Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nawan Primasoni.M.Or.  Ilmu gizi (Nutrience Science) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nawan Primasoni.M.Or.  Ilmu gizi (Nutrience Science) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh."— Transcript presentasi:

1 Nawan Primasoni.M.Or

2  Ilmu gizi (Nutrience Science) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh dan aktifitas jasmani.  ilmu gizi adalah proses tubuh memanfaatkan makanan yang dimulai dari mengunyah, menelan, mencerna, menyerap, mendistribusi,menggunakan dan membuang yang tidak terpakai untuk aftifitas...\ngajar\Ilmu-Gizi-Pengertian-dan- Ruang-Lingkup.pdf..\ngajar\Ilmu-Gizi-Pengertian-dan- Ruang-Lingkup.pdf

3  Proses gizi (nutrition) : proses dari organisme dalam menggunakan bahan makanan melalui proses pencernaan, penyerapan, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan penggunaan zat untuk pemeliharaan hidup, pertumbuhan, fungsi organ tubuh dan produksi energi.

4  Status gizi (Nutritional Status): tanda- tanda atau penampilan yang diakibatkan dari nutrisi yang dilihat melalui variabel tertentu (indikator status gizi) seperti berat, tinggi dll...\ngajar\Ilmu-Gizi-Pengertian-dan-Ruang- Lingkup.pdf

5  Secara Klasik : gizi hanya dihubungkan dengan kesehatan tubuh (menyediakan) energi, membangun, memelihara jaringan tubuh, mengatur proses-proses kehidupan dalam tubuh).  Sekarang : selain untuk kesehatan, juga dikaitkan dengan potensi ekonomi seseorang karena gizi berkaitan dengan perkembangan otak, kemampuan belajar, produktivitas kerja.

6  Makanan adalah bahan selain obat yang mengandung zat-zat gizi dan atau unsur- unsur/ ikatan kimia yang dapat diubah menjadi zat gizi oleh tubuh, yang berguna bila dimasukkan ke dalam tubuh.

7  Zat makanan merupakan satuan yg menyusun bahan makanan..\ngajar\Ilmu-Gizi- Pengertian-dan-Ruang-Lingkup.pdf..\ngajar\Ilmu-Gizi- Pengertian-dan-Ruang-Lingkup.pdf  Bahan makanan merupakan sesuatu yang kita hidangankan, kita produksi.

8  Sumber energi/tenaga: Karbohidrat, lemak dan protein, merupakan ikatan organik yang mengandung karbon yang dapat dibakar dan dibutuhkan tubuh untuk melakukan kegiatan/aktivitas.  Menyokong pertumbuhan badan: (zat pembangun dan pemelihara) – Protein, mineral dan air, diperlukan untuk membentuk sel-sel baru, memelihara, dan menganti sel yang rusak.

9  Mengatur proses tubuh(zat pengatur) – Protein, mineral, air dan vitamin.

10  Bahan makanan pokok  Bahan makanan lauk-pauk  Bahan makanan sayur  Bahan makanan buah-buahan

11  Status Gizi Normal: keadaan tubuh yang mencerminkan kesimbangan antara konsumsi dan penggunaan gizi oleh tubuh (adequate)  Malnutrition: keadaan patologis akibat kekurangan atau kelebihan secara relatif maupun absolut satu atau lebih zat giizi:

12 – Under nutriton: kekurangan konsumsi pangan secara relatif atau absolut untuk periode tertentu – Specific deficiency: kekurangan zat gizi tertentu, misalnya kekurangan iodium, Fe dll – Over nutrition: kelebihan konsumsi pangan untuk periode tertentu –Imbalance: keadaan disproporsi zat gizi, misalnya tinggi kolesterol karena tidak imbangnya kadar LDL, HDL dan VLDL.


Download ppt "Nawan Primasoni.M.Or.  Ilmu gizi (Nutrience Science) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google