Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NERACA SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DISAJIKAN DALAM TOT PROGRAM PERCEPATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NERACA SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DISAJIKAN DALAM TOT PROGRAM PERCEPATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH."— Transcript presentasi:

1 NERACA SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DISAJIKAN DALAM TOT PROGRAM PERCEPATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH

2 Definisi Neraca  Neraca adalah salah satu komponen laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan pada tanggal tertentu.  Yang dimaksud dengan posisi keuangan adalah posisi aset, kewajiban dan ekuitas dana.

3 Definisi Neraca  Aset adalah sumber daya yang dapat memberikan manfaat ekonomi dan/atau sosial yang dikuasai dan/atau dimiliki oleh pemerintah dan dapat diukur dalam satuan uang.  Kewajiban adalah utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaianya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah.  Ekuitas dana adalah kekayaan bersih pemerintah yang merupakan selisih antara aset dan kewajiban pemerintah.

4 Contoh format Laporan NERACA

5 Pejelasan Neraca-1: Aset Lancar  Kas di Bendaharawan Pengeluaran, Disajikan menurut nilai nominal. Jumlah ini adalah merupakan saldo Kas atas UP yang belum dipertanggunggjawabkan secara definitif  Kas di Bendaharawan Penerima, merupakan PNBP yang belum disetorkan ke KUN, dijelaskan asal/sumber dana.  Piutang PNBP, semua klaim yang dapat dijadikan Kas dan dirinci menurut jenis piutang yang dimiliki.  Piutang Lain-lain, diungkapkan jenis piutang yang dimaksud.

6 Pejelasan Neraca-1: Aset Lancar  Kas di Bendaharawan Pengeluaran, Disajikan menurut nilai nominal. Jumlah ini adalah merupakan saldo Kas atas UP yang belum dipertanggunggjawabkan secara definitif  Kas di Bendaharawan Penerima, merupakan PNBP yang belum disetorkan ke KUN, dijelaskan asal/sumber dana.  Piutang PNBP, semua klaim yang dapat dijadikan Kas dan dirinci menurut jenis piutang yang dimiliki.  Piutang Lain-lain, diungkapkan jenis piutang yang dimaksud.

7 Pejelasan Neraca-2: Aset Lancar  Bagian Lancar Tagihan Penjualan Angsuran, Diuangkapkan jenisnya, dan reklasifikasinya.  Bagian Lancar TGR, diungkapkan jenis TGRnya, pihak yang dikenakan TGR, rincian dan reklasifikasinya.  Persediaan, merupakan supplies, barang dalam proses produksi (setengah jadi), dan barang yang tersedia dalam rangka dijual.

8 Pejelasan Neraca-3: Aset Lancar  Persediaan disajikan sebesar –Biaya perolehan apabila didapat dengan pembelian –Biaya standar apabila diperoleh dengan memprodusi sendiri. –Nilai wajar apabila diperoleh dengan cara lain, seperti donasi atau rampasan  Nilai pembelian yang digunakan adalah nilai terakhir.

9 Pejelasan Neraca-4: Aset Tetap  Tanah, dicatat sebesar biaya perolehan. Biaya lain seperti biaya pengurugan dan biaya sertifikat dimasukkan kedalam harga tanah  Peralatan dan Mesin, dirinci berdasarkan golongan dan bidang sesuai kodefikasi  Gedung dan Bangunan  Jalan, Irigasi dan Jaringan  Aset Tetap lainnya, berupa barang-barang bercorak kesenian dan buku2 perpustakaan  Konstruksi Dalam Pengerjaan

10 Pejelasan Neraca-5: Aset Bersejarah  Aset Bersejarah tidak disajikan dalam neraca, tetapi diungkapkan dalam CaLK.  Aset Bersejarah dibuktikan dengan peraturan perundang-undangan.  Aset Bersejarah diungkapkan dalam CaLK tanpa nilai, hanya jumlah kuantitasnya.

11 Pejelasan Neraca-6: Aset Lainnya  Aset Lainnya merupakan aset yang tidak dapat dikelompokkan ke dalam Aset Lancar, Aset Tetap.  Misalnya: –Tagihan Penjualan Angsuran, dirinci dan juga dibuat reklasifikasinya. –Tuntutan Ganti Rugi, dirinci dan dibuat reklasifikasinya –Kemitraan dengan Pihak Ketiga –Aset Tidak Berwujud –Aset Lain-lain, dirinci berdasarkan jenisnya.

12 Pejelasan Neraca-7: Kewajiban Jk Pendek  Uang Muka dari KPKN, disajikan sebesar nilai nominal dan dijelaskan bahwa perkiraan ini merupakan lawan perkiraan Kas di Bendara Pengeluaran.  Pendapatan yang ditangguhkan, disajikan sebesar nilai nominal dan dijelaskan bahwa perkiraan ini merupakan lawan perkiraan Kas di Bendahara Penerima

13 Pejelasan Neraca-7: Ekuitas Dana Lancar  Cadangan Piutang, Perkiraan ini merupakan lawan perkiraan Piutang PNBP, Piutang Pajak, Bag. Lancar TPA/ TGR, Piutang Lain-lain  Cadangan Persediaan, merupakan lawan perkiraan dari persediaan dan jumlahnya pun harus sama dengan persediaan

14 Pejelasan Neraca-7: Ekuitas Dana Diinvestasikan  Diinvestasikan Dalam Aset Tetap, merupakan lawan perkiraan-perkiraan yang terdapat pada kelompok Aset Tetap.  Diinvestasikan Dalam Aset Lainnya, merupakan lawan perkiraan-perkiraan yang terdapat pada kelompok Aset Lainnya.

15 Kunjungi kami di


Download ppt "NERACA SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DISAJIKAN DALAM TOT PROGRAM PERCEPATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google