Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STANDAR PEMBIAYAAN SDLB SOSIALISASI SPM. Sosialisasi KTSP RASIONAL Penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus karena kelainan fisik dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STANDAR PEMBIAYAAN SDLB SOSIALISASI SPM. Sosialisasi KTSP RASIONAL Penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus karena kelainan fisik dan."— Transcript presentasi:

1 STANDAR PEMBIAYAAN SDLB SOSIALISASI SPM

2 Sosialisasi KTSP RASIONAL Penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus karena kelainan fisik dan atau mentalnya, yaitu para penyandang tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan tunalaras, perlu mendapat perhatian yang sama dibandingkan dengan penyelenggaraan pendidikan anak normal.

3 Sosialisasi KTSP 1.Permendiknas Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan; 2.BSNP Standar Isi SDLB. DASAR HUKUM

4 Sosialisasi KTSP a.Biaya investasi, meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembang­an sumber daya manusia, dan modal kerja tetap. b.Biaya operasi, meliputi: – gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji; – bahan atau peralatan pendidikan habis pakai; – biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan sebagainya. JENIS BIAYA

5 Sosialisasi KTSP lanjutan c.Biaya personal, meliputi biaya yang harus dikeluarkan oleh siswa untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berke­ lanjutan.

6 Sosialisasi KTSP SUMBER PEMBIAYAAN 1.Pemerintah, yang menyediakan anggaran untuk penyelenggaraan SDLB. 2.Pemerintah daerah, yang menyediakan anggaran untuk SDLB negeri dan memberikan subsidi bagi SDLB swasta. 3.Masyarakat, digunakan untuk membiayai kegiatan peningkatan mutu program pengayaan, dan program remedial teaching (program perbaikan).

7 Sosialisasi KTSP lanjutan 4.Yayasan/badan penyelenggaraan SDLB swasta, bertanggungjawab atas biaya yang diperlukan bagi penyelenggara sekolah dan wajib memper­ hatikan kesejah­teraan gurunya. 5.Sumber lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

8 Sosialisasi KTSP KOMPONEN YANG PERLU DIBIAYAI 1.Kegiatan teknis edukatif termasuk proses belajar mengajar (kegiatan kurikuler), evaluasi, dan kegiatan bimbingan klinis. 2.Kegiatan penunjang, seperti kegiatan kemasyarakatan, rehabilitasi, dan ekstra- kurikuler. 3.Perawatan sarana pendidikan dan media pendidikan. 4.Perawatan gedung, perabot, dan lingkungan sekolah.

9 Sosialisasi KTSP lanjutan 5.Barang habis pakai. 6.Gaji dan kesejahteraan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (kele­bihan jam mengajar dan insentif). 7.Langganan daya dan jasa (listrik, telepon, air, dan lain-lain). 8.Kegiatan lain yang mengacu pada peningkatan mutu.

10 Sosialisasi KTSP SATUAN BIAYA Satuan biaya dapat dihitung berdasarkan biaya satuan per siswa per tahun atau biaya satuan per sekolah per tahun sesuai dengan kebutuhan kegiatan belajar mengajar pada SDLB tersebut.

11 Sosialisasi KTSP PROSEDUR PENENTUAN BIAYA Penentuan biaya yang dibebankan pada masyarakat/orangtua ditentukan berdasarkan persetujuan pemerintah daerah atas usul dari Kepala Sekolah bersama Komite Sekolah.

12 Sosialisasi KTSP PELAPORAN  Pelaporan dilaksanakan secara berkala dan disampaikan kepada semua pihak yang berkepentingan. Bila perlu pelaporan dilakukan secara terbuka sehingga dapat dilihat oleh semua pihak yang berkepentingan.

13 Sosialisasi KTSP Selesai


Download ppt "STANDAR PEMBIAYAAN SDLB SOSIALISASI SPM. Sosialisasi KTSP RASIONAL Penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus karena kelainan fisik dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google