Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Syahrunita Putri Fatimah VIII A SMPN 1 CILEUNGSI 2011-2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Syahrunita Putri Fatimah VIII A SMPN 1 CILEUNGSI 2011-2012."— Transcript presentasi:

1 oleh: Syahrunita Putri Fatimah VIII A SMPN 1 CILEUNGSI

2

3 Getaran adalah gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangan. Titik kesetimbangan merupakan letak suatu benda pada saat benda tidak bergerak.

4  Gerak ayunan dari A ke C dan kembali ke A lagi disebut satu getaran.  Titik B merupakan titik kesetimbangan.  Jarak A-B atau B-C merupakan amplitudo getaran.  Amplutido adalah simpangan terjauh dari titik kesetimbangan A B C Peristiwa getaran dalam kehidupan sehari-hari misalnya gitar yang dipetik, drum yang dipukul, pegas yang digetarkan, dan ayunan. Pada umumnya, suatu getaran akan berhenti setelah bergetar beberapa saat. Getaran ini disebut getaran terendam. Agar dapat bergetar secara terus-menerus getaran terendam perlu mendapatkan energi dari luar, misalnya dengan memasang baterai pada sebuah alat.

5 Periode adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran. Rumus untuk mencari periode adalah angka 1 dibagi jumlah frekuensi dengan satuan detik / sekon. Besar periode tidak dipengaruhi oleh besarnya amplutido. Artinya, jika amplutido getaran diperbesar, besar periode getara adalah tetap. Frekuensi adalah benyaknya getaran yang terjadi dalam kurun waktu satu detik. Rumus frekuensi adalah jumlah getaran dibagi jumlah detik waktu. Frekuensi memiliki satuan hertz / Hz. * Amplitudo adalah jarak terjauh simpangan dari titik keseimbangan.

6 Besar periode getaran dapat ditentukan dengan rumus: Besar frekuensi getaran dapat ditentukan dengan rumus: Hubungan antara frekuensi dengan periode getaran: *dengan: T = besar periode getaran (sekon) f = besar frekuensi (Hertz) t = waktu yang diperluka (sekon) n = jumlah getaran yang dilakukan

7

8 Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat melalui medium, berupa zat padat, cair, dan gas. Gelombang adalah getaran yang merambat. Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik dan mungkin radiasi gravitasional yang bisa berjalan lewat vakum, gelombang juga terdapat pada medium (yang karena perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya memulihkan yang lentur) di mana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat kepadalain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen; yaitu tidak ada perpindahan secara masal. Bahkan, setiap titik khusus berosilasi disekitar satu posisi tertentu. Suatu medium disebut: 1. Linear jika gelombang yang berbeda di semua titik tertentu di medium bisa dijumlahkan 2. Terbatas jika terbatas, selain itu disebut tak terbatas 3. Seragam jika ciri fisiknya tidak berubah pada titik yang berbeda 4. Isotropik jika ciri fisiknya "sama" pada arah yang berbeda

9 Berdasarkan arah getar: 1. Gelombang transversal ⇒ arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatnya. 2. Gelombang longitudinal ⇒ arah getarnya searah dengan arah rambatnya. Berdasarkan cara rambat dan medium yang dilalui : 1. Gelombang mekanik ⇒ yang dirambatkan adalah gelombangmekanik dan untuk perambatannya diperlukan medium. 2. Gelombang elektromagnetik ⇒ yang dirambatkan adalah medanlistrik magnet, dan tidak diperlukan medium. Berdasarkan amplitudonya: 1. Gelombang berjalan ⇒ gelombang yang amplitudonya tetappada titik yang dilewatinya. 2. Gelombang stasioner ⇒ gelombang yang amplitudonya tidaktetap pada titik yang dilewatinya, yang terbentuk dari interferensidua buah gelombang datang dan pantul yang masing-masingmemiliki frekuensi dan amplitudo sama tetapi fasenya berlawanan.

10 Gelombang longitudinal terdiri atas rapitan dan renggagan. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang pada slinki.

11 Gelombang transversal terdiri atas bukit dan lembah gelombang. Cotoh gelombag transversal adalah gelombang air laut. Gelombang transversal termasuk gelombang mekanik, karena dalam perambatannya memerlukan zat antara (medium).

12

13 Pajang gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam waktu satu periode. Gelombang yang merambat memerlukan waktu, sehingga dapat dikatakan bahwa gelombang mempunyai cepat rambat. Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu sekon.

14 Besar cepat rambat gelombang dapat ditentukan dengan: rumus: Karena, besar cepat rambat gelombang dapat ditentukan dengan: *dengan: v = cepat rambat gelombang (m/s) λ = panjang gelombang (meter) f = frekuensi gelombang (Hertz) T = periode gelombang (sekon) v = λ. f


Download ppt "Oleh: Syahrunita Putri Fatimah VIII A SMPN 1 CILEUNGSI 2011-2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google