Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Persiapan Jaringan XP. Membangun jaringan untuk yang menjalankan Windows tidak lagi rumit. Kita dapat menghindari berbagai permasalahan jaringan dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Persiapan Jaringan XP. Membangun jaringan untuk yang menjalankan Windows tidak lagi rumit. Kita dapat menghindari berbagai permasalahan jaringan dengan."— Transcript presentasi:

1 Persiapan Jaringan XP

2 Membangun jaringan untuk yang menjalankan Windows tidak lagi rumit. Kita dapat menghindari berbagai permasalahan jaringan dengan cara memilih hardware yang baik dan mengonfigurasi dengan tepat.

3 - Menggunakan Windows networking wizard - Windows XP network setup wizard

4 Agar dapat secara otomatis membuat : IP Address Nama-nama workgroup Mengonfigurasi internet connection firewall Memasukkan kunci2 registry

5 Apa yang tidak bisa dan tidak bisa dilakukan dalam jaringan kecil Dengan investasi hardware yang minimal pun kita sudah bisa mengoneksikan dua atau lebih komputer menjadi jaringan Peer to Peer sederhana. Jaringan tidak terbuat diatas server Tidak perlu mengatur user dan sumberdaya

6 Membangun jaringan berbasis workgroup ada beberapa keuntungan : Berbagi tempat penyimpanan Dengan berbagi (sharing) foldre dan sumberdaya, tidak perlu lagi menyimpan data ke disket, karena jaringan dapat membuka atau mengakses dokumen satu sama lainnya di masing2 lokasi.

7 Berbagi printer Dengan berbagi printer, setiap user bisa melakukan print dokumen menggunakan printer yang ada. Setelah menset permisi sharing printer, masing2 user jaringan dapat menggunakan printer yang sama sehingga bisa mencegah pemborosan kertas atau tinta foto warna kualitas tinggi.

8 Berbagi koneksi internet Dengan menggunakan internet connection sharing, kita cukup menset akses internet pada salah satu komputer. Kita dapat berbagi koneksi internet dial-up, sekaligus mengontrol penggunannya di masing2 komputer dalam jaringan.

9 Hardware, Pengabelan dan koneksi Sebelum mulai software jaringan dalam windows XP. Perlu memasang dan mengonfigurasi hardware yang tepat. Untuk 2 buah komputer atau lebih dijadikan jaringan rumah atau kantor.

10 Beberapa komponen jaringan : Adapter Jaringan Masing2 komputer harus dipasang kartu adapter jaringan atau dikenal dengan ethernet, atau NIC (network interface card) Adapter ini bisa berupa adapter internal (dipasang pada slot PCI) atau adapter eksternal (terhubung ke port USB)

11 Adapter Jaringan

12 Titik Sentral Koneksi Pakai Hub atau switch untuk menghubungkan komputer2 dalam jaringan ethernet. Perangkat ini biasanya di integrasikan dengan mesin rauter dan gatway lokal yang biasanya mempunyai kemampuan NAT (network address translation) dan keamanan fitur.

13 Hub

14 Kabel Dalam jaringan ethernet kita menghubungkan masing2 adapter jaringan ke hub menggunakan kabel delapan serabut yang dikenal category 5 dgn konektor RJ-45 tiap2 ujungnya.

15 Sedangkan jaringan HomePNA disambung ke jack telepon biasa dengan konektor standar telepon (RJ-9) Jaringan wireless sesuai dengan namanya tidak memerlukan kabel.

16 Jika jaringan komputer di rumah kita hanya terdiri dari dua buah komputer dan tidak bermaksud untuk mengembangkannya, maka kita dapat memakai kabel Crossover (silang), untuk menghemat biaya karena tidak memerlukan hub Catatan :

17 Kabel crossover sama dengan kabel patch standar, kecuali dalam kabel crossover terdapat dua serabut yang arahnya kita balik, mensimulasikan koneksi yang akan berperan sebagai hub

18 Menggunakan kabel crossover sangat efisien untuk menghubungkan dua buah komputer secara langsung, agar bisa dengan cepat menstranfer file-file. Peluang kemacetan cukup kecil- jika hanya dua buah komputer saja dan memakai windows Explorer dan memakai kabel jenis ini sangat nyaman.

19 Kabel crossover juga dapat berperan sebagai koneksi permanen di antara dua buah komputer, jika salah satu komputer mempunyai koneksi internet dan yang satunya tidak. Jika suatu saat bertambah menjadi 3 komputer maka tetap diperlukan hardware tambahan untuk berperan sebagai hub.

20 Menginstal dan mengonfigurasi Adapter Jaringan Biasanya, kita tidak memerlukan langkah konfigurasi tertentu untuk menginstal adapter jaringan. Fungsi Plug and Play di windows XP bisa menangani seluruh pekerjaan instalasi driver-driver.

21 Pada kasus dimana sebuah adapter internal yang driver-nya sudah tersedia dalam windows XP, driver tersebut akan diinstal otomatis saat kita me-restart komputer. Jika windows gagal menemukan driver, kita akan diminta memasukkan lokasi file-file driver berada.

22 Adapter eksternal yang terhubung ke port USB atau IEEE 1394, drivernya akan diisi dan dibuang secara otomatis bersamaan dengan pemasangan atau pencabutan adapter jaringan tersebut.

23 Membangun sebuah jaringan yang support dengan windows XP Ethernet Standar jaringan ini dikembangkan tahun Ethernet orisinal (10Base-T) mampu mentransfer data dengan kecepatan 10 megabite per detik

24 Fast Ethernet (100Base-T) mampu mentransfer data dengan kecepatan 100 megabite per detik Jenis adapter jaringan dan hub mampu melakukan autoswitching (10/100)sehingga gabungan ethernet dan fast ethernet dijaringan yang sama. Standar yangdisebut Gigabit dapat mentransfer data dengan kecepatan gigabit (1.000 megabits) per detik.

25 Wireless Standar jaringan wireless b ini dikembangkan tahun Teknologi ini sangat populer karena kenyamanan dan harganya yang kian bersaing.

26 Dengan menggunakan stasiun2 sederhana (base stations) serta adapter2 jaringan dan antena kecil. Jaringan Wi-Fi dapat mentransfer data frekuensi maksimum 11 megabits per detik sebanding dengan kecepatan ethernet menggunakan frekuensi radio dalam range 2.4 Ghz.

27 Phone Line Jaringan dapat pula dibangun menggunakan standar HomePNA (Home Phoneline Networking Alliance) Dengan kualitas mendekati jaringan ethernet dan beroperasi setara kecepatan ethernet, sekitar 10 megabits per detik.

28 Jaringan HomePNA tidak memerlukan titik pusat koneksi seperti hub, namun makai jenis topologi daisy-chain Seluruh adapter jaringan bisa saling berkomunikasi langsung, dengan memasukkannya ke jack telepon. Data yang dikirim melewati kabel yang sama dengan yang membawa sinyal telepon / faksimili tanpa saling menggangu.

29 Catatan Jika kita memakai hardware lama yang tidak kompatibel dalam jaringan yang bekerja dalam windows XP, sama halnya mengundang masalah. Adapter yang bermutu, kompatibel dan murah sudah cukup mudah ditemukan. Kapanpun rencana membangun jaringan, jangan sembarangan memilih hardware

30 Membangun koneksi : Pengabelan dan Hub Jaringan ethernet, semua komputer harus terhubung ke satu hub jaringan yang sama. Hub adalah kotak kecil dengan beberapa jack didalamnya yang dapat dimasuki konektor RJ-45.

31 Masing-masing jack disebut port Hub dirancang untuk rumah atau bisnis berskala kecil Susunannya empat sampai delapan port.

32 Bagaimana cara menghubungkan jaringan kita ke hub Tempat hub harus yang strategis Panjang kabel tidak boleh lebih 100 meter (328.1 kaki) bukan untuk jaringan rumah. Masalah port mana yang akan dipakai hub, kecuali ditandai sbg uplink.

33 Port Uplink adalah port yang digunakan untuk mengembangkan kapasitas jaringan, dengan cara menyambungkan ke hub lain atau router atau dapat juga ke broadband. Port Uplink berperan sebagai kabel crossover (kabel silang) dan toggle swicth berperan sebagai pengubah line agar menjadi kabel patch standar

34

35 Port uplink tidak bisa digunakan / dipakai untuk koneksi jaringan, kecuali dimodifikasi dan digunakan sbg port normal

36 Mengonfigurasi koneksi jaringan default Windows akan membuat koneksi didalamnya ada sebuah komponen sbb :  Client for Microsoft Networks. Jaringan yang menyediakan akses ke komputer dan sumberdaya dalam jaringan. Bisa menghubungkan komputer berjln versi windows 32 bit atau 64 bit windows.

37  File and Printer sharing for microsoft networks. Layanan ini, jaringan berbasis windows yang sama dapat mengakses sumberdaya yang ada dalam komputer user.

38  QoS Packet Scheduler. Komponen ini hanya bisa diinstal sistem yang menjalankan Windows XP Profesional. Menyediakan fitur Quality of service di jaringan-jaringan perusahaan dan provider internet. (IPv6)

39  Internet Protokol (TCP/IP). Protokol jaringan default untuk windows XP, dan menyediakan kemudahan koneksi lalu linas jaringan, termasuk internet.

40 Menyetel setting-setting jaringan Network setup wizard Alat bantu yang memadai untuk setting jaringan, namun masih ada setting yang dapat dibuat secara manual.

41 Windows XP bisa menambah, membuang, memasang dan memutuskan protokol. Mengubah setting jaringan dan menset IP Address dengan menggunakan opsi-opsi yang ada di folder Network Connections

42 Menginstal dan mengonfigurasi Protokol Protokol jaringan Bahasa yang umum digunakan untuk mentransfer data dari satu titik lain dalam jaringan Tahun lalu, ada komputer menjalankan windows memerlukan multi protokol, namun beragam jenis protokol dikembangkan bisa digunakan berbagai jenis jaringan.

43 Tetapi kebanyakan malah tidak cocok untuk user rumah atau bisnis skala kecil Sehingga TCP/IP,protokol default internet, langsung diinstal ke setiap komputer windows XP. Dan mengerjakan tugas2 virtual Jadi TCP/IP adalah solusi yang terbaik, karena kinerja yang optimal, baik untuk jaringan skala kecil atau besar multinasional dgn ribuan stasiun.

44 Karena begitu penting TCP/IP sehingga ia tidak bisa dibuang, namun kita dapat menonaktifkannya.

45 Ada dua protokol digunakan dlm jaringan windows dan dikonfigurasi untuk keperluan khusus :  IPX/SPX Protokol ini dikembangkan dalam jaringan berbasis Novell Netware. Di windows XP tersedia sebagai opsi yang dapat diinstal (installable) Sebaiknya kita memakai IPX/SPX jika konfigurasi tidak aman, karena seluruh kmpter jaringan berbagi koneksi internet dari satu hub yang sama

46  NetBEUI Singkatan dari NetBIOS Extended User Interface, tersedia sebagai opsi yang tidak di support windows XP. Dikembangkan untuk penggunaan jaringan kecil berbasis windows 3.x

47 NetBEUI bisa menimbulkan masalah performansi di sebagian jaringan dan hanya boleh digunakan jika jaringan lama Bagaimanapun jaringan IPX/SPX adalah alternatif yang lebih baik.

48 Untuk menginstal protokol tambahan,langkah sebagai berikut : 1. Dari control Panel, buka folder Network Connections. 2. Pilih icon koneksi yang kita edit Change Settings Of This Connections di bawah Network Tasks. Jika opsi ini tidak muncul, klik kanan ikon koneksi dimaksud dan pilih Properties dari menu shortcut

49 Mengedit sebuah koneksi

50 Kotak dialog properti koneksi

51 Memilih Jenis komponen untuk diinstal

52 3. Dari kotak dialog properti, klik tombol instal. Maka terbuka kota dialog Select Network Component Type yang berisi pilihan jenis komponen jaringan untuk diinstal

53 4. Pilih dan klik Protokol. kemudian akan muncul kotak dialog Select Network Protokol.

54 5. Pilih protokol yang akan kita pakai seperti pada gambar diatas.  Untuk menginstal IPX/SPX, pilih NWLink IPX/SPX/NetBIOS Compatible Transport Protokol dan klik OK  Untuk menginstal NetBEUI, masukkan CD windows XP ke driver CD-ROM, klik tombol Have Disk, lalu browse ke folder \Valueadd\msft\Net\Netbeui.

55 Jika menginstal IPX/SPX selesai sebelum menggunakan NetBEUI komputer harus di restart terlebih dahulu.

56 Mengonfigurasi setting workgroup Setelah jaringan selesai dibangun, harus mengawasi komputer dlm jaringan. Dengan bantuan My Network Places di W. Explorer  Klik Link View Workgroup Computers yang ada dibawah Network Tasks disisi kiri panel My Network Places, untuk mengetahui daftar jaringan

57 Untuk berkomunikasi dgn lancar satu sama lain, semua dlm jaringan P2P windows harus dikumpulkan dlm satu workgroup. Memadukan sebuah workgroup tidak perlu memasukkan pesan rahasia bertele-tele ataupun setting sekuriti khusus. Sebuah workgroup windows akan mengelompokkan komputer2 yg ada, lalu mengatur sharing sumberdaya yg ada.

58 Cara termudah mengatur pesamaan komputer ssuai pemiliknya yaitu memakai Network setup wizard. 1.Buka Control Panel, klik System, lalu klik tab Computer Name

59 Menampilkan nama dan workgroup komputer

60 2. Klik Tombol Change untuk mengubah setting yang telah ada Jangan bingung dgn penjalsan tombol, karena menggunakan istilah doamin dan bukan workgroup. Maka akan muncul kota dialog Computer Name Shanges.

61 Mengubah nama dan workgroup komputer

62 3. Pilih opsi workgroup, lalu ganti workgroup yag ada nama grup yg ingin kita masukkan. 4. Klik OK utk mengamplikasikan perubahan. Kita akan diberikan dua kotak pesan untuk melakukan restrat, agar perubahan dpt memberikan efek.

63 Catatan : Nama workgroup dpt lebih dari 15 karakter. Tidak boleh sama antara satu komputer dgn komputer lain. Tidak boleh juga berisi karakter spesial seperti : “ * + = \ │?,

64 Membuat IP Address Protokol TCP/IP yang dipakai jaringan akan berpedoman pada IP Address dalam menentukan rute untuk mengirim paket-paket data dari Point to point. Setiap komputer memiliki IP Address berbeda. Berisi 4 nomor 8-bit (Berupa format desimal, dengan angka antara 0 sampai 255) dipisahkan dengan titik

65 Konfigurasi TCP/IP mengikuti setting sebagai berikut :  Subnet mask nomor untuk membedakan IP Address kompuer dalam jaringan kita dengan jaringan luar.

66  Default Gateway Komputer yang mengatur rute paket-paket yang akan dikirim ke luar jaringan lokal.  Domain Name System Komputer yang menerjemahkan nama-nama domain. Misal ke bentuk IP Address

67 Windows XP menyediakan beberapa metode utk mendaftarkan IP address ke jaringan komputer.  DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) Konfigurasi default untuk windows XP Profesional dan Home Edition. Fitur Internet Connection Sharing dalam windows XP menyediakan server DHCP yang fleksibel, agar …. Secara otomatis mengonfigurasi setting seluruh TCP/IP komputer yg ada dlam jaringan

68  Static IP Addressing Begitu memasukkan IP Address, subnet mask dan TCP/IP ke kotak dialog. Dpt secara manual mengonfigurasi workstation windows XP sehingga addres yang dipakai selalu sama

69 Untuk membuat IP Address statis, langkah sbg : 1.Dari control panel, buka folder Network Connection dan pilih setting mana yang akan diubah

70 2. Gunakan salah satu cara utk membuka kotak dialog properti koneksi yg dipilih :  Pilih koneksi dan klik link cange settings of this connection pada panel network tasks  Klik kanan ikon koneksi dan pilih Properties dari menu shortcut.  Klik ganda ikon koneksi untuk membuka kotak dialog Status lalu klik tombol Properties pada tab general

71 3. Dari daftar komponen jaringan yg terinstal, pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik tombol Properties 4. Pada kotak dialog Internet Protocol (TCP/IP) properties, pilih Use the following IP address dan isi form yg ada. Jangan lupa untuk memasukkan address DNS (Domain Name System) server.

72 Menset IP address statis

73 5. Klik OK untuk menyimpan prubahan yg telah dibuat.

74 Untuk mengubah konfigrasi IP alternatif, langkah sbb : 1. Dari control panel buka Network Connections, pilih setting yg akan diubah. 2. Klik link Change Settings Of This Connection pada panel Network Tasks, klik kanan ikon properties dari menu shortcut

75

76 3. Dari daftar komputer jaringan pilih Internet Protokol (TCP/IP) lalu klik tmbol Properties. 4. Pada tab General dari kotal Internet Protokol (TCP/IP) Properties, pilih Obtain An IP Address Automatically

77 5. Klik tab Alternate Configuration kemudian pilih opsi User Configured 6. Masukkan IP address, sebnet mask, default gateway, dan DNS server untuk koneksi cadangan seperti gambar dibawah ini :

78

79 Rumus Binner

80 Setelah berkenalan dengan IP Address pada subnetting part1 dan sudah belajar dasar- dasarnya tentang Subnetting Kelas C, Subnetting Kelas B dan Subnetting Kelas A.berkenalan dengan IP AddressSubnetting Kelas CSubnetting Kelas BSubnetting Kelas A Tentunya kalo saya kasih IP /27, kalian udah bisa doonk jawab pertanyaan seperti berapa subnetnya, berapa hostnya, subnet masknya, dll. Menghitung IP Address

81 Tapi kalo saya tanya berapa sih range IP yang terdapat di subnet ke-6?? hayoo.. gimana caranya?? masih ingat kan?? kalo lupa pelajari lagi Subnetting Kelas C kalo kita pake cara yang sudah kita pelajari sebelumnya, kita cari dulu /27 nya, trus tentuin subnetnya berapa setelah itu hostnya berapa, baru deh dapat rangenya.

82 tentuin dulu /27 nya dimana

83 Setelah dapat, tentuin subnet sama hostnya

84 Range IP

85 Setelah semua di dapat, cari aja subnet ke-6. Maka Range IPnya adalah panjang kan caranya?? gimana kalo IP tersebut punya ratusan subnet, dan yang ditanya subnet yang ke ratusan itu juga. kan ga lucu kita bikin panjang-panjang buat nyari IPnya.

86 naah, inilah tema kita kali ini. Cara cepat menghitung IP address Begini caranya: IP Address: /27 tentukan IP pada subnet ke-6 Langkah-langkahnya:

87

88 2. Berarti /27 berada pada oktet ke-4 3. Binerkan subnet yang mau kita cari kita mencari subnet ke-6, jadi "6" nya kita binerkan dulu. Binernya adalah untuk mendapatkan 6 kita butuh angka berapa aja??

89 karena yang dipakai 4 dan 2, maka oktet pada 4 dan 2 dijadikan "1" dan sisanya di "0" kan. 4 dan 2 kan?? karena 4+2 = 6 Maka di dapat

90 3. Sejajarkan Subnet ke-6 tersebut dengan Network Portion Subnet Mask kemudian AND kan /27 berada pada oktet keempat, maka yang kita sejajarkan dengan Subnet ke-6 adalah oktet keempat dari /27 Subnet Mask diambil dari /27. Karena

91 Apa itu network Portion?? maka: > koq begini??

92 kita sesuaikan dengan Network Portion , maka kita mulai dari belakang Network Potion. dan masukkan binernya "6" mulai dari belakang, kemudian sisa 0 nya abaikan saja 6 binernya adalah , Karena

93 jadinya seperti ini: Kemudian pada sisi host portion di "0" kan AND jadinya seperti ini:

94 4. setelah di dapat binernya, rubah hasil AND tersebut kedalam desimal dan itulah IP subnetnya IP Address Subnetnya adalah hasil: = 192 Maka :

95 5. Cari IP Hostnya Cara mencari IP Host: "1" kan semua yang berada pada posisi Host Portion IP Host = IP Subnet =

96 Setelah itu desimalkan biner tersebut, maka itu IP Hostnya = 223 Maka kita dapat range IP pada Subnet ke-6 adalah

97 Carilah suatu nilai binnernya : Selamat Mencoba, OK Coy…….

98

99 Mengonfigurasi Koneksi Internet Dial-Up Dalam W.XP trdpt Wizard yg dpt secara otomatis mmproses setting koneksi internet diap-up.

100 Untuk membuat koneksi internet baru dalam W. XP. Mulailah mengumpulkan informasi accunt selengkapnya dari provider internet. Dikenal ISP ( internet service provider ) Termasuk momor akses, nama logon, password dan detail konfigurasi lainnya. Seperti : Nama-nama server .

101 Langkah-langkah koneksi internet Dial-Up 1.Dari control panel, buka folder network connections 2. Klik link create a new connection pada panel network tasks, Atau bisa pula pilih file > New connection. Klik Next utk melangkahi layar Welcame dalam new connection wizard.

102 3. Dlm halman network connection type, pilih to the internet, kemudian klik next utk mmbuka hlman getting ready.

103 4. Pilih set up my connection manualy utk men-setup koneksi secara manual. Kemudian klik next.

104 5. Pilih connect using a dial-up, kemudian klik next, selanjutnya muncul halaman connection name TelkomNet Instan

105 6. Masukkan nama utk koneksi kita dlm kota ISP Name. Misal kita beri nama TelkomNet Instan karena terkoneksi internet menggunakan Telkomnet instan. Klik next untuk langkah selanjutnya

106 7. Pada halaman Phone Number to Dial, masukkan nomor yang diperlukan utk menghubungkan ISP Misal dalam kasus, Telkom :

107

108 8. Masukkan nama user (User Name) dan password Mintalah ke ISP tentang informasi2. Ketiklah ulang password pada isian Confirm Password, Misalnya : User name : Password : telkom

109

110 Disini kita juga bisa memilih salah satu opsi :  Use this account name and password when anyone connects to the internet from this computer Opsi ini agar siapa pun bisa memakai nama account dan password ini untuk menghubungkan internet. Kosongkan opsi iji jika hanya kita saja yg diizinkan memakai nama account dan password tersebut.

111  Make this the default Internet connection. Opsi ini jika ingin menjadikannya sebagai akses primer ke internet. Kosongkan jika kita hanya bermaksud menjadikan sebagai koneksi cadangan (bacup) saja

112 9. Pada halaman terakhir wizard Periksalah ulang setting dan klik Finish untuk mulai menjalin koneksi Setelah menyelesaikan wizard, kita bisa memulai koneksi dengan membuka folder Network connections. Agar dpt masuk koneksi secara manual

113 Untuk membuat sebuah koneksi yg dpt terhubung secara otomatis tanpa campur tangan Pastikan sudah memberikan informasi dgn lengkap,termasuk user name dan password

114 Langkah-langkah sbb : 1.Pada folder network connections, klik kanan ikon koneksi dan pilih set as default connection.

115 2.Dari control Panel, buka internet options kemudian pilih tab connections.

116 Gambar. Menset Koneksi otomatis Always Dial My Defaulf Connection

117 3.Pilih koneksi dial-up yg ada pd daftar dan pilih Always Dial My Defaulf Connection. Klik OK untuk menutup kotak dialog 4.Buka internet Explorer dan browse ke suatu halaman web yg diinginkan Jika melihat kotak dialog dial-up connection, pilih kotak cek connect automatically dan klik connect

118 TelkomNet Instan  Gambar. Jendela untuk mulai Connect

119 Mengamankan Jaringan Peer-To-Perr Jika kita memkai internet connection sharing atau mesin residential gateway dgn melibatkan NAT (network address translation) Maka jaringan kita menjadi aman dari penyusup. Dlm kasus ISCInternet connection firewall Akan melindungi koneksi bersama dan seluruh user remote memperoleh keuntungan.

120 Dlam sebuah konfigurasi jaringan, masing2 komputer sangat rentan terhadap serangan dari luar. Jika DSL eksternal atau cable modem dihubungkan ke hub Ethernet bersama-sama dgn kmpter dlm jaringan. Kemungkinan bisa muncul suatu masalah salah satunya sbb :

121  Jika menggunakan Network Setup Wizard, Akan muncul peringatan bahwa konfigurasi jaringan tidak aman dan tdk support. Lalu wizard akan menset Internet Connection Firewall pd stiap komputer yg ada dalam jaringan Dgn dmkian komputer dpt mengakses internet and sling melihat antar sesama. Konfigurasi ini paling aman sebuah jaringan lokal

122  Jika tidak memilih Internet Connection Firewaal Akan timbul kerawanan sebab setiap kompter dlm jaringan dan seluruh dunia (jika provider internet sudah memberi IP address ke setiap komputer) Baru dpt saling melihat dan mengakses sumberdaya yg ada dlm jaringan. Siapa pun yg mengetahui IP address yg dimiliki komputer otomatis dpt memperoleh sumberdaya bersama

123 Jika menggunakan konfigurasi ini, maka ada 2 pilihan :  Ganti Firewall Built-in Windows XP Seperti ZonaAlarm atau ZonaAlarm Pro Dgn konfigurasi ini, msh dpt bekerjadgn firewall namun didefinisikan sbg zona lokal. Tapi firewall mash dpt dipakai untuk mengakses sumberdaya yg ada

124  Alternatif lainnya. Menonaktifkan fitur File and Printer Sharing pd protokol TCP/IP dan menggantinya dengan IPX/SPX Konfigurasi sekilas lebih rumit, namun aman dan tidk prlu biaya tambahan

125 Langkah untk membatalkan sharing file dan printer pd protokol dan menggunakan protokol IPX/SPX 1.Buka folder Network connections dari control panel

126 2.Pilih advanced Setting dari menu Advanced

127 3.Pada kotak dialog Advanced Settings, pilih koneksi yg digunakan utk internet dan akses lokal 4.Pd kotak Bindings, siapkn entri utk internet protokol (TCP/IP) di bawah File Printer Sharing for Microsoft Network,

128 Mematikanfitur File and Printer Sharing

129 Sharing Koneksi Internet Untuk dapat dengan aman berbagi (sharing) koneksi internet dalam sebuah jaringan kecil, kita mempunyai dua pilihan :  Menginstal router atau gateway residensial Posisi hardware ini ditempatkan di antara jaringan dan internet.

130 Oleh dunia luar, gateway dianggap sebagai sebuah komputer-namun ia lebih aman karena Tidak memiliki program yang dijalankan dan tak memiliki disk penympanan yang biasa diserang. Hardware kelas ini biasa memakai NAT (network address translation) Agar dapt menangani IP-IP address dalam jaringan kita. Karena hardware ini selalu hidup, maka setiap kompter dpt mengakses internet melalu gateway kapan saja.

131 Catatan : Kita hendaknya teliti saat membeli sebuah router atau gateway untuk dipasang dlm jaringan. Pastikan modelnya kompatible dengan windows XP, juga men-support standar universal Plug and Play (UPnP) Yg memungkinkan program Windows Messenger dan Remote Assistance dpt bekerjasama dgn fitur NAT yg ada di perangkat tersebut.

132  Memakai Internet Connection Sharing (ICP) Konfigurasi ini, kmpter yg mempunyai koneksi internet bertindak sbgai kompter host dan membagi koneksi internet yg dimilikinya. ICS lebih efektif untuk koneksi kabel berkecepatan tinggi, Namun dpt juga dipakai untuk koneksi internet dial-up biasa.

133 Komputer host ICS perlu memiliki adapter jaringan lapis dua agar dpt berbagi koneksi broadband dan tentu saja komputer ini harus selalu menyala. u/ mengonfigurasi ICS, gunakan Network Setup Wizard. Jalankan pertama dari komputer yg akan dijadikan host ICS, tetapi semua dipastikan dalam jaringan.

134 Koneksi Sharing Internet Tidak Berjalan dengan benar. Hal-hal yang menggangu kerja ICS di antaranya :  Layanan internet connection sharing tidak berjalan  Kesalahan dalam menggunakan adapter jaringan  Setting pada salah satu komputer tidak benar

135

136

137

138

139

140

141

142

143

144


Download ppt "Persiapan Jaringan XP. Membangun jaringan untuk yang menjalankan Windows tidak lagi rumit. Kita dapat menghindari berbagai permasalahan jaringan dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google