yang rutin dan kontinyu.Di Amerika perkembangannya lebih ke arah bisnis : Publik dikembangkan di berbagai bidang, pendekatan tidak hanya satu aspek saja : Profesional/internasional memasuki globalisasi dalam perubahan mental dan kualitas sekarang : a. perubahan mental, kualitas, pola pikir, pola pandang, sikap dan pola perilaku secara nasioal/internasional b. membangun kerjasama secara lokal, nasional, internasional c. saling belajar di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, Iptek, sesuai dengan kebutuhan era global/informasi

10 3. Hubungan Public Relations dengan Media Massa Peran media massa bagi organisasi perusahaan dianggap sebagai penyambung lidah dalam menyampaikan berita tentang aktivitas perusahaan agar mendapat pengakuan dari publik

11 Charles Prout dalam bukunya Organizations and Function of the Corporate Public Relation Department mengungkapkan cara yang bisa ditempuh dalam memanfaatkan media massa: Periklanan (advertising) Siaran Pers (Press Release) Wisata Pers (Press Tour) Jumpa Pers (Press Conference)

12 4. Public Relation on the Internet Maraknya Facebook, Twitter, Plurk, blog, wiki, youtube dan lainnya memaksa perusahaan meningkatkan cara komunikasi yang semula satu arah dan dua arah menjadi segala arah. Di tengah maraknya fenomena itu, istilah social media marketing & PR kini muncul di mana-mana

13 Social Media Marketing dan PR adalah upaya memanfaatkan secara komersial para pecinta merek atau perusahaan untuk mempromosikan diri mereka melalui berbagai kanal social media

14 PR, media massa, dan internet merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan. Melalui internet dan media massa-lah seorang PR bisa mempromosikan perusahaannya dan meningkatkan kredibilitas perusahaannya.

15 TERIMA KASIH


Download ppt "KOMUNIKASI MASSA DISUSUN OLEH : 1. BELLY CASIO 2. DEWI PURNAMA SARI 3. FITRIA MAYA SARI 4.INTAN RIAWATI 5.SYLVIA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google