Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Direktorat Pembinaan Kursus Dan Kelembagaan 2010 PROGRAM KEGIATAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Direktorat Pembinaan Kursus Dan Kelembagaan 2010 PROGRAM KEGIATAN."— Transcript presentasi:

1 Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Direktorat Pembinaan Kursus Dan Kelembagaan 2010 PROGRAM KEGIATAN SUBDIT KEMITRAAN TAHUN 2010 Drs. Mansur Simamora, MM Kasubdit Kemitraan

2 KEGIATAN SUBDIT KEMITRAAN TAHUN 2010 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 1.Orientasi Teknis Penguatan Kewirausah aan Bagi Organisasi Mitra Para pengurus organisasi mitra kursus yang masih aktif di tingkat DPP, DPD dan DPC yang seluruhnya berjumlah 196 orang terbagi dalam 2 angkatan Terjadinya kesepakatan kerjasama antara Direktorat, dunia usaha dan lembaga kursus dalam melaksanakan program penempatan atau magang kerja. Penyempurnaan kebijakan kerjasama untuk penjaminan mutu layanan kursus dalam kerangka peningkatan mutu lulusan kursus sebagai upaya kemandirian masyarakat. Meningkatkan pelaksanaan kerjasama atau kemitraan penyelenggaraan program PNF untuk transparansi dan akuntabilitas kegiatan.

3 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 2. Peningkatan Partisipasi Mitra Kursus dan Sektor Terkait 1.Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. 2.Depnakertrans 3.Departemen Kelautan dan Perikanan 4.Departemen Dalam Negeri 5.Poteknik 6.Departemen Pertanian. 7.BNP2TKI 8.Organisasi Mitra 9.APJATI 1.Berkembangnya wawasan peserta dalam meningkatkan dan mengembangkan program kurus dan pelatihan. 2.Perluasan akses kerjasama pengembangan kelembagaan dan program antara dunia usaha dengan lembaga kursus maupun instansi terkait. 3.Penyempurnaan kebijakan kerjasama untuk penjaminan mutu layanan kursus dalam kerangka peningkatan mutu penyelenggaraan dan lulusan kursus dalam kerangka kemandirian masyarakat

4 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 3. Orientasi Teknis Penguatan Kapasitas Organisasi Mitra PNF di Daerah Para pengurus organisasi mitra di tingkat DPD dan DPC yang aktif di 8 provinsi yang seluruhnya berjumlah 440 orang. 1.Program kerja Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan tersosialisasikan kepada Dinas Pendidikan dan pengelola kursus sampai di tingkat Kabupaten/Kota. 2.Terjalinnya harmonisasi dalam pelaksanaan program antara Dinas Pendidikan di tingkat Provinsi dengan pengurus DPD dan DPC organisasi mitra kursus.

5 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 4. Jaringan Kerjasama Mitra Kursus dalam Negeri Sasaran kegiatan seluruhnya berjumlah 432 orang terbagi dalam 3 angkatan, yang berasal dari unsur: 1. Organisasi Kelembagaan Kursus 2. Asosiasi Profesi 3. Para Penyelenggara Kursus 3. Kamar Dagang dan Industri 4. Asosiasi Pengusaha Indonesia 5. HIPMI 1.Adanya kesamaan persepsi dalam memenuhi pasar kerja. 2.Tersusunnya akad kerjasama antara penyelenggara kursus dengan DUDI dalam hal peningkatan kualitas lulusan, pemagangan dan penempatan lulusan.

6 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 5. Penguatan Peluang Usaha dan Peluang Kerja Sasaran kegiatan seluruhnya berjumlah 432 orang terbagi dalam 3 angkatan, yang berasal dari unsur: 1. Organisasi Kelembagaan Kursus 2. Asosiasi Profesi 3. Para Penyelenggara Kursus 4. Kamar Dagang dan Industri 5. Asosiasi Pengusaha Indonesia 6. HIPMI 1.Perluasan akses kerjasama pengembangan kelembagaan sampai di tingkat Kabupaten/Kota. 2.Evaluasi dan penyempurnaan kebijakan kerjasama untuk penjaminan mutu layanan kursus dalam kerangka peningkatan mutu penyelenggaraan dan lulusan kursus serta kemandirian masyarakat. 3.Semakin banyak lulusan kursus yang bekerja atau berwira usaha secara mandiri.

7 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 6. Bimbingan Teknis Bagi Lembaga Calon Penerima Bantuan Sasaran kegiatan seluruhnya berjumlah 130 orang terbagi dalam 2 angkatan, yang berasal dari unsu calon penerima bantuan KPP, KWD Daerah Tertinggal dan Organisasi Mitra Kursus. 1.Resiko terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan program semakin kecil. 2.Adanya akad kerjasama antara Dit.Binsuskel dengan calon penyelenggara program.

8 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 7.Visitasi Lembaga Calon Penerima Anugerah Sasaran kegiatan seluruh karya tulis dari lembaga /perseorangan yang mengajukan Anugerah Widya Karya Bhakti Kursus. Adanya daftar nominator calon penerima Anugerah Widya Karya Bhakti Kursus yang layak untuk dilakukan visitasi. 8.Pemberian Anugerah Widya Karya Bhakti Kursus 1.Pengelola lembaga kursus dan pelatihan 2.Instruktur dan pelatihan kursus dan pelatihan 3.DU / DI Terlaksananya pemberian Anugerah Widya Karya Bhakti Kursus kepada insan/lembaga yang berwenang sehingga mampu meningkatkan motivasi untuk lebih berperan lagi dalam pengembangan kursus.

9 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 9. Jaringan Kerjasama Mitra Kursus Luar Negeri Lulusan lembaga yang bekerja di luar negeri 1.Adanya jaringan kerjasama dengan luar negeri dalam hal penempatan lulusan kursus. 2. Adanya evaluasi tentang efektivitas pelaksanaan program KPP Luar Negeri 10. Pemberian Subsidi 1.KPP untuk orang. 2.KWD daerah Tertinggal untuk orang. 3.Penguatan Kelembagaan organisasi Mitra 25 lembaga. Tersalurkannya dana bantuan KPP, KWD Daerah Tertinggal dan Penguatan kelembagaan organisasi mitra

10 NOKEGIATANSASARANHASIL YANG DIHARAPKAN 11. Penilaian Proposal dan Visitasi 1.Penilaian proposal KPP diperkirakan sebanyak 50 lembaga. 2.Penilaian proposal KWD daerah Tertinggal diperkirakan sebanyak 75 proposal. 3.Penilaian proposal Penguatan Organisasi Mitra diperkirakan sebanyak 50 proposal Tersalurkannya dana bantuan untuk penyelenggaraan program KPP bagi sebanyak orang, KWD tertinggal sebanyak orang dan organisasi mitra sebanyak 25 lembaga.


Download ppt "Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Direktorat Pembinaan Kursus Dan Kelembagaan 2010 PROGRAM KEGIATAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google