Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STANDAR KOMPETENSI MENGANALISIS SISTEM POLITIK DI INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STANDAR KOMPETENSI MENGANALISIS SISTEM POLITIK DI INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 STANDAR KOMPETENSI MENGANALISIS SISTEM POLITIK DI INDONESIA

2 KOMPETENSI DASAR Menampilkan Peran serta dalam Sistem politik di Indonesia

3 INDIKATOR Membedakan contoh peran serta masyarakat dalam sistem politik Mengemukakan bentuk-bentuk peran serta dalam sistem politik di Indonesia

4 Peta Wilayah Indonesia

5 Sistem Politik Di Indonesia

6 Pengertian Politik Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu, “polis” yang berarti kota yang berstatus negara / negara kota. Berdasarkan pengertian tersebut, Politik pada hakikatnya, “The Art And Science Of Government” atau seni atau ilmu memerintah. Dalam Pengertian umum, Politik adalah “Macam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik / negara yang menyangkut proses menentukan dan sekaligus melaksanakan tujuan-tujuan sistem itu”.

7 Pengertian Suprastruktur dan Infrastruktur di Indonesia Suprastruktur Politik ialah Lembaga-lembaga Formal pemegang kekuasaan negara / pemerintahan, baik kekuasaan legislatif, eksekutif, maupun yudikatif. Di Indonesia, Lembaga-Lembaga tersebut adalah MPR, DPR, DPRD, Presiden, Gubernur, Bupati, Walikota, MA, dll. Infrastruktur Politik dalam negara ialah kelompok-kelompok kekuatan politik, dalam masyarakat yang turut berpastisipasi dalam masyarakat. Yang termasuk Infrastruktur Politik antara lain :

8 Sistem Politik dapat diartikan sebagai seperangkat interaksi yang diabstraksikan dari totalitas prilaku sosial melalui nilai-nilai yang disebarkan untuk suatu masyarakat.

9 Sistem Politik di Indonesia, berdasarkan Demokrasi Pancasila yang artinya bersumberkan pada kepribadian, falsafah hidup bangsa indonesia yang ercantum pada pembukaan UUD 1945.

10 Prinsip-prinsip Pancasila Keseimbangan antara hak dan kewajiban Kebebasan yang bertanggungjawab Musyawarah Mufakat Keadilan Sosial Persatuan Nasional dan Kekeluargaan Cita-cita Nasional Persamaan

11 Pengertian Partisipasi politik Partisipasi politik menurut Miriam Budiardjo adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut aktif dalam kehidupan politik, yaitu dengan jalan memilih pemimpin negara dan secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kebijakan pemerintah (Public Policy)

12 Peran Serta Dalam Sistem Politik Di Indonesia Perlunya Peran Serta Masyarakat Dalam Sistem Politik Bentuk-bentuk Peran Serta Masyarakat Dalam Sistem Politik di Indonesia

13 Perlunya Peran Serta Masyarakat Dalam Sistem Politik Abraham Lincoln sebagai salah seorang tokoh paham demokrasi berpendapat “Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”. Peran serta masyarakat dalam sistem politik bukan anya memberi asran atau dukungan tetapi juga dukungan. Hal ini bertujuan guna membina dan memelihara kehidupan negara yang demokratis, sehat dan dinamis.

14 Bentuk- Bentuk Partisipai Politik dalam Masyarakat Komunikasi individual Pengajuan Petisi Kritikan Pemberian Suara Diskusi Politik Bergabung Dengan Parpol Kegiatan Kampanye Menulis Artikel Demonstrasi

15 Kegiatan Kampanye

16 Pemberian Suara

17 Diskusi Politik

18 Latihan


Download ppt "STANDAR KOMPETENSI MENGANALISIS SISTEM POLITIK DI INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google