Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NO. 05AKUNTANSIPERSEDIAAN BY. BETRI SIRAJUDDIN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NO. 05AKUNTANSIPERSEDIAAN BY. BETRI SIRAJUDDIN."— Transcript presentasi:

1 PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NO. 05AKUNTANSIPERSEDIAAN BY. BETRI SIRAJUDDIN

2 untuk mengatur perlakuan akuntansi untuk persediaan dan informasi lainnya yang dianggap perlu disajikan dalam laporan keuangan.

3 a.Seluruh persediaan dalam laporan keuangan untuk tujuan umum yang disusun dan disajikan dengan basis kas untuk pengakuan pos-pos pendapatan, belanja, transfer, dan pembiayaan, serta basis akrual untuk pengakuan pos-pos aset, kewajiban, dan ekuitas. b.Seluruh entitas pemerintah pusat dan daerah tidak termasuk perusahaan negara/daerah.

4 PERSEDIAAN BERWUJUD Barang/perlengkapan (supplies) untuk kegiatan operasional pemerintah Bahan/perlengkapan (supplies) untuk proses produksi Barang dalam proses produksi yang dimaksudkan untuk dijual/diserahkan ke masyarakat Barang yang disimpan untuk dijual/diserahkan ke masyarakat dalam rangka kegiatan pemerintahan.

5 CONTOH PERSEDIAAN Barang konsumsi (ATK, obat-obatan dll) Amunisi Bahan untuk pemeliharaan Suku cadang Persediaan untuk tujuan strategis/berjaga-jaga Pita cukai dan leges Bahan baku Barang dalam proses/setengah jadi Tanah/bangunan untuk dijual/diserahkan ke masyarakat Hewan & tanaman untuk dijual/diserahkan ke masyarakat

6 Persediaan diakui pada saat potensi manfaat ekonomi masa depan diperoleh pemerintah dan mempunyai nilai atau biaya yang dapat diukur dengan andal. Persediaan diakui pada saat diterima atau hak kepemilikannya dan/atau kepenguasaannya berpindah.

7 Contoh: 4 Maret, Sekda membeli kertas senilai Rp150 juta untuk keperluan sehari-hari. 31 Desember, persediaan tersisa senilai Rp25 juta. DATEURAIANREKDEBETKREDIT 4 MaretBelanja Barang & Jasa Kas di Kas Daerah MaretPersediaan – ATK Cadangan Persediaan (EDL) DesCadangan Persediaan (EDL) Persediaan – ATK

8  Biaya perolehan apabila diperoleh dengan pembelian  Biaya perolehan persediaan meliputi harga pembelian, biaya pengangkutan, biaya penanganan & biaya lainnya yang secara langsung dapat dibebankan pada perolehan persediaan.  Potongan harga, rabat, dan lainnya yang serupa mengurangi biaya perolehan)  Biaya standar apabila diperoleh dgn memproduksi sendiri  Nilai wajar, apabila diperoleh dengan cara lainnya seperti donasi/rampasan

9 CONTOH HARGA PEROLEHAN Dinas Peternakan membeli 30 ekor Rp5 juta. Biaya pengangkutan sebesar Rp3 juta ditanggung oleh penjual Karena Dinas Peternakan membayar secara tunai, maka diberikan discount sebesar 5% dari total harga jual. Upah tukang sapi pada saat diturunkan dari kendaraan sebesar Rp500 ribu. Berapa harga perolehan sapi tersebut?

10 PENGUNGKAPAN 1.Kebijakan akuntansi yang digunakan dalam pengukuran persediaan; 2.Penjelasan lebih lanjut persediaan 3.Kondisi persediaan Persediaan kondisi rusak/usang tidak dilaporkan dalam neraca, tetapi diungkapkan dalam CaLK Laporan Keuangan Mengungkapkan :


Download ppt "PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NO. 05AKUNTANSIPERSEDIAAN BY. BETRI SIRAJUDDIN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google