Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MARKETING PUBLIC RELATIONS DEFINISI Marketing Publik Relations adalah merupakan proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MARKETING PUBLIC RELATIONS DEFINISI Marketing Publik Relations adalah merupakan proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang."— Transcript presentasi:

1 MARKETING PUBLIC RELATIONS DEFINISI Marketing Publik Relations adalah merupakan proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi, mengenai informasi yang dapat dipercaya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kepribadian dan kepentingan para konsumen.

2 Alasan mengapa marketing membutuhkan PR?  Ingin menekan biaya iklan.  Mulai ada peningkatan persaingan.  PR dianggap mampu untuk meraih konsumen.  Semakin beragaman media sehingga lebih banyak untuk meraih konsumen. dibutuhkan alat promosi lain selain iklan.

3 Keuntungan dan kelemahan- kelamahan Keuntungan  MPR dianggap efektif khususnya dalam membangun brand awareness dan brand knowledge.  MPR dianggap potensial untuk membangun efektifitas “Increasing Category Usage” & “Incresing brand sales dari periklanan”.  MPR dianggap perlu dalam bauran pemasaran/marketing mix & dalam beberapa hal dianggap lebih hemat biaya bila dibandingkan dengan iklan.

4 Kelemahan  Relatif sulit untuk dapat dilakukan penilaian/evaluasi.  Relatif belum dipahami sepenuhnya manfaat dan MPR oleh manajemen serta belum sepenuhnya dukungan dapat diharapkan dari manajemen.

5 Manfaat MPR di Perusahaan antara lain :  Membangun posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar.  Membangun kepercayaan dan keyakinan konsumen.  Membangun kembali, meluncurkan kembali dan reposisi dari produk-produk yang sudah jauh.  Membangun komunikasi dari kelebihan-kelebihan, manfaat dari produk-produk yang sudah lama.  Membangun berita yang positif sebelum kegiatan periklanan diadakan.  Membuat iklan menjadi lebih berharga pesan-pesan

6 MANFAAT • Memberikan suplementasi terhadap kegiatan iklan dengan mengkomunikasikan manfaat produk. • Dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kampanye sales promotion. • Dapat dipakai dalam meningkatkan brand awarness melalui sponsorship. • Dapat membantu mengatasi masalah produk yang sedang dalam resiko.

7 Tujuan MPR • Untuk membentuk iklim diterima suatu produk/perusahaan. • Untuk meningkatkan keberadaan produk/merek. • Untuk meningkatkan kepercayaan atau kredibilitas produk. • Untuk menggunakan ketertarikan berita dan manusia dapat memenuhi pesan komersial. • Mencapai peminat yang sulit dijangkau melalui artikel dalam rubric tertentu. • Mencapai kelompok pemegang saham. • Memudahkan kegiatan MPR

8 Marketing Strategi 1. Segmentation (segmentasi pasar) 2. Targeting (penentuan pasar sasaran) 3. Positioning (penentuan posisi pasar)

9 Peranan MPR harus dimulai dengan • Penentuan corporate’s mission : objective juga ditetapkan. • Penentuan masalah riset dan kegiatan peluncuran fakta. • Perencanaan dan programming : pada langka ini kebijakan dan program ditetapkan dalam kaitannya dengan organisasi itu sendiri dan program PR serta pemasaran.

10 Peranan MPR • Tindakan dan komunikasi pada tahap ini direncanakan implementasi dari rencana dan program melalui kegiatan (action) dankomunikasi agar tercapai sasaran khususnya yang berkaitan dengan tujuan corporate. • Evaluasi program : hasil dari program yang ada dinilai dan juga efektifitasnya.

11 Taktik MPR  pemberian penghargaan (Award)  penerbitan buku/booklets/majalah  penyiapan kontes, dan event-event yang menarik  Demonstrasi

12 TAKTIK MPR  Exhibits/pameran  Fan Clubs  Grand Opening  Hotline  Interview  Junkets  Makan Siang

13 TAKTIK MPR  Sponsor  Newsletters  Official Endorsement  Product Placement  Quetionaires  Radio Contest  Sampling

14 TAKTIK MPR  Media Tours  Video News Relase  Program untuk anak muda

15 CONTOH PENERBITAN BUKU

16 CONTOH EXHIBITS/PAMERAN

17 CONTOH PENGHARGAAN

18 CONTOH EVENT

19 CONTOH FAN CLUBS

20 PROGRAM UNTUK ANAK MUDA

21 PAMERAN BUKU

22 PAMERAN KOMPUTER

23 GATHERING UNIVERSITY

24 FAMILY GATHERING

25 CONTOH SEMINAR

26 CONTOH BOOKLET

27 CONTOH NEWS LETTER


Download ppt "MARKETING PUBLIC RELATIONS DEFINISI Marketing Publik Relations adalah merupakan proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google