Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Gelombang adalah getaran yang merambat melalui medium.  Radio adalah sarana penyampai informasi yang berbentuk suara.  Radio adalah teknologi yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Gelombang adalah getaran yang merambat melalui medium.  Radio adalah sarana penyampai informasi yang berbentuk suara.  Radio adalah teknologi yang."— Transcript presentasi:

1

2  Gelombang adalah getaran yang merambat melalui medium.  Radio adalah sarana penyampai informasi yang berbentuk suara.  Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). modulasiradiasi elektromagnetik  Gelombang adalah getaran yang merambat melalui medium.  Radio adalah sarana penyampai informasi yang berbentuk suara.  Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). modulasiradiasi elektromagnetik

3  Gelombang radio merupakan gelombang yang memiliki frekwensi paling kecil atau panjang gelombangnya paling panjang. Gelombang radio berada dalam rentang frekwensi yang luas meliputi beberapa Hz sampai gigahertz. Gelombang radio ini banyak digunakan dalam sistem telekomunikasi, siaran TV, radio, dan jaringan seluler.

4  Ada tiga faktor penting terhadap refraksi gelombang radio ini, yaitu : 1. Kepadatan ionisasi lapisan 2. Frekuensi gelombang radio 3. Sudut datang gelombang radio menuju lapisan.  Ada tiga faktor penting terhadap refraksi gelombang radio ini, yaitu : 1. Kepadatan ionisasi lapisan 2. Frekuensi gelombang radio 3. Sudut datang gelombang radio menuju lapisan.

5

6  Pantulan terjadi bila gelombang radio tersimpul pada bidang/permukaan datar.  Pada dasarnya ada dua jenis pantulan yang terjadi di atmosfir yaitu pantulan bumi dan pantulan ionosfir.  Pada gambar berikutnya dapat ditunjukkan adanya dua gelombang yang mengalami pantulan oleh permukaan bumi.  Pantulan terjadi bila gelombang radio tersimpul pada bidang/permukaan datar.  Pada dasarnya ada dua jenis pantulan yang terjadi di atmosfir yaitu pantulan bumi dan pantulan ionosfir.  Pada gambar berikutnya dapat ditunjukkan adanya dua gelombang yang mengalami pantulan oleh permukaan bumi.

7  Gelombang radio yang menjalar dalam ruang bebas mempunyai sedikit pengaruh terhadap gelombang itu sendiri.  Demikian pula bila gelombang radio yang menjalar di bumi, maka banyak pengaruh yang diakibatkan terhadap gelombang itu.  Pengalaman menunjukkan bahwa masalah-masalah yang dialami oleh gelombang radio disebabkan oleh kondisi atmosfir tertentu yang sangat kompleks.  Kondisi yang menyebabkan ini adalah sebagai hasil dari berkurangnya tingkat keseragaman udara atmosfir.

8

9

10 ionosfir

11

12 Karakteristik lapisan-lapisan pada ionosfir

13

14  Seperti kita ketahui bahwa permukaan bumi dapat mengubah propagasi suatu gelombang, dengan demikian kondisi yang ideal dari ruang bebas di mana gelombang elektromagnetik dipancarkan.

15

16

17

18

19

20


Download ppt " Gelombang adalah getaran yang merambat melalui medium.  Radio adalah sarana penyampai informasi yang berbentuk suara.  Radio adalah teknologi yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google