Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Defenisi Akun Pendapatan & Belanja 9 th class Nurhayati Soleha, SE Jurusan Akuntansi FE. Untirta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Defenisi Akun Pendapatan & Belanja 9 th class Nurhayati Soleha, SE Jurusan Akuntansi FE. Untirta."— Transcript presentasi:

1 Defenisi Akun Pendapatan & Belanja 9 th class Nurhayati Soleha, SE Jurusan Akuntansi FE. Untirta

2 Pendapatan  Pendapatan merupakan penerimaan kas yang menambah kekayaan suatu entitas.  Seluruh hak yang dimiliki entitas yang ditimbulkan oleh penyerahan barang dan jasa.  Accounting Terminology Bulletin mendefenisikan pendapatan sebagai penjualan brg dan jasa serta diukur dg pembebanan yang dikenakan kepada pelanggan, klien atau penyewa.  PSAK, pendapatan sebagai arus masuk bruto dari mamfaat ekonomi yang timbul akibat aktivitas normal perusahaan selama satu periode, dan arus masuk tsb mengakibatkan ekuitas meningkat bukan karena kontribusi penanam modal.

3 Pendapatan Pemerintah  Merupakan penerimaan oleh bendahara umum negara/daerah atau entitas lainnya yang menambah ekuitas dana lancar dalam periode tahun anggaran, yang tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah.

4 Klasifikasi Pendapatan  Pendapatan Pempus 1. Perpajakan 2. PNBP 3. Hibah  Pendapatan Daerah 1. PAD 2. Transfer 3. Pendapatan lain

5 Pengakuan Pendapatan  Ketika diperoleh (earned), ketika seluruh proses dan kewajiban telah selesai.  Realized/Realizable. Yakni ketika kas/hak tagih (piutang) sudah diterima atas penyerahan barang/jasa (realized) atau ketika jumlah kas/hak tagih (piutang) sudah dapat ditentukan atas penyerahan brng dan jasa (realizable)  Kasus Akuntansi Pemerintah Indonesia????

6 Pengukuran Pendapatan  Nilai Wajar (pengurangan diskonto, atau piutang tak tertagih)  Pendapatan diakui dan diukur dengan asas bruto, yakni dg mencatat jumlah brutonya, tidak nettonya.

7 Aplikasi Pendapatan Di Pemkot Serang 4 Jan 2009 Pemkot Serang menetapkan Hotel Le Dian membayar pajak sebesar 500 juta. Pemkot menerima pembayaran pada tanggal 30 Jan Jan 2009 Pemkot Serang menetapkan Hotel Le Dian membayar pajak sebesar 500 juta. Pemkot menerima pembayaran pada tanggal 30 Jan Feb 2009 Dinas PU menerima dana sejumlah 350 juta di rek. Kas daerah yang berasal dari kontraktor pembangunan jalan raya dana ini merupakan dana jaminan pelaksanaan proyek. 18 Maret 2009 diterima uang Rp.210 juta untuk pembayaran pajak reklame PT. Asal Untung, penerimaan ini merupakan pembayaran pajak reklame tahun Mei 2009 total tagihan yang belum dibayar di RSUD Serang adalah Rp. 350 juta. Pembayaran belum dilakukan karena pasien masih dirawat

8 Belanja Pemerintah  Belanja di Akuntansi komersil didefenisikan sebagai arus keluar dari aset atau segala bentuk penggunaan aset yang terjadi selama periode tertentu yang berasal dari produksi barang, penyerahan jasa atau aktivitas lain dalam operasional.  Belanja pemerintah di Ina, semua pengeluaran bendahara umum negara/daerah yang mengurangi ekuitas dana lancar dalam periode tahun anggaran yang tidak akan memperoleh kembali pembayaran oleh pemerintah.

9 Klasifikasi Belanja Pemerintah  Klasifikasi Ekonomi  Klasifikasi Organisasi  Klasifikasi Fungsi

10 Pengakuan Belanja  Ketika Arus Kas keluar dari Rekening  Ketika pengeluaran tsb disahkan oleh unit yang berfungsi sebagai perbendaharaan atau dengan katalain ketika SPJ Pengeluaran dinyatakan definitif.  Koreksi apabila: Kesalahan klasifikasi belanja, kesalahan pencatatan nilai, dan pengembalian belanja.

11 Pengukuran Belanja  Sebesar Jumlah yang dikeluarkan dari rek. Kas umum daerah/negara, nilai yang dibayarkan, bukan nilai yang seharusnya dibayarkan.

12 Ilustrasi Belanja Pemkot Serang  25 Feb. bendahara pengeluaran Dinas Kebersihan Kota Serang melakukan pembayaran atas belanja perjalanan dinas sebesar 10 juta. SPJ disampaikan pengguna anggaran pada tanggal 28 Feb, pada tanggal 1 Maret pengguna anggaran memberikan persetujuamn SPJ atas penggunaan dana di bendahara pengeluaran.  2 Maret diterima tagihan pembelian ATK sebesar Rp. 25 juta, pembelian dilakukan pada tanggal 27 Feb. sedangkan pembayaran dilakukan pada tanggal 5 maret dari rek. Kas daerah  10 April pemkot membeli mobil ambulance melalui dinas kesehatan senilai 250 juta mobil ini akan digunakan selama 10 tahun,

13  Terimakasih

14 TUGAS MINGGU DEPAN  MAKALAH TENTANG:  2. AKUN PERSEDIAAN  3. AKUN INVESTASI PEMERINTAH  BESERTA KASUS DAN JURNAL/PENCATATAN (account)  TUGAS KELOMPOK


Download ppt "Defenisi Akun Pendapatan & Belanja 9 th class Nurhayati Soleha, SE Jurusan Akuntansi FE. Untirta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google