Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum. Konsep Dasar Teknologi -----> 1. - Produk  Hasil 2. - Proses  Aplikasi praktis Informasi------> - Data, - Teks,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum. Konsep Dasar Teknologi -----> 1. - Produk  Hasil 2. - Proses  Aplikasi praktis Informasi------> - Data, - Teks,"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum

2 Konsep Dasar Teknologi -----> 1. - Produk  Hasil 2. - Proses  Aplikasi praktis Informasi------> - Data, - Teks, -Rekaman - Multimedia (record)

3 Teknologi Informasi Information technology is the storage, processing, dissemination and use of information. (Zorkoczy, 1982) Teknologi Informasi: aplikasi komputer dan teknologi lain untuk keperluan pengadaan, penataan, simpan, temu balik dan penyebaran informasi (ALA 1983)

4 Teknologi Informasi TI adalah penggunaan teknologi untuk pengadaan, penyimpanan, temu balik, analisis, dan komunikasi informasi dalam bentuk data numeric, teks, atau tekstual, citra atau suara, terutama menggunakan mikroprocessor beserta aspeknya (Sulistyo-Basuki,1998) Perpaduan antara komputer (perangkat keras dan perangkat lunak), komunikasi data serta media penyimpanan dan metode untuk mempresentasikan data dalam rangka untuk memperoleh, mengolah, menyimpan serta menyampaikan informasi (McLeod, 1993)

5 Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas- tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi Informasi

6 Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Teknologi Informasi

7 Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

8 Menurut Chartand dan Morentz (1979): TI diartikan sebagai usaha pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penyebaran dan pemanfaatan informasi. TI adalah gabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi.

9 Landasan Pelaksanaan UU No.43 Tahun 2007: Koleksi perpustakaan diseleksi, dilayankan, disimpan dan dikembangkan sesuai dgn kepentingan pemustaka dengan memperhatikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

10 Konsep UU No 43 Tahun 2007 pasal 23 ayat Pendidikan  perpustakaan - Perpustakaan  koleksi - Koleksi  kurikulum -Koleksi  Layanan - Layanan Perpustakaan  TI -Anggaran = 5% anggaran sekolah

11 Latar belakang TI Perpustakaan lajunya penerbitan yang meningkat pesat meluasnya jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis Semakin mahalnya upah tenaga manusia karena kualitas dan efisiensi teknologi yang tersedia sudah terus menerus disempurnakan.

12 Manfaat TI Menjawab tuntutan jumlah dan mutu layanan Menjembatani penggunaan koleksi bersama Mengefektifkan SDM Effisiensi waktu Mudah kelola Mudah temu kembali

13 Q and A Terima kasih “Barang siapa ingin menguasai dunia, hal yang pertama harus dikuasai adalah informasi” (John F kennedy)


Download ppt "Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum. Konsep Dasar Teknologi -----> 1. - Produk  Hasil 2. - Proses  Aplikasi praktis Informasi------> - Data, - Teks,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google