Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan V Sumber: Teknologi Komunikasi, Agoeng nugroho, 2010, graha ilmu Sistem Transmisi Dalam Teknologi Komunikasi Wenny Maya Arlena, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan V Sumber: Teknologi Komunikasi, Agoeng nugroho, 2010, graha ilmu Sistem Transmisi Dalam Teknologi Komunikasi Wenny Maya Arlena, M.Si."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan V Sumber: Teknologi Komunikasi, Agoeng nugroho, 2010, graha ilmu Sistem Transmisi Dalam Teknologi Komunikasi Wenny Maya Arlena, M.Si

2 Dalam suatu sistem televisi tidak dapat dipisahkan dengan sistem transmisi teresterial dimana terjadi proses pengiriman sinyal audio visual dari Master Control Room ke stasiun Transmisi. Dalam sistem broadccasting semua perangkat yang menunjang terjadinya pengiriman sinyal itu berada dibawah naungan divisi teknik dengan sub divisi teknik transmisi.

3  Sisitem transmisi dalam suatu televisi broadcasting terdiri dari beberapa sistem transmisi yaitu: I. Transmisi Teresterial Broadcasting II. Transmisi Teresterial Radio Link (Microwave) III. Transmisi Satlit broadcasting, IV. Transmisi SNG (satlit news gathering)

4 Transmisi Teresterial Broadcasting Sisitem transmisi teresterial broadcasting adalah sisitem transmisi yang rambatan sinyalnya merambat diatas pemukaan bumi. sitem ini biasanya berada diperkotaan dimana dengan kepadatan penduduk yang banyak.

5  Sistem transmisi teresterial broadcasting: A. Perangkat Router yaitu perangkat yang terdiri dari beberapa peralatan yang berfungsi sebagai koreksi audio visual B. Perangkat Transmitter yaitu peralatan yang berfungsi memancarkan sinyal audio video,

6 Transmisi teresterial radio link (microwave) Master Control Room dengan Stasiun transmisi berjauhan maka agar sinyal bisa menjangkau stasiun transmisi diperlukan suatu alat penghubung yaitu Radio link, Fiber optic atau satelit sesuai dengan kondisi dan letak stasiun transmisi, Apabila stasiun transmisi bisa dijangkau dengan radio link atau microwave maka cukup menggunakan radio link tapi apa bila tidak lagi bisa dijangkau dengan radio link maka kita gunakan alternatif lain yaitu via satlit.

7 Transmisi Satlit Broadcasting Sistem transmisi ini digunakan untuk penerimaan siaran didaerah- daerah yang tidak terjangkau oleh sinyal teresterial walau pun sistem transmisi satlit dapat menjangkau seluruh daerah bumi selama masih dalam coverage area atau masih dalam jangkauan satlit.

8 Dalam transmisi satlit sinyal dipancarkan dari stasiun bumi menuju satlit dan dari satlit sinyal dipantulkan kembali kestasiun bumi lainnya, dalam hal ini bisa terjadi transmisi poin to point atau point to multi point tergantung fungsinya.

9 Satlit News Gathering (SNG) Satlit news gathering adalah perangkat Up-Link portable (sebuah piranti telekomunikasi yang dapat dengan mudah dipindah-pindahkan dari suatu tempat ketempat yang lain dan mudah untuk di instalasi, atau secara harafiah dapat diartikan sebagai pengepul berita melalui satlit walaupun tidak selamanya SNG hanya untuk keperluan pemberitaan.


Download ppt "Pertemuan V Sumber: Teknologi Komunikasi, Agoeng nugroho, 2010, graha ilmu Sistem Transmisi Dalam Teknologi Komunikasi Wenny Maya Arlena, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google