Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“MEMBANGUN SISTEM OPERASI MANDIRI BERBASIS OPEN SOURCE DENGAN METODE REMASTER” Oleh : Danang Ariyanto Putro Nim : 09610190.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“MEMBANGUN SISTEM OPERASI MANDIRI BERBASIS OPEN SOURCE DENGAN METODE REMASTER” Oleh : Danang Ariyanto Putro Nim : 09610190."— Transcript presentasi:

1 “MEMBANGUN SISTEM OPERASI MANDIRI BERBASIS OPEN SOURCE DENGAN METODE REMASTER” Oleh : Danang Ariyanto Putro Nim :

2 GNU / Linux Apa yang di sebut dengan linuk? Apa yang di sebut dengan linuk? Linux adalah sebuah sistem operasi seperti juga UNIX, OS/2, ataupun Ms. Windows. Linux hadir dalam dunia teknologi informasi tidak hanya sebuah sistem operasi, tetapi juga merupakan pemicu adanya revolusi pemikiran pada industri perangkat lunak.

3 PERUMUSAN MASALAH Pada Penelitian ini penulis akan membuat sebuah distro Linux berbasiskan Ubuntu yang akan diberi nama SOHO 1.0 code name Office. Penulis akan melakukan uji coba sejauh mana keberhasilan dalam membuat distro SOHO terhadap segi kualitas, kestabilan, deteksi perangkat keras, dan paket yang bisa di ikut sertakan sehingga bisa terbentuk sebuah distro dalam satu CD. Penulis juga akan menguji kestabilan sistem dengan menginstalkan distro SOHO ke dalam sebuah perangkat komputer dengan spesifikasi rendah.

4 TUJUAN PROGRAM Pembuatan distro Linux SOHO ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem operasi Linux dalam bentuk satu CD dengan berbagai aplikasi untuk tujuan perkantoran, khususnya untuk kebutuhan Small Office Home Office. Sehingga dengan penelitian ini sebuah perusahaan kecil atau home industri bisa menggunakan distro Linux SOHO sebagai sebuah sistem operasi alternatif yang legal dan tidak berbayar.

5 HASIL YANG DIHARAPKAN Hasil yang diharapkan setelah penelitian ini terlaksana dan tercipta dapat membuat pengguna kantoran bisa beralih dari sistem operasi berbayar kemudian menggunakan distro Linux SOHO dan tidak perlu takut lagi masalah biaya dalam menggunakan sebuah sistem operasi yang legal, karena hanya dengan menggunakan distro Linux SOHO sudah cukup menggantikan daripada menggunakan sistem operasi yang berbayar.

6 KEGUNAAN PROGRAM Manfaat adanya distro Linux SOHO yaitu selain dari segi ekonomi/biaya yang gratis (legal), serta pemanfaatannya bisa menggunakan PC model lama sehingga bisa digunakan kembali secara optimal. Selain itu juga penggunaan distro Linux SOHO akan membuat perusahaan kecil ataupun home industri mengurangi ketergantungan terhadap perangkat lunak berbayar sehingga alokasi biaya untuk menggunakan perangkat lunak berbayar bisa digunakan untuk modal penambahan modal usaha bagi perusahaan kecil tersebut.

7 Apakah kemampuan-kemampuan linuk? ► Kode sumber ► Memenuhi kompatibilitas dengan POSIX, System V, dan BSD ► Kompatibel di level binary dengan SCO, SVR3, SVR4 ► Multitasking, beberapa program jalan sekaligus. ► Multiuser, beberapa pengguna menggunakan mesin yang sama. ► Multiconsole, ► Multiplatform, ► Multiprocessor, ► Melakukan proteksi memori antara proses ► Demand load executable ► Shared copy on write among executable ► Virtual Memori menggunakan paging ► Jaringan, Linux menggunakan protocol TCP/IP ► Menyediakan core dump sehingga

8 Kelebihan linux Bersifat Free Bersifat Free Lengkap dan powerful Lengkap dan powerful Didukung oleh banyak komunitas seluruh dunia Didukung oleh banyak komunitas seluruh dunia Lebih tahan terhadap virus Lebih tahan terhadap virus Kompatibel dengan berbagai processor komputer Kompatibel dengan berbagai processor komputer

9 Kekurangan Linux Kurang populer, karena anggapan umum bahwa linux tidak user friendly Deteksi perangkat keras yang terkadang kurang mendukung karena beberapa vendor perangkat keras yang bersifat tertutup kode sumber perangkat kerasnya Ketergantungan paket aplikasi yang harus di download secara manual

10 Konsep Pembuatan Distro

11 METODE PELAKSANAAN PROGRAM Melakukan persiapan pertemuan dan pembentukan awal tim untuk menentukan jadwal dan pembagian tugas masing-masing. Mengumpulkan informasi dan referensi baik buku maupun dari media internet yang terkait dengan penelitian. Pelaksanaan kegiatan penelitian : instalasi dan konfigurasi tool-tool yang akan digunakan ; instalasi file iso image kedalam sistem virtual ; konfigurasi sistem virtual sesuai dengan kebutuhan seperti paket aplikasi dan tampilan desktop, serta optimasi system ; pembuatan image dari sistem virtual yang akan di burning kedalam satu CD. Melakukan analisa dan uji coba hasil penelitian menggunakan perangkat komputer berspesifikasi rendah. Menulis laporan hasil kegiatan penelitian.

12 TERIMA KASIH….


Download ppt "“MEMBANGUN SISTEM OPERASI MANDIRI BERBASIS OPEN SOURCE DENGAN METODE REMASTER” Oleh : Danang Ariyanto Putro Nim : 09610190."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google