Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATA KULIAH HI DI TIMUR TENGAH PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATA KULIAH HI DI TIMUR TENGAH PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN."— Transcript presentasi:

1 MATA KULIAH HI DI TIMUR TENGAH PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN

2 Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah HI di Timur Tengah ini adalah mata kuliah pilihan bagi mahasiswa di program studi Hubungan Internasional. Dalam mata kuliah ini akan dibahas berbagai persoalan strategis di kawasan Timur Tengah dilihat dari berbagai aspek (ekonomi, politik, sosial-budaya dan pertahanan). Porsi terbesar ditekankan pada masalah-masalah politik, baik politik domestik maupun politik internasional yang berkaitan dengan hubungan antar negara Timur Tengah dan antara negara-negara Timur Tengah dengan kekuatan internasional lain. Sedangkan masalah sosial dan kebudayaan difokuskan pada persoalan-persoalan yang mempengaruhi konstelasi politik di Timur Tengah. Pada pertemuan-pertemuan awal, pembahasan diarahkan kepada pengenalan kawasan, sejarah kawasan, identitas kultural, peranan agama (Islam) dalam politik di kawasan itu, kepentingan negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Rusia. Pada pertemuan-pertemuan selanjutnya pembahasan ditekankan kepada konflik yang dihadapi negara-negara Timur Tengah, antara lain Irak, Iran, Lebanon, Israel, Palestina, dan Mesir. Selain itu akan dibahas juga dinamika perkembangan demokrasi di Timur Tengah.

3 Objektif Perkuliahan Setelah menyelesaikan kuliah ini, setiap mahasiswa diharapkan mampu: – Menggambarkan dinamika perkembangan politik di Timur Tengah. – Menjelaskan arti penting dan strategis kawasan Timur Tengah bagi perkembangan politik internasional. – Menganalisis persoalan-persoalan yang dihadapi negara-negara Timur Tengah. – Menganalisis isu-isu kontemporer yang mempengaruhi dinamika hubungan antar aktor di Timur Tengah.

4 Tugas dan Penilaian Penilaian dan evaluasi hasil pembelajaran didasarkan pada tiga point utama yaitu: Tugas membuat paper (pengganti mid test). Point 1 ini mendapatkan bobot penilaian sebesar 20% dari total nilai. Diskusi kelompok. Seluruh mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok menyusun satu makalah mengenai studi kasus dari topik-topik bahasan yang telah diajarkan dalam pertemuan sebelumnya, untuk dipresentasikan dan didiskusikan bersama dalam kelas. Penilaian terhadap tugas kelompok ini meliputi penilaian terhadap makalah dan juga presentasi dalam diskusi kelompok. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat membuat presentasi semenarik mungkin dengan menggunakan power point presentation. Point 2 ini mendapatkan bobot penilaian sebesar 30% dari total nilai. Ujian akhir semester. Point 3 ini menyumbang 50% dari total nilai.

5 Ketentuan Perkuliahan Toleransi waktu kehadiran. Toleransi waktu untuk kehadiran dosen dan mahasiswa adalah 15 menit. Jika dalam 15 menit dosen pengasuh mata kuliah ini tidak hadir maka kuliah dianggap batal atau kosong, selanjutnya kuliah tersebut akan diganti pada hari lain sesuai kesepakatan antara mahasiswa dan dosen bersangkutan. Keterlambatan mahasiswa memasuki kelas hanya ditolerir selama 15 menit. Mahasiswa yang memasuki kelas lebih dari 15 menit dari waktu yang ditentukan dianggap tidak hadir. Kuliah bebas HP. Untuk menjamin kenyamanan semua peserta perkuliahan, semua HP (baik milik dosen maupun mahasiswa) harus dimatikan.

6 Materi Perkuliahan Pertemuan I: Penjelasan Silabus Pertemuan II: Gambaran Umum Wilayah Timur Tengah -Geografi -Geopolitik -Geostrategis Pertemuan III: Klasifikasi Negara-negara Timur Tengah. Pertemuan IV: Peranan Agama Dalam Politik di Timur Tengah -Syiah dan Sunni -Wahabi -Kebijakan Dalam dan Luar Negeri -Pan Arab -Islam Garis Keras dan Perang Terhadap Terorisme

7 Materi Perkuliahan Pertemuan V: Permasalahan Legitimasi Politik di Negara-negara Timur Tengah. Pertemuan VI: Kepentingan Amerika di Timur Tengah. Pertemuan VII: Konflik Arab-Israel (Bag. 1). Pertemuan VIII: Konflik Arab-Israel (Bag. 2). Pertemuan IX: Proses Demokratisasi di Timur Tengah. Pertemuan X: Forum Kerjasama Negara-negara Timur Tengah. Pertemuan XI-XIV: Diskusi Kelompok.

8 Referensi 1. Alasdair Drysdale & Gerald H. Blake The Middle East and North Africa: A Political Geography. New York: Oxford University Press. 2. Michael C. Hudson. Arab Politics: The Search for Legitimacy. New Haven and London: Yale University Press. 3. M. Amin Rais Politik dan Pemerintahan di Timur Tengah. Yogyakarta: UGM Press. 4. Riza Sihbudi Menyandera Timur Tengah. Jakarta: Mizan. 5. DLL.


Download ppt "MATA KULIAH HI DI TIMUR TENGAH PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google