Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi Sesi 6 Kelas PENILAIAN EMPAT KELOMPOK MATA PELAJARAN PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi Sesi 6 Kelas PENILAIAN EMPAT KELOMPOK MATA PELAJARAN PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN."— Transcript presentasi:

1 Materi Sesi 6 Kelas PENILAIAN EMPAT KELOMPOK MATA PELAJARAN PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL 2011

2 Masalah Sesi Diskusi Kelompok Bagaimana kondisi faktual implementasi Permendiknas nomor 45 pasal 2 tentang kriteria kelulusan peserta didik tahun 2011? Bagaimana teknik penilaian afektif untuk lima kelompok mata pelajaran: 1. Agama dan Ahlak Mulia, 2. Kewarganegaraan dan Kepribadian, 3. IPTEKS, 4. Estetika, 5. Jasmani, Olah Raga dan kesehatan? Indikator-indikator apa saja untuk penilaian afektif lima kelompok mata pelajaran sesuai SKL? Bagaimana pengawas sekolah memastikan bahwa guru di sekolah melaksanakan penilaian sesuai dengan karakteristik SKL dan mencapai target yang diharapkan (penjaminan mutu)?

3 SKENARIO PEMBELAJARAN Kegiatan dibagi dalam 5 kelompok kecil membahas seluruh masalah menggunakan waktu sebagai berikut. No.KegiatanTujuanWaktu 90 1.Merumuskan informasi tentang Permendiknas nomor 45 tahun 2010 Pasal 2 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan yaitu: a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran; b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk empat kelompok mata pelajaran: Menyusun informasi tentang penilaian empat kelompok mata pelajaran yang diperoleh minimal baik pada kelompok mata pelajaran: agama dan ahlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, jasmani, olah raga dan kesehatan 10 menit 2.Merumuskan indikator-indikator penilaian afektif empat kelompok mata pelajaran. Menyusun indikator –indikator penilaian afektif untuk mata pelajaran pendidikan agama, Pkn, Seni, dan Olah raga. 10 menit 3.Simulasi penerapan penilaian afektif untuk empat kelompok mata pelajaran Memberikan keterampilan pengawas sekolah agar dapat membimbing guru melaksanakan penilaian afektif sebagai kriteria kenaikan kelas atau kelulusan sesuai dengan indikator yang sesuai dengan karakteristik MP. 15 menit

4 KRITERIA KELULUSAN MINIMAL BAIK (POS UN 2011) Kelompok Mata Pelajaran Mata PelajaranAspek Kriteria Kelulusa n 1 Agama dan Akhlak Mulia Pendidikan Agama Kognitif AfektifBaik 2 Kewarganegaraan dan Kepribadian Pendidikan Kewarganegaraan Kognitif Kewarganegaraan Afektif KepribadianBaik Afektif Prilaku Berkepribadian Baik 3 Estetika Seni Budaya Psikomotorik AfektifBaik Sastra Indonesia Psikomotorik AfektifBaik 4 Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kognitif dan Psikomotorik 7,50 Afektif Baik

5 KRITERIA KELULUSAN UJIAN SEKOLAH Tabel Kriteria Kelulusan Ujian Sekolah NoMata Pelajaran Kelompok IPTEK Kriteria Kelulusan (KK) Keterangan IPAIPSBHS 1.Bahasa Indonesia KK Program IPA dan IPS sama. Bahasa berbeda. 2.Bahasa Inggris KK setiap program sama. 3.Matematika KK setiap program berbeda. 4.Fisika -- 5.Kimia -- 6.Biologi -- 7.Geografi -- 8.Ekonomi -- 9.Sosiologi Sastra Indonesia Bahasa Asing - 12.Antropologi - 13.Sejarah KK setiap program berbeda. 14.Seni Budaya KK setiap program sama. 15.Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan KK setiap program sama. 16.Teknologi Informasi dan Komunikasi KK setiap program sama. 17.Keterampilan/ Bahasa Asing Ketrampilan / bahasa asing untuk program IPA dan IPS. Ketrampilan untuk bahasa. 18.Muatan Lokal KK setiap program sama.

6 Kelompok Agama dan Akhlak Mulia Penentuan nilai akhir peserta didik dalam mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia ditetapkan melalui rapat dewan pendidik berdasarkan hasil ujian sekolah dengan mempertimbangkan penilaian oleh pendidik. Dalam rangka menilai akhlak peserta didik, guru agama atau guru mata pelajaran lain melakukan pengamatan terhadap perilaku peserta didik, baik di dalam maupun di luar kelas. Pengamatan ini dimaksudkan untuk menilai perilaku peserta didik, yang menyangkut pengamalan agamanya seperti kedisiplinan, kebersihan, tanggung jawab, sopan santun, hubungan sosial, kejujuran, dan pelaksanaan ibadah ritual.

7 Kelompok Kewarganegaraan dan Kepribadian Ada dua kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan dalam penilaian kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, yaitu menyelenggarakan ujian sekolah dan menyelenggarakan rapat dewan pendidik untuk menentukan nilai akhir setiap peserta didik pada kelompok mata pelajaran tersebut. Ujian sekolah dilakukan untuk mengukur penguasaan kompetensi peserta didik dalam aspek kognitif, sedangkan aspek afektif dinilai oleh guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan guru mata pelajaran lainnya serta konselor melalui pengamatan. Penentuan nilai akhir peserta didik dalam mata pelajaran kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian ditetapkan melalui rapat dewan pendidik berdasarkan hasil ujian sekolah dengan mempertimbangkan penilaian oleh pendidik.

8 Kelompok Mata Pelajaran Estetika Penilaian akhir oleh satuan pendidikan dimaksudkan menilai kompetensi peserta didik yang dicapai pada akhir program satuan pendidikan (untuk keperluan penentuan kelulusan) peserta didik. Penilaian akhir Mata Pelajaran Seni Budaya dan Bahasa Indonesia (aspek sastra) dilakukan dengan mempertimbangkan penilaian pendidik yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku peserta didik dalam aspek kompetensi apresiasi dan kreasi/rekreasi seni (seni rupa, musik, tari atau teater) dan kompetensi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis sastra. Hasil penilaian akhir ini tercermin pada nilai akhir program satuan pendidikan.

9 Kelompok Mata Pelajaran Estetika Nilai akhir program satuan pendidikan mata pelajaran Seni Budaya diperoleh dari hasil penilaian kompetensi apresiasi dan kreasi/rekreasi dari berbagai aspek seni budaya (seni rupa, musik, tari, atau teater) yang diajarkan. Pada satuan pendidikan yang mengajarkan seluruh aspek seni budaya tersebut, nilai akhir mata pelajaran Seni Budaya menggambarkan masing-masing skor yang dicapai dari aspek seni rupa, musik, tari, atau teater atau dapat pula dengan hanya memilih satu skor tertinggi sebagai nilai akhir. Nilai akhir yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal itulah yang disebut dengan nilai “baik” sebagai persyaratan kelulusan peserta didik.

10 Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Penentuan nilai akhir oleh satuan pendidikan dilakukan berdasarkan hasil penilaian oleh pendidik. Peniliaian oleh satuan pendidikan dilakukan pada akhir tahun ajaran untuk menentukan kelulusan. Langkah-langkah dalam menentukan nilai akhir oleh satuan pendidikan adalah dengan membentuk tim untuk melaksanakan ujian akhir, dan selanjutnya tim melaksanakan ujian akhir kinerja peserta didik (performance test) dalam keterampilan gerak. Bentuk keterampilan gerak yang diujikan mencakup kemampuan fisik umum (kesegaran jasmani), Kelincahan, dan koordinasi.

11 Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kesegaran jasmani dapat diukur dengan berbagai macam tes kesegaran jasmani yang sesuai dengan tingkat usia dan perkembangan peserta didik. (pilih satu). Kelincahan dapat diukur dengan berbagai macam tes kelincahan yang sesuai dengan tingkat usia dan perkembangan peserta didik. (pilih satu). Tes koordinasi dapat dikembangkan sendiri oleh pendidik atau tim untuk mengukur kemampuan koordinasi mata, tangan, dan kaki. Tes koordinasi ini merupakan alat ukur yang dikembangkan untuk dapat mengukur koordinasi peserta didik secara umum.

12 Pedoman penentuan kelulusannya Peserta didik dinyatakan ’tidak lulus’ apabila hanya ada satu di antara ketiga komponen termaksud bernilai minimal baik. Peserta didik dinyatakan lulus dengan ’baik’ apabila ujian sekolah lulus dan paling tidak satu di antara dua komponen lainnya memperoleh nilai minimal baik. Peserta didik dinyatakan lulus dengan ’sangat baik’ apabila ujian sekolah lulus dengan nilai sangat baik dan dua komponen lainnya memperoleh nilai sangat baik atau baik.

13 Nilai akhir kelompok mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah sebagai berikut: Nilai Akhir (NA) = (2 x skor rata-rata penilaian kognitif oleh pendidik)+ (1 x skor rata-rata penilaian kognitif perilaku hidup sehat oleh pendidik) + (2 x skor ujian akhir) + (3 x skor rata-rata penilaian psikomotor oleh pendidik) + (6 x skor rata-rata penilaian psikomotor ujian akhir) : 14

14

15 Pernyataan Masalah Bagaimana cara membimbing, melatih, membina guru agar terampil melakukan penilaian untuk menentukan kriteria minimal baik pada penilaian akhir pada seluruh mata pelajaran 1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; 2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; 3. Kelompok mata pelajaran estetika, dan 4. Kelompok mata pelajaran jasmani,olah raga, dan kesehatan; Bagaimana sekolah menjamin pelaksanaan penilaian afektif sesuai dengan standar yang ditetapkan.

16 Tanya Jawab, SIMULASI, dan Kesimpulan


Download ppt "Materi Sesi 6 Kelas PENILAIAN EMPAT KELOMPOK MATA PELAJARAN PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google