Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik. 1.7Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesai-

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik. 1.7Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesai-"— Transcript presentasi:

1 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik. 1.7Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesai- kan masalah tumbukan. Menjelaskan dan memformulasikan momentum. Menjelaskan dan memformulasikan impuls. Memberikan contoh penerapan konsep momentum dan impuls dalam kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan hubungan momentum dan impuls. Secara kreatif menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tumbukan secara kuantitatif. CloseNext

2 Momentum (Halaman 213 – 215) Daftar Materi Pokok Tumbukan (Halaman 227 – 237) Impuls (Halaman 216 – 219) BackNext Hukum Kekekalan Momentum (Halaman 219 – 226)

3 A. Momentum BackNext Momentum adalah besaran yang menyatakan kuantitas gerak suatu benda, yang didefinisikan sebagai hasil kali massa benda dengan kecepatannya. Apakah benda yang diam mempunyai momentum?

4 BackNextHome B. Impuls Impuls didefinisikan sebagai hasil kali gaya dengan selang waktu gaya itu bekerja pada benda, dan besarnya impuls yang dikerjakan pada benda adalah sama dengan perubahan momentum yang dialami benda.

5 Pernyataan hukum II Newton dalam hubungannya dengan momentum BackNextHome Bagaimana jika massa benda tetap selama geraknya?

6 BackNextHome Grafik Gaya-Waktu Bagaimana cara menentukan impuls dari grafik gaya-waktu?

7 Contoh Penerapan Konsep Momentum-Impuls BackNextHome Jelaskan bagaimana prinsip kerja teknologi yang ditunjukkan kedua gambar tersebut berdasarkan konsep momentum dan impuls!

8 BackNextHome C. Hukum Kekekalan Momentum Pada peristiwa tumbukan, jumlah momentum benda-benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap, asalkan tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda- benda itu.

9 BackNextHome D. Tumbukan Tumbukan dalam fisika dibedakan menjadi tumbukan lenting sempurna, tumbukan tidak lenting sama sekali, dan tumbukan lenting sebagian. Pada peristiwa tumbukan terdapat besaran yang disebut koefisien restitusi (e), yaitu besaran yang menyatakan nilai negatif dari perbandingan antara beda kecepatan kedua benda yang bertumbukan sesaat sesudah tumbukan dan sesaat sebelum tumbukan.

10 Tumbukan Lenting Sempurna BackNextHome Pada tumbukan lenting sempurna, energi kinetik total kedua benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap. Pada tumbukan jenis ini berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik. Pada tumbukan lenting sempurna adalah e = 1 sehingga:

11 Tumbukan Tidak Lenting BackNextHome Pada tumbukan tidak lenting, sesudah tumbukan kedua benda bergabung, sehingga kecepatan kedua benda setelah tumbukan adalah sama. Koefisien restitusi tumbukan tidak lenting adalah e = 0. Pada tumbukan tidak lenting hanya berlaku hukum kekekalan momentum. Tumbukan Lenting Sebagian Sebagian besar tumbukan yang terjadi di alam ini merupakan tumbukan lenting sebagian. Pada tumbukan ini hanya berlaku hukum kekekalan momentum dan koefisien restitusinya bernilai antara nol dan satu (0 < e < 1).


Download ppt "1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik. 1.7Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesai-"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google