Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab April Mei Juni 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab April Mei Juni 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo e A. Weeb Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Penginjilan dan Kesaksian

4 Mengapa Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh harus ada? Apakah tujuan kita? Alasan apakah yang kita miliki? Jawabnya...Allah membangun gereja ini untuk mengabarkan “kebenaran masa kini,” pekabaran “Tiga Malaikat” dalam Wahyu 14:6-12 Ada begitu banyak gereja yang memiliki program penginjilan dan jangkauan keluar yang sangat agresif. Tetapi pada akhirnya, hanya ada satu gereja yang secara khusus mengumandangkan pekabaran “Tiga Malaikat” dalam Wahyu 14. Gereja itu adalah gereja kita—dan itulah sebabnya mengapa kita ada di sini. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

5 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

6 “... pekerjaan kita yang terutama adalah menceritakan kisah Yesus dengan satu tujuan agar orang itu mau menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya lalu mau menjadi murid-Nya bahkan menjadikan banyak orang menjadi murid Yesus.” Seluruh anggota gereja MAHK memiliki tanggung jawab bersama yakni untuk menginjil dan bersaksi. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

7 Bila mana pekerjaan menginjil dan bersaksi tidak dilakukan di tingkat gereja lokal, maka hal itu pasti tidak akan dapat terlaksana di mana pun juga. Adalah penting untuk mengetahui dan menjalankan “karunia rohani,” agar dapat melakukan penginjilan dan bersaksi dengan baik. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

8 Penginjilan dan kesaksian haruslah dimotivasi oleh suatu sambutan kasih, bukan oleh rasa takut atau perasaan bersalah. Penginjilan dan kesaksian... Itulah alasan utama bagi Gereja MAHK. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

9 1. Menjelaskan Arti Penginjilan Dan Kesaksian 2. Pelayanan Setiap Anggota 3. Karunia-karunia Rohani Untuk Penginjilan dan Kesaksian 4. Penginjilan Dan Kesaksian Sebagai Pola Hidup 5. Penginjilan Dan Kesaksian Yang Beraturan 6. Penginjilan Dan Kesaksian Pribadi 7. Penginjilan Dan Kesaksian Secara Kelompok 8. Persiapan Untuk Penginjilan Dan Kesaksian 9. Bergabung Dalam Pelayanan 10. Sambutan Kasih 11. Biarlah Gereja Mengetahuinya 12. Evaluasi Kesaksian Dan Penginjilan 13. Pelayanan Yang Berkelanjutan Penginjilan dan Kesaksian Daftar Isi

10 Pelajaran 10 SAMBUTAN KASIH

11 Kata-kata Pembuka Kasih Allah yang tanpa syarat bagi semua mahluk ciptaan-Nya adalah batu ujian iman dan kesaksian kita. Untuk merefleksikan kasih Ilahi, secara samar sekalipun, merupakan hal yang paling penting dalam pelaksanaan tugas kita menjadi duta Kristus

12 Pokok Pikiran Kita harus bekerja untuk memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus; pertanyaan yang perlu kita tanyakan adalah, apakah yang memotivasi kita untuk melakukannya ?

13 Ayat Hafalan “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku” (Yohanes 14:15)

14 Pengantar Meskipun ayat inti kita pekan ini sering dihubungkan kepada penurutan Sepuluh Hukum Tuhan, kita perlu ingat juga ada hukum lain, yang tidak kalah pentingnya “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku....”

15 Motif yang Benar Dalam Menginjil dan Bersaksi Motif kita untuk kesaksian dan penginjilan haruslah karena kasih karunia Allah yang kita rasakan dan bukan karena perasaan bersalah, atau sekadar kewajiban dan utang.

16 Sambutan Kasih Selayang Pandang 1.Dimotivasi oleh Kasih (1 Yohanes 4:18,19) 2.Bukan Dimotivasi oleh karena Perasaan Bersalah (Roma 3:19,20) 3.Dimotivasi untuk Melayani (Filipi 1:1; Yakobus 1:1)

17 1.Dimotifasi oleh Kasih (1 Yohanes 4:18,19) Sambutan Kasih Dimotivasi oleh Kasih

18 1 Yohanes 4:18,19 “Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.”

19 1. Dimotivasi oleh Kasih Kommitmen Jangka Panjang “...mengapa terkadang sangat sukar untuk memotivasi orang agar mau memiliki komitmen jangka panjang dalam proyek- proyek gereja? Jawabnya: Tergantung kepada jenis motif dan komitmen!

20 1. Dimotivasi oleh Kasih Kommitmen Jangka Panjang Motivasi Utama: “... kasih merupakan faktor utama yang dapat memotivasi seseorang.” Kita melakukan segala sesuatu bagi Allah sebab kita mengasihi Dia dan karena kita mengetahui bahwa Dia mengasihi kita.

21 1. Dimotivasi oleh Kasih Kommitmen Jangka Panjang Kasih kita kepada Allah harus berakar dalam kasih-Nya bagi kita. Allah telah ada sebelum kita ada dan Dia telah mengasihi kita sejak penciptaan manusia. Kasih ada sebagai hasil dari kasih, dan sebagai sambutan kepada kasih. Penurutan pada amanat agung oleh karena alasan lain selain karena kasih adalah sia-sia belaka.

22 1. Dimotivasi oleh Kasih Kommitmen Jangka Panjang Kasih kita kepada Allah, dan kerelaan kita untuk bekerja sama dengan Dia dalam menyelamatkan jiwa-jiwa, bergantung pada pengenalan kita akan Dia. Sangatlah sukar untuk mengasihi orang yang tidak kita kenal. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menuruti Allah atas dasar kasih, kita harus mengenal Dia secara pribadi.

23 1. Dimotivasi oleh Kasih Kommitmen Jangka Panjang Kasih dan penurutan tidak dapat dipisahkan,... Kasih yang sejati bagi Allah selalu menghasilkan penurutan pada kehendak- Nya, namun penurutan tidak selamanya menuntun kepada kasih (meskipun mungkin)

24 Ellen G. White “Kasih tidak dapat bertahan tanpa menyatakan dirinya melalui tindakan seperti api yang segera padam tanpa bahan bakar.” Tertimonies for the Church jilid 1, hlm 695

25 1. Dimotivasi oleh Kasih Perangkap Legalisme Legalisme dalam kamus Kekristenan menggambarkan sikap orang yang mempercayai bahwa penurutan mereka terhadap kehendak Allah sedikit banyak telah mempengaruhi Allah untuk membenarkan mereka.

26 1. Dimotivasi oleh Kasih Perangkap Legalisme Legalisme menyebabkan setiap individu berfokus pada pencapaian pribadi (dan sering pada pencapaian orang lain) gantinya pada apa yang Yesus telah perbuat. Sikap legalis dapat menuntun kepada kesombongan dan keangkuhan pada orang-orang yang begitu buta sehingga mereka mempercayai bahwa mereka telah cukup suci untuk diselamatkan.

27 1. Dimotivasi oleh Kasih Perangkap Legalisme Sikap legalis dapat menuntun kepada kekecewaan dan putus asa bilamana orang menyadari betapa jauh mereka dari standar Ilahi.

28 DISKUSIKAN Menurut anda, mengapa “KASIH” menjadi faktor yang utama untuk suatu kesaksian yang benar!

29 2.Bukan Dimotivasi oleh karena Perasaan Bersalah (Roma 3:19,20) Sambutan Kasih Dimotifasi oleh Kasih

30 Roma 3:19,20 “Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah. Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

31 2. Bukan Dimotivasi oleh Karena Perasaan Bersalah Kontra Produktif Rasa bersalah telah digunakan untuk memotivasi orang berbuat sesuatu. Contoh dari “Rasa Bersalah” yang digunakan sebagai motivator: 1. Allah telah memberi kita tanggung jawab dan kita harus menggunakan talenta yang diberikan Allah kepada kita.

32 2. Bukan Dimotivasi oleh Karena Perasaan Bersalah Kontra Produktif Contoh dari “Rasa Bersalah” yang digunakan sebagai motivator: 2. Kita diajar bahwa Allah dan gereja sangat berharap kepada kita. Jika Allah telah melakukan banyak hal untuk menyelamatkan kita bagaimanakah mungkin kita tidak turut aktif dalam penginjilan? Semua ini berusaha membuat kita, merasa bersalah dan berutang kepada Allah.

33 2. Bukan Dimotivasi oleh Karena Perasaan Bersalah Kontra Produktif Bila kita dimotivasi oleh perasaan bersalah untuk melakukan penginjilan dan kesaksian, maka hal itu akan mengakibatkan “kontra produktif” Artinya: “Kesuksesan akan menjadi terhambat”

34 2. Bukan Dimotivasi oleh Karena Perasaan Bersalah Kontra Produktif Setelah kita datang kepada Kristus, kita tidak lagi dimotivasi perasaan bersalah sebab itu telah dibuang, dibungkus oleh kebenaran Yesus. Kita berdiri di dalam Dia, sempurna dan bebas dari rasa bersalah dan diampuni. Ya, kita adalah orang berdosa, tetapi kita telah diampuni, kesalahan kita telah ditebus; sekarang, berdasarkan keselamatan yang kita peroleh melalui Kristus—kita dimotivasi untuk bersaksi kepada orang lain tentang apa yang Kristus telah perbuat bagi kita.

35 DISKUSIKAN Menurut pendapat anda, selain “perasaan bersalah,” hal apa saja yang dapat menjadi motivasi yang tidak baik dalam menyampaikan injil dan bersaksi?

36 3.Dimotivasi untuk Melayani (Filipi 1:1; Yakobus 1:1) Sambutan Kasih Dimotifasi oleh Kasih

37 Filipi 1:1; Yakobus 1:1 “Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para penilik jemaat dan diaken.” “Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan.”

38 3. Dimotivasi Untuk Melayani Bertindak Dalam Kasih Kasih adalah motivator yang terbaik; namun jika kasih hanya diucapkan saja, itu menjadi hal yang sia-sia belaka kecuali kitabertindak atas dasar kasih itu. Dengan kata lain, kita mengharapkan agar kasih itu dinyatakan lewat perbuatan. Dalam hal ini kasih merupakan sebuah kata yangbersifat aktif sebagaimana yang dinyatakan melalui tindakan kasih.

39 orang yang mengasihi didorong untuk melakukan sesuatu bagi orang yang dikasihinya.

40 3. Dimotivasi Untuk Melayani Bertindak Dalam Kasih Kita tidak hanya berbicara tentang kasih; tetapi hubungan kasih. Dalam setiap hubungan kasih maka motivasi kita adalah untuk menyenangkan mereka yang kita kasihi. Segala sesuatu yang kita lakukan bagi Allah yang tidak berasal dari motif ini menunjukkan bahwa kita belum mengerti apa artinya memiliki hubungan kasih dengan Allah.

41 3. Dimotivasi Untuk Melayani Merdeka untuk Menjadi Budak Mereka yang telah diselamatkan oleh Kristus sanggup menjadi hamba-Nya. Merupakan suatu keanehan bila seorang hamba yang sudah dibebaskan masih mau menyerahkan dirinya ke dalam perbudakan, tetapi, secara rohani, inilah yang terjadi pada saat kita dibebaskan dari perbudakan dosa kemudian menjadi hamba-hamba Kristus (Roma 6:17, 18).

42 3. Dimotivasi Untuk Melayani Merdeka untuk Menjadi Budak Jika kita telah dibebaskan dari berbagai hal yang menyebabkan kita berfokus pada diri sendiri, maka kita bebas untuk memikirkan orang lain dan segala sesuatu yang dapat kita pergunakan untuk menolong mereka. Inilah kunci untuk hidup yang melayani.

43 3. Dimotivasi Untuk Melayani Merdeka untuk Menjadi Budak Ketika Timotius, Yakobus, dan Simon Petrus mengatakan ini, mereka menunjukkan kedekatan mereka dengan Kristus dan pekerjaan-Nya. Mereka juga menyatakan kesediaan mereka untuk melayani Tuhan dengan sepenuh hati. Mereka merendahkan hati supaya orang lain boleh memandang hanya kepada Yesus.

44 Untuk Direnungkan “Allah dapat saja mempercayakan pekabaran- pekabaran Injil, dan semua pekerjaan yang penuh kasih sayang ini kepada para malaikat...Tetapi di dalam kasih- Nya yang tidak mengenal batas. Dia memilih kita menjadi pembantu-pembantunya.” Kebahagian Sejati, hlm. 88

45 Masukan Agar Tetap baik dalam Pelayanan 1.Peliharalah Hubungan Pribadi Anda. 2.Peliharalah Visi Anda. 3.Peliharalah Komunikasi Anda. 4.Peliharalah Semangat Anda. 5.Peliharalah Fokus Anda.

46 KUTIPAN ROH NUBUAT “Orang Kristen yang waspada adalah orang Kristen yang bekerja, berusaha dengan rajin untuk melakukan segala perkara dalam kuasanya demi kemajuan Injil. Sementara kasih akan Penebusnya bertambah, demikian juga halnya dengan kasih kepada sesama manusia.”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 7, hlm. 220.

47 KUTIPAN ROH NUBUAT “Mereka yang tidak pernah mengalami kasih Kristus yang lemah lembut dan menarik itu, tidak dapat memimpin orang-orang lain kepada mata air kehidupan. Kasih-Nya dalam hati adalah kuasa yang memaksa, yang memimpin manusia untuk menyatakan diri-Nya dalam percakapan, dalam roh yang lemah lembut dan menaruh kasihan, dalam mengangkat kehidupan dari mereka dengan siapa mereka bergaul. Pekerja-pekerja Kristen yang berhasil dalam usaha mereka harus mengenal Kristus; dan supaya mengenal Dia, mereka harus mengenal kasih-Nya.”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 7, hlm. 465.

48 RANGKUMAN Pelayanan Kristus yang penuh kasih untuk kita membangkitkan hubungan yang penuh kasih kepada Allah dan merupakan dasar kesaksian kita tentang kasih Allah kepada kita, seperti yang dinyatakan di dalam pelayanan kita yang penuh kasih kepada orang lain

49 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Kasih adalah merupakan motivator terbaik untukkita dalam menginjil dan bersaksi Pengalaman dan hubungan pribadi dengan Allah sangat berguna sebagai modal untuk membagikan kesaksian yang berkuasa tentang kasih Allah kepada sesama kita. Saya terlalu sibuk dan tidak menyadari hal ini Minggu mendatang ini saya akan berusa untuk lebih mengasihi Tuhan melalui belajar Alkitab dan berdoa. Saya akan bersaksi kepada orang-orang yang saya temui karena dorongan kasih Allah bukan oleh karena merasamhal itu sebagai kewajiban

50 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google