Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PENCERNAAN. KOMPETENSI DASAR STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan Memahami.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PENCERNAAN. KOMPETENSI DASAR STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan Memahami."— Transcript presentasi:

1 SISTEM PENCERNAAN

2 KOMPETENSI DASAR STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia 1.Mendeskripsikan organ-organ pencernaan pada manusia dan fungsinya. 2.Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya. 3.Menjelaskan proses pencernaan pada manusia. 4.Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia dan upaya mengatasinya.

3 PENCERNAAN Proses perubahan makanan dari bentuk yang kasar menjadi bentuk yang halus sehingga dapat dicerna oleh usus disebut Pencernaan. Sebagai contoh, bila kalian memakan makanan, sebelum kalian telan biasanya makanan akan kalian kunyah terlebih dahulu sehingga halus.

4 Fungsi makanan : 1.Sebagai sumber energi (tenaga). 1.Sebagai sumber bahan pembangun sel dan jaringan tubuh serta menggantikan sel-sel tubuh yang rusak atau tua. 2.Sebagai pengatur proses yang terjadi di dalam tubuh dan sebagai pelindung tubuh terhadap berbagai penyakit. A. Fungsi makanan bagi manusia

5 Semua aktivitas yang kita lakukan membutuhkan energi atau tenaga

6 1. Makanan sebagai sumber energi untuk aktivitas tubuh, seperti karbohidrat dan lemak. Selain sumber energi, karbohidrat juga berfungsi : 1.Menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh. 2.Berperan penting dalam proses metabolisme di dalam tubuh. 3.Pembentukan struktur sel dengan mengikat protein dan lemak. Kentang Jagung

7 Bahan yang mengandung karbohidrat Singkong Gandum Beras Ubi jalar

8 Selain sebagai sumber energi, lemak juga berfungsi sebagai : 1.Sebagai pelarut beberapa vitamin. 2.Sebagai pelindung terhadap organ dalam tubuh. 3.Sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah. 4.Sebagai cadangan makanan yang tersimpan di bawah kulit. Lemak yang kita makan bisa berasal dari hewan (lemak hewani) atau tumbuhan (lemak nabati)

9 LEMAK HEWANI

10 LEMAK NABATI

11 2. Makanan sebagai bahan pembangun tubuh, seperti Protein. Selain sebagai bahan pembangun tubuh, protein juga berfungsi sebagai : 1.Sebagai penghasil energi, meskipun bukan sebagai energi utama. 2.Membuat substansi penting, misalnya enzim dan hormon yang membantu proses metabolisme tubuh. 3.Menjaga keseimbangan asam- basa dalam tubuh. Protein yang kita makan dapat berasal dari protein hewani dan protein nabati.

12 PROTEIN HEWANI

13 PROTEIN NABATI

14 3. Makanan sebagai pengatur dan pelindung tubuh, seperti mineral, vitamin dan air. Zat kimia yang terdapat dalam bahan makanan yang diperlukan oleh tubuh disebut mineral. Mineral : kalsium, fosfor, natrium, klor, kalsium, yodium, zat besi, fluor, seng dan belerang.

15 Vitamin merupakan zat kimia yang terdapat dalam zat makanan. Vitamin yang larut dalam lemak : A, D, E dan K. Vitamin yang larut dalam air : B1, B2, B3, B12 dan C.

16 Fungsi air : 1.Sebagai pelarut reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. 2.Sebagai pelarut zat- zat sisa yang keluar dari tubuh dalam bentuk larutan. 3.Sebagai pengangkut hasil metabolisme ke seluruh tubuh. 4.Mempertahankan suhu tubuh. AIR


Download ppt "SISTEM PENCERNAAN. KOMPETENSI DASAR STANDAR KOMPETENSI INDIKATOR Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan Memahami."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google