Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Harmoni dan Akor. Harmoni Harmoni adalah salah satu teori musik yang mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord agar musik tersebut dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Harmoni dan Akor. Harmoni Harmoni adalah salah satu teori musik yang mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord agar musik tersebut dapat."— Transcript presentasi:

1 Harmoni dan Akor

2 Harmoni Harmoni adalah salah satu teori musik yang mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord agar musik tersebut dapat enak didengar dan selaras.

3 Akor Akor berasal dari kata ‘corda’ yang artinya tali atau untaian. Akor adalah paduan beberapa nada apabila dimainkan bersamaan akan terdengar harmonis. akor dapat dimainkan secara bersama(serentak) ataupun bergantian (arpeggio). Akor tidak hanya berperan sebagai penyerta, tetapi juga menyatu dengan melodi.

4 Jenis-Jenis Akor Akor Mayor Akor Minor AS AlasTerts BesarKwint Murni CEG AlasTerts KecilKwint CEbG

5 Akor Diminished Akor Augmented AlasTerts KecilKwint Kecil CEb (Es)Gb(Ges) AlasTerts KecilKwint Besar CEG#(Gis)

6 Tingkatan Akor : Tingkat Akor NamaSusunan nada Keterangan ITonikaC-E-GC Mayor IISupertonikad-f-ad minor IIIMediane-g-be minor IVSub DominanF-A-CF mayor VDominanG-B-DG mayor VISub Mediana-c-ea minor VIILeading Toneb-d-f b diminished

7 Simbol Akor 1) Simbol Angka Simbol angka yang digunakan untuk menuliskan simbol akor adalah jenis angka Romawi I sampai dengan VII. Akor dengan angka romawi dibedakan menjadi dua, yaitu : a) akor mayor ditulis dengan angka romawi besar (I, II, III, IV, V, VI,VII); b) akor minor ditulis dengan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, v, vi, vii).

8 2) Simbol Huruf Simbol huruf dibedakan menjadi dua macam, yaitu a) akor mayor ditulis menggunakan huruf besar; b) akor minor ditulis menggunakan huruf kecil. Contoh: 1) Akor C mayor simbol hurufnya C 2) Akor d minor simbol hurufnya dm 3) Akor G septime simbol hurufnya G7 4) Akor a minor septime simbol hurufnya am7 5) Akor b diminished simbol hurufnya bdim 3) Simbol Gambar Simbol gambar ditulis menggunakan dua macam bentuk, yaitu bentuk gambar dalam notasi balok dan bentuk gambar posisi jari pada instrumen harmonis.

9 Mengapa kita perlu belajar akor? Agar kita mampu menggunakannya dalam mengiringi melodi dalam sebuah lagu. Agar kita mampu mengaransemen melodi tunggal menjadi dua suara atau lebih. Agar kita mampu membuat komposisi atau mencipta lagu dengan bantuan prinsip-prinsip harmoni yang terkandung dalam akor.

10 Terima Kasih Q/A


Download ppt "Harmoni dan Akor. Harmoni Harmoni adalah salah satu teori musik yang mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord agar musik tersebut dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google