Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIGITAL PUBBLIC RELATIONS MANAJEMEN HUMAS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM-UNIV. ESA UNGGUL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIGITAL PUBBLIC RELATIONS MANAJEMEN HUMAS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM-UNIV. ESA UNGGUL."— Transcript presentasi:

1 DIGITAL PUBBLIC RELATIONS MANAJEMEN HUMAS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM-UNIV. ESA UNGGUL

2 AKTIVITAS MEDIA RELATIONS Menurut Wasesa & Macnamara (2010) kegiatan PR yang berhubungan dengan media dapat dibagi menjadi 2 : MEDIA DIRECT (MD) dan MEDIA INDIRECT (MI)

3 MEDIA DIRECT (MD) Yaitu aktivitas di mana PR memberikan informasi secara langsung kepada media. Bisa berupa aktivitas formal (seperti press conference, press release, product launching) maupun tidak formal (seperti media gathering, atau test drive)

4 MEDIA INDIRECT (MI) Yaitu aktivitas dimana PR tidak memberikan informasi langsung kepada media, melainkan dengan cara menggunakan kredibilitas pihak ketiga. Tujuannya sama, membangun citra atau opini publik yang positif Misalnya: Juru bicara tidak resmi, penulisan artikel opini, penulisan feature artikel, focus group discussions, event pihak ketiga

5 PERUBAHAN MEDIA HABIT MASYARAKAT Tahun 2008, Indonesia ada di posisi ke 15 dunia. Tahun 2009, naik menjadi posisi 7. Tahun 2010, Indonesia menjadi negara ke-3 di dunia dalam jumlah pengguna Facebook terbanyak (setelah Amerika dan Inggris) sekarang??

6

7 Sumber: indonesias-social-media/ Info gra phic The state of Indonesia’s social media landscape

8 PENGGUNAAN MEDIA BARU Social media secara fundamental mengubah cara perusahaan berkomunikasi. Maraknya Facebook, Twitter, Instagram, Path, blog, wiki, youtube dan lainnya memaksa perusahaan meningkatkan cara komunikasi yang semula satu arah dan dua arah menjadi segala arah

9 What is Digital PR? Digital PR is all about combining traditional PR with content marketing, social media and search; transforming static news into conversations and bypassing media to speak directly to your target audience online. not just share news, but CREATE DIALOGUE. Connect.

10 SOCIAL MEDIA PR (PR 2.0) Social Media merujuk pada sebuah wahana online yang konten utamanya diisi dan didominasi oleh publik, bukan oleh karyawan perusahaan pemilik wahana tersebut online Akar dari Social Media PR adalah melibatkan konsumen dalam sebuah percakapan maya yang saling memberikan nilai tambah buat kedua belah pihak, baik konsumen maupun produsen.

11

12 KEUNTUNGAN PENGGUNAAN MEDIA BARU DALAM KEGIATAN PR Pesan tidak lagi hanya berjalan 1 arah, tetapi menjadi 2 bahkan 3 arah. Lebih hemat biaya Publik sudah lebih spesifik/ homogen Pesan bisa langsung diterima oleh publik secara cepat, langsung dari PR.

13 HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PR 2.0 Strategi PR 2.0 memiliki aturan-aturan yang berbeda, jadi tidak hanya sekadar memindahkan strategi konvensional ke social media. CREDIBILITY itu penting! Baik dari sisi pemberi pesan maupun pesan itu sendiri. Jika kredibilitas hilang, penggunaan social media juga tidak akan efektif Penggunaan social media bukan semata-mata untuk penghematan biaya.

14 STRATEGI PR 2.0 Konten harus menarik, bermanfaat dan relevan terhadap konsumen atau publiknya Dengan social media, siapapun bisa menjadi PR PR atau perusahaan harus mempunyai keterikatan (engagement) yang tinggi tanpa harus menjangkau jumlah khalayak yang besar.

15 Apa maksudnya ENGAGE?

16 social media monitoring ketika terjadi krisis PR Jangan anggap remeh pencarian manual Don’t just watch, take action. Lacak percakapan publik dan klasifikasikan ke dalam kategori-kategori. Catat jika ada keluhan atau peluang perbaikan Jangan hanya baca artikel. Dalami!

17

18

19

20


Download ppt "DIGITAL PUBBLIC RELATIONS MANAJEMEN HUMAS Dosen: Ade Suryani, M.Soc.Sc FIKOM-UNIV. ESA UNGGUL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google