Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMPULS DAN MOMENTUM. Momentum suatu benda didefinisikan sebagai hasil kali antara massa dan kecepatan. Secara matematis dapat ditulis p = momentum ( kg.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMPULS DAN MOMENTUM. Momentum suatu benda didefinisikan sebagai hasil kali antara massa dan kecepatan. Secara matematis dapat ditulis p = momentum ( kg."— Transcript presentasi:

1 IMPULS DAN MOMENTUM

2 Momentum suatu benda didefinisikan sebagai hasil kali antara massa dan kecepatan. Secara matematis dapat ditulis p = momentum ( kg m/s) m = massa benda (kg) v = kecepatan (m/s)

3 Peristiwa momentum selalu kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pada arus lalu lintas berikut ini, setiap kendaraan memiliki momentum yang berbeda-beda, tergantung ukuran dan kecepatan geraknya.

4 Momentum merupakan besaran vektor, sehingga penjumlahan momentum mengikuti penjumlahan vektor. p1 p p2

5 momentum awal. Sehingga, F. Δt = Δp atau Artinya, gaya (F) yang diberikan pada suatu benda sama dengan perubahan momentum (Δp) benda per satuan waktu (Δt)

6 Impuls didefinisikan sebagai hasil kali gaya dengan selang waktu gaya itu bekerja pada benda. Secara matematis dapat dituliskan : I = F.Δt Keterangan : I = impls ( Ns, kg m/s) F= gaya (N) Δt= selang waktu (s) Impuls yang dikerjakan pada suatu benda sama dengan perubahan momentum yang dialami benda, yaitu momentum akhir dikurangi momentum awal. Sehingga,

7 Hukum kekekalan momentum “Pada peristiwa tumbukan, jumlah momentum benda-benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap, asalkan tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda itu” Secara matematis ditulis :

8 , = momentum benda 1 dan 2 sebelum tumbukan = momentum benda 1 dan 2 setelah tumbukan v 1, v 2 = kecepatan benda 1 dan 2 sebelum tumbukan v 1 1, v 1 2 = kecepatan benda 1 dan 2 setelah tumbukan

9 Nilai koefisien restitusi (e) terbatas, yaitu 0 < e < 1

10 Tumbukan Lenting Sempurna Pada tumbukan lenting sempurna, energi kinetik total kedua benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap. Jadi pada tumbukan ini berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi kinetik. 1. Hukum kekekalan momentum 2. Hukum kekekalan energi kinetik

11 Untuk tumbukan lenting sempurna, koefisien restitusi bernilai 1 (e=1) Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali Pada tumbukan tidak lenting sama sekali,sesudah tumbukan kedua benda bergabung sehingga berlaku bahwa kecepatan kedua benda sesudah tumbukan adalah sama, secara matematis ditulis :

12  Untuk tumbukan ini,terjadi pengurangan energi kinetik, sehingga energi kinetik total benda-benda sesudah tumbukan akan lebih kecil daripada energi kinetik total benda-benda sebelum tumbukan. Jadi pada tumbukan ini tidak berlaku hukum kekekalan energi kinetik.  Nilai koefien restitusi e = 0

13 Tumbukan Lenting Sebagian Sebagian besar tumbukan yang terjadi adalah tumbukan lenting sebagian. Pada tumbukan lenting sebagian koefisien restitusi bernilai antara 0 dan satu, (0< e <1)  Pada tumbukan lenting sebagian berlaku hukum kekekalan momentum dan tidak berlaku hukum kekekalan energi kinetik.

14 Bola yang dijatuhkan dari ketinggian h 1, sehingga dipantulkan dan mencapai ketinggian h 2 akan memiliki koefien restitusi sebesar h1h1 h2h2


Download ppt "IMPULS DAN MOMENTUM. Momentum suatu benda didefinisikan sebagai hasil kali antara massa dan kecepatan. Secara matematis dapat ditulis p = momentum ( kg."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google