Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JAVA Network Programming. Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. ● Dikembangkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JAVA Network Programming. Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. ● Dikembangkan."— Transcript presentasi:

1 JAVA Network Programming

2 Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun ● Dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer­­. ● Dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.

3 Fitur JAVA Applet Java Networking Java Database Connectivity (JDBC) Java Security Java Swing Java RMI Java 2D/3D Java Server Pages JNI (Java Native Interface) Java Sound Java IDL + CORBA Java Card JTAPI (Java Telephony API)

4 JAVA Network Programming Socket o Suatu abtraksi yang mana aplikasi dapat mengirim dan menerima data seperti sama halnya dengan membuka suatu file untuk dibaca dan ditulis pada tempat penyimpanan file. o Memungkinkan untuk masuk kedalam jaringan dan berkomunikasi dengan aplikasi lain yang juga masuk kedalam jaringan yang sama. o Dilengkapi dengan alamat, yang terdiri atas IP address tujuan dan nomor port. Port o Layanan yang disediakan oleh server o Nomor-nomor di bawah angka 1024 merupakan port yang umum digunakan dan ditetapkan oleh IANA (Internet Assigned Number Authority)

5 Ilustrasi penggunaan socket

6 Operasi pada Socket Koneksi ke remote machine Mengirim data Menerima data Menutup koneksi Menghubungkan port Listening data yang masuk Menerima koneksi dari remote machine yang terhubung

7 Penggunaan Socket dalam JAVA Java.net.socket  client socket try { Socket NamaSocket = new Socket(HostName, NomorPort); } catch (UnknownHostException ex) { System.err.println(ex); } catch (IOException ex) { System.err.println(ex); }

8 Penggunaan Socket dalam JAVA (Lanjutan) Java.net.serversocket  server socket try{ theServer = new ServerSocket(NomorPort); theServer.Close() } catch (IOException e){ System.out.println("There is a server on port " + NomorPort + "."); }

9 TCP Socket Transmission Control Protocol (TCP) adalah suatu protokol yang berada di lapisan transport yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). Karakteristik Berorientasi sambungan (connection-oriented) Full-duplex Dapat diandalkan (reliable) Byte stream Memiliki layanan flow control Mengirimkan paket secara "one-to-one"

10 UDP Socket User Datagram Protocol (UDP), adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Karakteristik UDP Connectionless (tanpa koneksi) Unreliable (tidak andal) UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. UDP menyediakan penghitungan checksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP.

11 Perbedaan UDP dan TCP Header message UDP lebih sederhana dibandingkan TCP. Sebagaimana terlihat pada gambar. Field padding dapat ditambahkan ke datagram untuk memastikan bahwa message terdiri atas multiple 16-bit.

12 RMI (Remote Method Invocation) Bagian dari J2SE yang digunakan untuk membangun aplikasi terdistribusi menggunakan bahasa Java. Kumpulan kelas dalam Java yang digunakan untuk menangani pemanggilan (invocation) method secara jarak jauh (remote) dalam suatu jaringan atau Internet. Memisahkan obyek-obyek secara terdistribusi dalam mesin-mesin yang berbeda. Menggunakan prinsip pemrograman berorientasi obyek dimana obyek satu dapat saling berkomunikasi dengan obyek lainnya. Membutuhkan Interface. Terdiri dari client dan server.

13 Arsitektur RMI

14 Keterbatasan RMI Java-only Menggunakan TCP bukan UDP Minimal 2 soket untuk setiap koneksi Belum dites untuk load yang cukup banyak


Download ppt "JAVA Network Programming. Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. ● Dikembangkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google