Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA, MORAL & AKHLAQ BY: FIRNAWIDA,M.Pd.I. ETIKA, MORAL & AKHLAQ I.TUJUAN 1. Menjelaskan perbedaan etika moral dan akhlak. 2. Menerangkan keseimbangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA, MORAL & AKHLAQ BY: FIRNAWIDA,M.Pd.I. ETIKA, MORAL & AKHLAQ I.TUJUAN 1. Menjelaskan perbedaan etika moral dan akhlak. 2. Menerangkan keseimbangan."— Transcript presentasi:

1 ETIKA, MORAL & AKHLAQ BY: FIRNAWIDA,M.Pd.I

2 ETIKA, MORAL & AKHLAQ I.TUJUAN 1. Menjelaskan perbedaan etika moral dan akhlak. 2. Menerangkan keseimbangan akhlak thd kholik,mahluk dan alam secara luas. 3. Menjelaskan tentang cara mengimplementasikan akhlak dalam kehidupan. 4.Menjelaskan tentang dakwah dan jihad. II.KOMPETENSI Dapat menjelaskan tentang etika, moral dan akhlak serta aktualisasinya dalam kehidupan sehari-hari.

3 Lanjutan III.MATERI Sukses tidaknya suatu bangsa tergantung atas “commited” tidaknya bangsa itu thd nilai-nilai akhlak.Jika “commited” maka akan sukses,dan sebaliknnya akan hancur.Itu sebabnya misi utama Rosulullah adalah perbaikan akhlak,penyempurnaan budi pekerti yang mulia(al-akhlak al karimah).Dan Rosulullah sendiri adalah contoh manusia yang berakhlak semmpurna.Allah menabadikannya dalam Alqur’an: Artinya: Sesungguhnya engkau Muhammad adalah wujud akhlak yang agung yg ada dlm diri manusia (QS.Al- Qalam:4). Berdasar ayat itu,pr sufi menyebut nabi Muhammad sbg Al-Insan Al-Kamil,manunusia yang sempurna sejak zaman Adam hingga manusia akhir zaman.

4 Etika, ajaran ttg baik dan buruk dan yg menjadi ukuran ialah akal,karena etika adalah bagian dari filsafat. Akhlak,ajaran yang berbicara ttg baik dan buruk’danukurannya adalah wahyu Tuhan. Menurut Ibnu Maskawih akhlak adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya melakukan perbuatan tanpa melalui pertimbangan fikiran terlebih dahulu. Definisi diatas menggambarkan bahwa akhlak scr substansial adalah sifat hati(kondisi hati) bisa baik bisa buruk-yang tercermin dlm prilaku. Kata Al Ghazali: Manusia berahlak,husn al-khuluq (tertanamnya iman dalam hatinya) Manusia tidak berakhlak,su’ al-khuluq(ada nifak didalam hatinya,atau sikap mendua thd Tuhan,tidak ada kesesuaian antara hati dan perbuatan

5 Iman bagaikan akar pd tumbuhan,amal akan bermakna jika berpangkal pd iman,amal tdk bermakna juga jika berpangkal pd kemunafikan.Hati orang beriman itu bersih.Taat kpd Allah,tdk menuruti hawa nafsu dpt mengkilaukan hati,sebaliknya melakukan dosa maksiat dpt menghitamkan hati.Barang siapa yang melakukan dosa tetapi menghapusnya dg kebaikan,tdk akan gelaplah hatinya hanya cahaya itu berkurang. Ketika Rosulullah ditanya ttg perbedaan mukmin dan munafik,Rosul menjawab ; Orang mukmin keseriusannya dlm sholat,puasa dan ibadah sedangkan orang munafik kesungguhannya dalam makan minum layaknya binatang. Perbaikan akhlak merupakan tujuan pendidikan Islam.Pendidikan yg hanya berorientasi pd kecerdasan tlh gagal membawa manusia dlam pemungsian dirinya sebagai kholifah fil –ard.

6 Menurut Al-Ghazali bahwa tujuan pendidikan scr individual membersihkan kalbu dari godaan hawa nafsu(syhwat) dan amarah (ghadhab),hingga ia jernih bagaikan cermin yang dpt mnrm cahaya Tuhan.Di dlm hati yang bersih iman tumbuh dan berkembang. Menurut ilmu akhlak kebiasaan yg baik harus disempurnakan,kebiasaan yg buruk harus dihilangkan.Kebiasaan sangat penting dlm membentuk karakter manusia berakhlak baik.Kebiasaan lama-lama menjadi istiqomah.Khususnya mengenai ibadah.Dan mencetak orang yg bersangkutan berkarakter taat kpd Allah,demikian juga ibadah sosial dan alam lingkungan dlm arti luas

7 Al Ghazali berpendapat bahwa akhlak bisa berubah melalui kesadaran seseorang akan akhlaknya yg jelek pd dirinya. Ada 4cara untuk merubah akhlak yaitu: 1.menjadi murid seorang pembimbing spritual(syaikh). 2.Meminta bantuan teman yg baik. 3.Mengetahui kekurangan kita dari orang yang tidak menyenangi kita. 4.Bergaul bersama orang banyak,dan memisalkan kekurangan org lain adalah kekurangan kita. penyembuhan penyakit hati tergantung pd penghalang dan faktor penyebabnya.Carilah penyebabnya,sembuhkan dg obat rohani yg tepat dan cocok.

8


Download ppt "ETIKA, MORAL & AKHLAQ BY: FIRNAWIDA,M.Pd.I. ETIKA, MORAL & AKHLAQ I.TUJUAN 1. Menjelaskan perbedaan etika moral dan akhlak. 2. Menerangkan keseimbangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google