Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ZIKR, SHALAT, DAN DOA. A. ZIKR Zikr atau zikir pada intinya adalah ingat atau mengingat Allah, dengan menyebut nama Allah atau membaca La ilah Illa allah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ZIKR, SHALAT, DAN DOA. A. ZIKR Zikr atau zikir pada intinya adalah ingat atau mengingat Allah, dengan menyebut nama Allah atau membaca La ilah Illa allah."— Transcript presentasi:

1 ZIKR, SHALAT, DAN DOA

2 A. ZIKR Zikr atau zikir pada intinya adalah ingat atau mengingat Allah, dengan menyebut nama Allah atau membaca La ilah Illa allah (tiada Tuhan selain Allah )

3 Zikir adalah mengaitkan hati dengan Allah sehingga hati terisi dengan asama Allah sehingga menutup hati dari bisikan setan yang dapat membawa orang kepada dosa.

4 Dorongan dari Allah untuk berzikir dalam Al-Quran : Berzikir berarti bersyukur kepada Allah dan mengingat-Nya. (QS.Al-Baqarah : 152) Berzikir berarti bersyukur kepada Allah dan mengingat-Nya. (QS.Al-Baqarah : 152) Berzikir merupakan amalan baik, orang yang banyak berzikir termasuk orang yang panjang umur dan beramal baik. (Ibn Katsir Jilid 3) Berzikir merupakan amalan baik, orang yang banyak berzikir termasuk orang yang panjang umur dan beramal baik. (Ibn Katsir Jilid 3) Berzikir merupakan ciri Ulul Albab (orang yang berakal). (QS.Ali Imran : 191) Berzikir merupakan ciri Ulul Albab (orang yang berakal). (QS.Ali Imran : 191)

5 Berzikir hendaknya dilakukan setiap saat, siang maupun malam (QS.An- Nisa : 103) Berzikir hendaknya dilakukan setiap saat, siang maupun malam (QS.An- Nisa : 103) Berzikir dilakukan dengan rendah hati dan takut kepada Allah dan diucapkan tidak terlalu keras (QS.Al- A`raf : 205) Berzikir dilakukan dengan rendah hati dan takut kepada Allah dan diucapkan tidak terlalu keras (QS.Al- A`raf : 205) Orang yang sedikit berzikir adalah orang munafik (QS.An-Nisa :142) Orang yang sedikit berzikir adalah orang munafik (QS.An-Nisa :142)

6 B. SHALAT URGENSI SHALAT Shalat adalah ibadah yang merupakan aktualisasi makna iman yang bersemayam didalam kalbunya, meninggalkan shalat berarti kufur terhadap hal yang wajib diimaninya.

7 Makna shalat bagi kehidupan : Shalat dapat mengembangkan diri Shalat dapat mengembangkan diri Shalat memperbaiki akhlak Shalat memperbaiki akhlak Shalat membina dan membersihkan jasmani dan ruhani Shalat membina dan membersihkan jasmani dan ruhani Shalat melatih kedisiplinan Shalat melatih kedisiplinan

8 Shalat membina persatuan dan kebersamaan Shalat membina persatuan dan kebersamaan Shalat menanamkan ketenangan dan ketentraman Shalat menanamkan ketenangan dan ketentraman Shalat melatih konsentrasi pikiran Shalat melatih konsentrasi pikiran Shalat menumbuhkan jiwa kepemimpinan Shalat menumbuhkan jiwa kepemimpinan

9 Tanda- tanda orang shalat : Orang yang merendahkan dirinya karena kebesaran Allah Orang yang merendahkan dirinya karena kebesaran Allah Orang yang menahan dirinya dari hawa nafsu karena Allah Orang yang menahan dirinya dari hawa nafsu karena Allah Orang yang mengisi sebagian waktunya untuk berzikir kepada Allah Orang yang mengisi sebagian waktunya untuk berzikir kepada Allah Orang yang memiliki kepedulian sosial. Orang yang memiliki kepedulian sosial.

10 C. DOA DAN IKHTIAR KONSEP DOA DAN IKHTIAR Konsep doa terlahir dari pengakuan akan keterbatasan manusia sekaligus keyakinan akan kekuasaan Allah yang tidak terbatas. Al- Ghazali menyatakan bahwa doa dapat menjadi satu sebab untuk menapik suatu bala. Namun demikian tidak cukup dijadikan alasan untuk tidak berusaha dan berikhtiar dalam kehidupan seorang muslim.

11 Alasan mendasar seorang muslim harus berdoa : Mengapa kita harus berdoa ? Panggilan jiwa Panggilan jiwa Perintah Allah Perintah Allah Kelemahan manusia Kelemahan manusia Ilmu manusia terbatas Ilmu manusia terbatas Manusia hanya diperintahkan untuk bekerja Manusia hanya diperintahkan untuk bekerja

12 Keterkabulan dan Penghalang Doa keterkabulan doa sangat bergantung pada : Niat berdoa Niat berdoa Kepada siapa doa dipanjatkan Kepada siapa doa dipanjatkan Orang yang berdoa Orang yang berdoa

13 Sesuatu yang didoakan Sesuatu yang didoakan cara – cara mendoanya cara – cara mendoanya Waktu berdoanya Waktu berdoanya Tempat berdoanya Tempat berdoanya

14 Sebab-sebab Doa Tertolak : Berdoa dengan cara yang tidak diajarka Islam Berdoa dengan cara yang tidak diajarka Islam Berdoa dengan tidak memenuhi syarat-syarat diterimanya doa Berdoa dengan tidak memenuhi syarat-syarat diterimanya doa Mengkonsumsi makanan/minuman atau berpakaian yang haram Mengkonsumsi makanan/minuman atau berpakaian yang haram


Download ppt "ZIKR, SHALAT, DAN DOA. A. ZIKR Zikr atau zikir pada intinya adalah ingat atau mengingat Allah, dengan menyebut nama Allah atau membaca La ilah Illa allah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google