Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional."— Transcript presentasi:

1 Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

2 NoUraianAsuransi KonvensionalAsuransi Syariah 1Akad yang digunakan  Berdasarkan akad jual beli  Berdasarkan akad tolong- menolong 2Operasional  Dana yang terkumpul dari peserta menjadi milik perusahan Asuransi  Perusahaan Asuransi berhak menentukan investasi yang telah diterima  Ada dana yang hangus  Pembayaran klaim menggunakan dana perusahaan Asuransi  Dana yang terkumpul dari nasabah merupakan milik nasabah  Perusahaan Asuransi hanya sebagai pengelola (mudharib), bukan pemilik dana  Tidak ada dana yang hangus  Pembayaran klaim menggunakan dana kebajikan (tabarru) seluruh nasabah yang sejak awal sudah diniatkan untuk keperluan ini 3Sistem Pengawasan  Tidak ada Dewan Pengawas Syariah  Ada Dewan Pengawas Syariah, sehingga operasional Asuransi syariah tidak menyimpang dari syariah

3  Asuransi Syari’ah : 1. Ada DPS, fungsinya mengawasi manajemen, produk dan investasi dana; 2. Akadnya bersifattolong- menolong; 3. Investasi dana berdasar syari’ah dengan sistem bagi hasil (mudharabah);  Asuransi Konvensional: 1. Tidak ada; 2. Akadnya bersifat jual beli (tabaduli); 3. Investasi dana berdasarkan bunga (riba)

4 4. Kepemilikan dana yang terkumpul dari nasabah (premi) merupakan milik peserta, perusahaan hanya sebagai pemegang amanah untuk mengelolanya 5. Pembayaran klaim dari rekening tabarru (dana sosial) seluruh peserta untuk keperluan tolong menolong bila terjadi musibah 6. Keuntungan dibagi antara Perusahaan dengan peserta (sesuai prinsip bagi hasil/mudharabah) 4. Kepemilikan dana yang terkumpul dari nasabah (premi) menjadi milik perusahaan. Perusahaan bebas untuk menentukan investasinya. 5. Pembayaran klaim dari rekening dana perusahaan. 6. Keuntungan seluruhnya menjadi milik perusahaan.


Download ppt "Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google