Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUBENO ARIF WIBOWO. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan konsep getaran  Tujuan pembelajaran Siswa dapat : 1.Menjelaskan pengertian getaran. 2.Menyebutkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUBENO ARIF WIBOWO. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan konsep getaran  Tujuan pembelajaran Siswa dapat : 1.Menjelaskan pengertian getaran. 2.Menyebutkan."— Transcript presentasi:

1 SUBENO ARIF WIBOWO

2 Kompetensi Dasar Mendeskripsikan konsep getaran  Tujuan pembelajaran Siswa dapat : 1.Menjelaskan pengertian getaran. 2.Menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari. 3.Mengamati getaran. 4.Membedakan antara simpangan dan amplitudo. 5.Menjelaskan pengertian periode suatu getaran. 6.Menentukan periode getaran.

3 Beberapa Contoh Getaran Beberapa contoh getaran yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari antara lain SSinar gitar yang dipetik BBandul jam dinding yang sedang bergoyang AAyunan anak-anak yang sedang dimainkan MMistar plastik yang dijepit pada salah satu ujungnya, lalu ujung lain diberi simpangan dengan cara menariknya, kemudian dilepaskan tarikannya. PPegas yang diberi beban

4 1. Pengertian Getaran a. Definisi Getaran Getaran adalah gerak bolak – bolik secara berkala melalui suatu titik keseimbangan. Pada umumnya setiap benda dapat melakukan getaran. Suatu benda dikatakan bergetar bila benda itu bergerak bolak bolik secara berkala melalui titik keseimbangan. Getaran adalah gerak bolak – balik di sekitar titik setimbang; 2 = titik setimbang ; 1 dan 3 = titik terjauh (Amplitudo);

5 A adalah titik seimbang gambar ayunan matematis A D C B

6 Keterangan : SSimpangan adalah jarak yang ditempuh oleh badul ayunan dari titik seimbang. misalnya : jarak a-d dan a-c. AAmplitudo adalah jarak atau simpangan terbesar dihitung dari kedudukan setimbang. misalnya: jarak a-c atau a-b. PPeriode getar adalah waktu yang diperlukan untuk mencapai satu getaran penuh misalnya ; jarak b-a-c-a-b. FFrekuensi adalah jumlah getaran lengkap yang terjadi dalam satu sekon.

7 Contoh Soal : Sautu benda mempunyai frekuensi 25 Hz. Hitunglah besarnya periode benda tersebut Diketahui : f = 25 Hz T =…?

8 Soal tes 1.Jelaskan yang dimaksud dengan amplitudo, periode, frekuensi dan getaran! Beserta contoh – contoh getaran dalam kehidupan sehari – hari. 2.Sautu benda mempunyai frekuensi 25 Hz. Hitunglah besarnya periode benda tersebut ! 3.Sebuah benda bergetar sebanyak 120 getaran dalam waktu 1 menit. Berapakah : a.Frekuensinya b.Periodenya c.Banyak getaran dalam waktu 10 detik? 4.Pada selang waktu 2 sekon terjadi gerakan bolak – balik sebanyak 10 kali. Tentukanlah frekuensi dan periodenya.

9 Tugas Rumah 1.Membuat rangkuman atau resume materi tentang gelombang.

10


Download ppt "SUBENO ARIF WIBOWO. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan konsep getaran  Tujuan pembelajaran Siswa dapat : 1.Menjelaskan pengertian getaran. 2.Menyebutkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google